HomeTips & TrickMountaineeringPahami Cara Pasang Tenda yang Kokoh Supaya Nyaman dan Aman

Pahami Cara Pasang Tenda yang Kokoh Supaya Nyaman dan Aman

Tenda, adalah salah satu barang yang wajib dimiliki para pecinta kegiatan outdoor. Ada beragam jenis tenda yang dijual di pasaran, salah satunya adalah tenda dome. Tenda yang satu ini memang paling banyak diminati, karena mudah dipasang. Meski dianggap paling mudah, tapi sebagian orang masih belum paham betul bagaimana cara pasang tenda yang kokoh. 

Sebelum bahas lebih lanjut soal cara pasang tenda, kita harus mengetahui bagaimana cara memilih tenda yang tepat. Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih tenda adalah ukuran. Pilihlah tenda yang paling sesuai dengan jumlah orang yang menggunakannya. Selain itu, perhatikan juga tinggi dari atap tenda agar lebih leluasa bergerak saat di dalam tenda. Hal penting lainnya dalam memilih tenda adalah pilih tenda yang memiliki tingkat water resistant di atas 1500 mm. Tenda dengan tingkat water resistant sekitar 1500 mm ini mampu menahan hujan ringan atau gerimis.

Pertimbangkan juga daya tahan dan harga tenda berdasarkan intensitas pemakaian. Jangan lupa cek ukuran dan bobotnya,  lalu pilih yang paling mudah dibawa. Perhatikan pula fitur tenda demi menunjang kenyamanan saat camping

Cara Pasang Tenda Agar Kokoh

cara pasang tenda

Cara pasang tenda, termasuk tenda dome memang tidak bisa sembarangan. Apalagi jika kita mendirikan tenda saat mendaki gunung. Perlu perjuangan dan cara khusus agar tenda nyaman dan kokoh menahan terjangan angin gunung yang sangat kencang. Cara pasang tenda dome di bawah ini bisa Eigerian perhatikan, ya! 

  1. Pertama, bentangkan kain terpal di atas permukaan tanah agar kelembapan tanah tidak merembes ke dalam tenda. 
  2. Kemudian, sambungkan frame rangka tenda. 
  3. Setelah frame rangka tenda tersambung dengan sempurna, bentangkan tenda di tempat yang dirasa nyaman. Lalu, letakkan frame rangka tenda yang telah tersambung di atas kain tenda dalam posisi menyilang untuk memastikan masing-masing tiang rangka dimasukkan ke dalam selubung luar yang sesuai.
  4. Setelah merasa yakin bahwa setiap frame rangka sudah sesuai dengan selubungnya, masukkan frame rangka ke dalam selubung luar tenda. Lakukan hal yang sama pada frame rangka yang lainnya. 
  5. Kemudian, pasang ujung dari setiap frame rangka pada pin atau penyemat yang ada pada setiap ujung sisi bagian bawah tenda biar tenda bisa berdiri.
  6. Saat memasangkan ujung frame pada pin, frame rangka tenda akan mendapatkan tekanan yang membuatnya melengkung. Sehingga kain tenda dapat terangkat dan mulai membentuk tenda dome yang sempurna.
  7. Terakhir, pasangkan pasak supaya tenda berdiri kokoh. 

Jangan Lupa Bawa Peralatan Cadangan!

cara pasang tenda

Selain harus menguasai cara pasang tenda, kita juga perlu membawa peralatan tambahan saat camping. Di antaranya adalah:

1. Eiger Tarp Pole Tent Accessories

Tarp pole merupakan salah satu produk Eiger yang dapat membantu kita untuk mendirikan shelter untuk tenda saat camping. Ringkas dan praktis dibawa, perlengkapan camping yang satu ini dapat dilipat dan dipanjangkan dari 2 meter hingga 2,3 meter. Fiturnya yaitu:

  • Pole (tiang rangka) dapat dipanjangkan dari ukuran 2 meter hingga 2,3 meter. 
  • Cocok digunakan untuk hampir semua jenis kain terpal atau shelter.
  • 4-sections dan shock corded (tersambung dengan tali elastis), dapat dilipat menjadi ukuran 55cm sehingga memudahkan saat membawa.

Baca juga: 5 Tempat Camping Di Bogor yang Jadi Opsi Menarik

2. Eiger Versatile Kit Tent Accessories

Versatile Tent Kit merupakan sebuah peralatan camping yang mudah dibawa untuk membantu kita saat mendirikan tenda ataupun memperbaiki tenda. Versatile Tent Kit ini terdiri dari sebuah pencabut pasak, tali reflektif, pengatur kekencangan tali, palu, dan pasak tenda. Tali reflektifnya sangat berguna untuk mengurangi resiko tersandung tali saat keadaan minim cahaya atau malam hari. Sedangkan palu akan membantu kita untuk memaku pasak di tanah. Jika tenda kita mengalami kerusakan atau kebocoran, ada pula tiang rangka pengganti serta tambahan kain tenda, serta alat jahit sederhana untuk memperbaiki tenda secara sementara. Fitur selengkapnya yaitu:

  • Satu buah pencabut pasak.
  • Tali reflektif.
  • Empat buah wind cord clasp, yang berfungsi sebagai pengatur kekencangan tali.
  • Satu buah palu.
  • Pasak tenda berbentuk tanda tanya sebanyak 4 buah.
  • Pasak berbentuk angka 9 sebanyak 4 buah.
  • Pengganti tiang rangka tenda sebanyak 4 buah.
  • Tambahan kain tenda dan alat menjahit sederhana.
  • Dilengkapi juga dengan wadah untuk menyimpan peralatan. 

Baca juga: Inilah Manfaat Olahraga Kardio bagi Para Pelaku Mountaineering

Bagaimana, sekarang Eigerian sudah lebih paham bagaimana cara pasang tenda yang tepat, kan? Untuk peralatan camping seperti yang telah disebutkan di atas, Eigerian bisa mendapatkannya di Eiger Adventure Official Website. Eigerian tinggal pilih, perlengkapan mana yang hendak dibeli, lalu  check out, dan tunggu pesanan diproses. Tak perlu repot dan harus keluar rumah, Eigerian bisa belanja online dengan aman dan nyaman. Ada juga berbagai promo dari Eiger yang bisa kita dapatkan, lho. Terdengar sangat menarik, bukan?

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments