HomeTips & TrickMountaineeringIni 5 Langkah Cara Pasang Tenda Camping yang Efektif

Ini 5 Langkah Cara Pasang Tenda Camping yang Efektif

Sudahkah kamu mencoba camping? Kegiatan luar ruang ini banyak dikatakan sebagai ‘acara pindah tidur’ saja, tapi sebenarnya punya banyak sekali keseruan yang bisa dinikmati. Tidak sedikit orang yang menghindarinya karena tidak tahu cara pasang tenda camping dengan benar, sehingga tenda bisa digunakan untuk beristirahat.

Jika salah satu hambatan yang kamu temui untuk mencoba kegiatan seru tersebut adalah ketidaktahuan cara mendirikan tenda, maka artikel ini akan membantumu mengeliminasi hal tersebut. Selama perlengkapan tendanya lengkap, cara pasang tenda camping tidak akan sesulit itu.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa cermati masing-masing poin berikut mulai dari persiapan, cara pasang tenda camping, hingga tips untuk memasang tenda.

Baca Juga: Tips Nge-camp Seru & Pilihan Camping Ground Merbabu Terbaik

Dua Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memasang Tenda

Cara pasang tenda camping
Sumber: bublikhaus via freepik.com

Untuk bisa digunakan, tenda harus dipasang dengan cara yang benar. Tidak hanya itu, agar menunjang kenyamanan dan keamanan, faktor pemilihan lokasi dan memastikan perlengkapannya tersedia jadi hal yang sering dilewatkan untuk dibahas.

Pilih Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi wajib dilakukan dengan cermat, supaya tenda yang kamu bawa bisa berdiri dengan kokoh dan memiliki bentuk yang ideal. Selain itu pemilihan ini juga berguna supaya bagian dalam tenda benar-benar bisa berfungsi dengan baik dan terlindung dari terpaan angin berlebih.

Cari area yang rata dan bebas dari benda tajam. Kemudian pertimbangkan arah angin dan sinar matahari, sehingga ketika kamu beristirahat dan bangun keesokan harinya kamu bisa mendapat kesegaran.

Jaga jarak aman dari sumber air dan risiko bahaya lain seperti tanah longsor, banjir, semak belukar, dan lain sebagainya.

Persiapan Perlengkapan Tenda

Setiap komponen tenda harus ada secara lengkap dan dalam kondisi baik, sehingga kamu bisa menggunakannya sesuai dengan keperluan. Selain itu, siapkan juga palu, pasak, atau tali tambahan jika diperlukan untuk pemasangan tenda yang dibawa.

Sebelum mendirikan tenda, periksa terlebih dahulu kondisi atau ramalan cuaca dari instansi terkait. Hal ini bisa membantumu mengambil keputusan membawa lapisan tambahan atau tidak, yang cukup berpengaruh pada total berat barang yang dibawa.

5 Langkah Cara Pasang Tenda Camping

Cara pasang tenda camping
Sumber: freepik via freepik.com

Setelah tahu apa saja yang harus dipersiapkan, selanjutnya kamu bisa mencermati lima langkah cara pasang tenda camping dengan ideal. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Bentangkan Alas Tenda

Alas tenda juga disebut groundsheet dibentangkan dan diletakkan di atas permukaan tanah yang sudah kamu persiapkan sebelumnya. Kemudian pastikan groundsheet terbentang rata hingga tidak memiliki ikatan, sesuai ukuran tenda yang tercantum pada kantongnya.

2. Rakit Rangka Tenda

Langkah kedua adalah membuka perlengkapan tenda, dan mulai merakit rangka tenda. Lakukan identifikasi jenis rangka tenda dan cara merakitnya, kemudian mulai dengan menyambungkan bagian rangka dengan benar dan solid.

Pastikan rangka tenda bisa berdiri dengan tegak dan stabil sebelum melangkah ke tahap berikutnya.

3. Pasang Inner Tenda pada Rangka

Setelah rangka tenda berdiri dengan solid, mulai kaitkan inner tenda pada rangka sesuai dengan petunjuk yang ada. Lakukan perlahan dan dengan cermat, sehingga setiap kait yang tersedia bisa menahan inner tenda dengan baik.

Pastikan inner tenda terpasang dengan kencang hingga tidak ada bagian yang kendur. Hal ini mengoptimalkan kekuatan dan kapasitas tenda, serta kenyamanan di dalam tenda.

4. Pasang Flysheet

Lapisan luar ini akan dipasang di atas inner tenda. Pasang dengan baik, kemudian ratakan lapisan luar tersebut. Kamu bisa mengaitkan atau mengkaitkan flysheet pada rangka atau pasak tenda sehingga terbentang dengan baik.

Pasang flysheet dengan rapat agar tenda yang kamu gunakan terlindung dari hujan dan angin yang berhembus di area camping.

5. Pasang Pasak dan Tali Tenda

Langkah kelima untuk cara pasang tenda camping adalah memasang pasak dan tali tenda. Tancapkan pasak tenda ke tanah yang solid, sehingga pasak dapat memiliki kekuatan yang ideal dan stabil. Ikatkan tali tenda pada pasak dan atur ketegangannya sehingga bentuk tenda benar-benar pas.

Selanjutnya, pastikan tenda berdiri kokoh dan tidak mudah goyah. Kamu bisa mengeceknya dengan menggoyangkan tenda perlahan untuk memastikan kekuatan tenda.

Tips Tambahan Mendirikan Tenda saat Camping

Cara pasang tenda camping
Sumber: Queenmoonlite Studio via freepik.com

Memahami langkah dan cara pasang tenda camping seperti yang dijelaskan di atas tentu penting jika kamu ingin berkemah, mendaki gunung, atau melakukan aktivitas lain yang mengharuskan istirahat di dalam tenda.

Namun demikian, ada setidaknya empat tips tambahan yang bisa kamu baca di bagian ini, sebagai pelengkap dari cara yang telah disampaikan sebelumnya.

  • Pertama, baca petunjuk pemasangan tenda dengan cermat. Setiap tenda memiliki petunjuk spesifik, dan penting untuk membacanya dulu agar kamu tahu benar langkah yang tepat dalam pendirian tenda
  • Kedua, jangan ragu berlatih di rumah. Sebelum menggunakan tenda untuk camping, kamu bisa mencoba memasangnya di rumah. Anggap saja sebagai latihan, sehingga kamu bisa mendirikan tenda dalam waktu singkat saat pendakian dimulai
  • Ketiga, kerja sama. Akan jauh lebih mudah untuk kamu dan rombongan jika pemasangan tenda dilakukan secara bersama-sama. Masing-masing memiliki bagian yang harus dikerjakan, sehingga tenda dapat lekas berdiri
  • Keempat, jaga kebersihan dimanapun dan kapanpun kamu camping

Rekomendasi Tenda dari EIGER Adventure

EIGER Adventure sebagai salah satu brand besar dalam urusan petualangan, siap memberikan dukungan penuh dengan menghadirkan beragam produk tenda dan perlengkapannya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Stover 4P, yakni tenda berkapasitas 4 orang yang cocok untuk camping dan hiking. Tenda ini menggunakan tiang berbahan duraluminium yang mudah di pasang tapi tetap memberikan kekuatan solid
  • X-Berganda 1P, dengan kapasitas 1 orang, tenda ini akan cocok untuk kamu yang ingin melakukan penjelajahan seorang diri. Praktis dan simpel, ukurannya yang ringkas membuatnya mudah dibawa
  • Senaru 2P, seperti namanya, kapasitas tenda ini adalah 2 orang. Bisa dibawa dalam ukuran yang ringkas, 60x40x25 cm, memudahkanmu untuk memiliki mobilitas yang maksimal

Baca Juga: Pendakian Gunung Kelud: Rute dan Tips Persiapannya 

Well itu tadi sedikit penjelasan tentang cara pasang tenda camping yang efektif, praktis, dan ideal. Tentu pada kenyataannya kamu tetap harus bersiap untuk melakukan improvisasi, karena tak jarang tenda yang dibawa memiliki perlengkapan yang kurang lengkap secara keseluruhan. Ini kenapa penting untuk  mengeceknya dulu sebelum membawa tenda untuk berpetualang.

Artikel tentang cara pasang tenda camping tadi semoga jadi bacaan yang berguna untuk mendukung petualanganmu berikutnya. Tentu saja, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai produk dan perlengkapan tenda dari EIGER Adventure, baik di store fisik atau langsung di situs resminya ini. Kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru