HomeTips & TrickTravelingCari Pemandangan Air Terjun Terbaik? 4 Titik ini Wajib DIkunjungi!

Cari Pemandangan Air Terjun Terbaik? 4 Titik ini Wajib DIkunjungi!

Wisata ke alam, menikmati hawa sejuk, hempasan angin pegunungan, atau deburan ombak, akan terasa sangat menyegarkan. Air terjun juga memiliki daya pikat yang tidak kalah, dan jadi buruan banyak orang. Tak heran rasanya jika ‘perburuan’ pada pemandangan air terjun terindah terus dilakukan.

Tapi apakah sudah ada hasilnya?

Well, Indonesia tak pernah kehabisan bahan untuk wisata alam yang menakjubkan. Sederet air terjun indah yang mempesona siap menyambut Eigerian di berbagai penjuru negeri. Tentu kebanyakan air terjun ini terletak jauh di dalam jantung hutan, sehingga memerlukan upaya tracking yang cukup menantang dan memerlukan perlengkapan yang memadai.

Berikut beberapa rekomendasi untuk Eigerian, yang berburu pemandangan air terjun paling indah dan unik yang wajib didatangi.

Madakaripura, Pemandangan Air Terjun Indah dari Probolinggo

pemandangan air terjun
Sumber : freepik.com, Gambar hanya Ilustrasi

Dari banyak artikel yang membahas tentang pemandangan air terjun terbaik, Madakaripura selalu jadi nomor satu di rekomendasinya. Bukan tanpa sebab, air terjun dengan ketinggian kurang lebih 620 mdpl ini memang memiliki pemandangan luar biasa indah di banyak titiknya.

Track yang dilalui untuk mencapai air terjun ini sendiri cukup terjal, sehingga akan sangat disarankan kamu membawa bekal minuman dan menggunakan alas kaki yang khusus digunakan untuk tracking. Misalnya saja, seperti Eiger Bhardev Pinch Sole Olive Sandal yang memiliki bagian bawah dengan daya cengkeram tinggi namun tetap nyaman digunakan.

Mitosnya, air terjun Madakaripura ini adalah tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada. Kamu bisa berkunjung kesini dengan mendatangi area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo.

Air Terjun Sipiso-Piso, Di Dekat Danau Toba

pemandangan air terjun (3)
Sumber : freepik.com, Gambar hanya Ilustrasi

Tak hanya di Indonesia, air terjun SIpiso-Piso ini juga terkenal di mancanegara. Terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, kamu bisa menikmati suasana sejuk karena air terjun yang satu ini terletak di jantung hutan pinus dengan ketinggian 800 mdpl.

Keindahan air terjun Sipiso-Piso sendiri ditunjang dengan ketinggiannya yang mencapai 120 meter, sehingga deburan air yang mengalir akan berharmoni secara sempurna dengan hijaunya alam di banyak sekali titiknya.

Pemandangan air terjun Sipiso-Piso sendiri sudah cukup lama dikenal. Untuk mencapainya juga tak terlalu sulit, kamu bisa menggunakan transportasi umum dari Medan, dan kemudian melakukan sedikit pendakian dengan menyusuri anak tangga selama kurang lebih 1 jam.

Pemandangan Kelambu Di Lombok

Sumber : freepik.com, Gambar hanya Ilustrasi
Sumber : freepik.com, Gambar hanya Ilustrasi

Mungkin jika membahas Lombok masih erat ingatan Eigerian tentang gunung RInjani yang terkenal. Namun, ternyata Lombok juga memiliki air terjun dengan pemandangan aduhai. Namanya adalah Air Terjun Benang Kelambu, yang terletak di kaki gunung RInjani.

Keunikan pemandangan air terjun Benang Kelambu ini terletak pada kemunculan air yang berada di antara pepohonan, sebanyak enam titik berbeda. Air yang keluar dari balik pepohonan ini mungkin tak dapat Eigerian temukan di tempat lain.

Masyarakat sekitar percaya, bahwa mandi di kolam air terjun ini bisa membuat awet muda. Air terjun Benang Kelambu tepatnya terletak di Dusun Pemotoh, Desa Air Berik, Kecamatan Batukliang Utara.. Jangan lupa singgah jika sedang di Lombok ya!

Air Terjun Nglirip, Pemandangan Di Tuban

pemandangan air terjun (4)
Sumber : freepik.com, Gambar hanya Ilustrasi

Jawa Timur juga memiliki pemandangan air terjun yang sangat menggoda, tepatnya berada di Tuban. Air Terjun Nglirip terletak di Padukuhan Jojogan, Desa Mulyoagung, Singgahan, sekitar 36 km dari pusat kota Tuban..

Air terjun Nglirip sendiri memiliki ketinggian 30 meter, dan lebar 28 meter, menjadikannya salah satu yang terbesar di daerah Jawa Timur. Keunikan air terjun ini sendiri terletak pada bagian belakangnya, yang ternyata menyimpan gua rahasia yang konon menjadi tempat mencari ilmu banyak orang.

Memiliki air yang masih sangat jernih karena berasal dari mata air di hutan Krawak, air terjun Nglirip siap membuat tubuh dan pikiranmu sejenak beristirahat dengan kesejukan dan ketenangannya.

Keberadaan air terjun yang indah di seluruh Indonesia sebenarnya bukan kejutan, karena memang Indonesia dikaruniai alam yang demikian beragam. Tak hanya kondisi alam yang berbeda-beda, Indonesia juga selalu menawarkan wisata budaya yang juga tak kalah seru.

Setiap tempat memiliki daya tariknya masing-masing, seperti yang dijelaskan dalam 4 poin di atas. Air terjun Madakaripura, air terjun Sipiso-Piso, air terjun Benang Kelambu, dan air terjun Nglirip yang ada di tuban, jadi bukti bahwa Eigerian tak perlu takut kehabisan destinasi petualangan yang baru selama mau menjelajah ke setiap penjuru negeri.

Tentu saja, menikmati pemandangan air terjun yang indah akan jadi hadiah sepadan untuk tracking yang dilakukan ke titik air terjun tersebut. Maka dari itu, selalu gunakan perangkat terbaik dari Eiger Adventure untuk mendukung petualangan Eigerian sekalian. Dengan kualitas yang terjamin serta opsi produk yang sangat variatif, Eigerian pasti mendapat produk terbaik untuk setiap petualangan. Masuk ke laman produknya di sini, dan dapatkan peralatan terbaiknya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru