HomeTips & TrickMengenal 5 Curug di Bogor dengan Pemandangan Paling Indah

Mengenal 5 Curug di Bogor dengan Pemandangan Paling Indah

Ada banyak sekali jenis destinasi wisata yang dapat dikunjungi dengan jarak dekat maupun jauh, baik metropolitan atau alam terbuka. Jika berlibur ke kota metropolitan adalah hal yang biasa, tentunya berlibur ke alam terbuka seperti curug di Bogor akan jauh lebih menarik dan menyenangkan. Wisata curug atau air terjun memang menjadi salah satu wisata unggulan di Bogor.

Jika kebanyakan orang mengira bahwa Bogor identik dengan puncak, nyatanya selain puncak ada banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Bogor juga memiliki kekayaan wisata alam yang luar biasa, salah satunya adalah curug atau air terjun. Saat berkunjung ke Bogor, betapa ruginya jika tidak mampir ke salah satu destinasi wisata curug di Bogor. Berikut ini adalah daftar lokasi curug dengan keindahan yang memukau, yang bisa dikunjungi saat berada di Bogor. Atau mungkin Eigerian adalah anak Bogor yang mencari lokasi wisata curug terbaru, silakan cek daftarnya di bawah ini! 

Daftar Curug di Bogor

curug di bogor
(Gambar Hanya Ilustrasi)

Ada banyak sekali curug di Bogor yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan. Bahkan, beberapa curug di Bogor masih asri dan alami, sehingga menambah pesona keindahannya. Berikut ini ada 5 curug paling indah, yang bisa dikunjungi di akhir pekan. 

1. Curug Leuwi Anteng

Rekomendasi curug di Bogor yang pertama terletak di Desa Cibalay, Kecamatan Tenjolaya, tepatnya sekitar 1 jam dari kota Bogor. Curug bernama Leuwi Anteng atau dalam bahasa Jawa artinya kediaman tenang ini masih sangat asri, dengan air yang jernih dan suasana sekitar yang sangat sejuk. Tidak jauh dari lokasi ini, ada juga area untuk berkemah para komunitas maupun perorangan yang dikelilingi oleh hutan pinus. Tiket Masuk ke curug Leuwi Anteng ini hanya Rp10.000 dan parkir motor Rp5.000. 

2. Curug Cikuluwung

Curug di Bogor yang satu ini menjadi salah satu wisata Bogor terbaru yang lagi hits. Selain pemandangan curug yang luar biasa bagus, curug ini juga dikelilingi dengan bebatuan yang menjulang tinggi. Untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan, kita perlu melewati tangga yang curam, karena lokasi curug berada di balik lembah. Harga tiket masuk curug Cikuluwung ini Rp10.000 per orang dan parkir motor Rp5.000.

3. Curug Panjang Megamendung

Curug Panjang Megamendung ini cukup unik. Jika kebanyakan curug biasanya memiliki air jatuh yang vertikal, tapi curug ini agak miring, seperti di wahana perosotan waterpark. Airnya cukup deras, dan jernih, jadi kita bisa bermain perosotan di sana. Lokasi ini juga cukup terawat, terlihat dari tempatnya yang bersih dan ada kamar gantinya. Tiket masuk curug Panjang Megamendung hanya Rp13.000 per orang dan parkir motor Rp3.000.

4. Curug Pangeran

Curug Pangeran ini sangat indah. Di tempat ini, kita bisa berenang dengan menggunakan pelampung dan ban yang bisa kita sewa. Fasilitas berupa kamar ganti juga tersedia. Selain berenang, kita bisa bergeser sedikit untuk berfoto di gardu pandang yang telah disediakan dengan pemandangan alam dari atas bukit. Harga tiket masuk curug Pangeran hanya Rp3.000 dan parkir motor Rp5.000. Sangat terjangkau, bukan? 

5. Curug Nangka

Salah satu curug di Bogor yang wajib dikunjungi adalah curug Nangka yang memiliki ketinggian air mencapai 30 meter. Curug ini sebenarnya sudah lama dikenal banyak orang, namun sampai saat ini pemandangan di area curug masih sangat alami. Jika belum pernah ke curug Nangka, itu artinya perjalanan wisata curug di Bogor belum lengkap. Karena sudah ada sejak lama, lokasi ini juga sudah dilengkapi fasilitas seperti toilet dan mushola, selain itu juga ada banyak orang jualan makanan di sana. Harga tiket masuk curug Nangka adalah Rp10.000 per orang dan parkir motor Rp5.000.

Selain kelima curug yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali curug di Bogor yang bisa dikunjungi. Ada curug Ciherang & Jembatan Kayu Gantung, curug Bidadari, curug Ngumpet, dan masih banyak lainnya. 

Baca juga: Deretan Cafe Instagramable di Bandung: Nomor 7 Paling Populer!

Tips Aman Berwisata Alam 

curug di bogor
(Gambar Hanya Ilustrasi)

Setelah menentukan curug mana yang akan dikunjungi, jangan lupa bersiap! Apa saja yang perlu disiapkan, cek daftarnya di bawah ini yuk

1. Bawa bekal secukupnya

Bekal apa saja yang perlu kita bawa? yaitu makanan yang dapat mengganjal perut, contohnya seperti roti atau biskuit. Kenapa bekal semacam ini penting untuk dibawa, karena saat berkunjung di alam terbuka belum tentu kita akan menemukan para pedagang yang menjajakan dagangannya. Maka dari itu, dari pada kita bingung saat lapar melanda tentu akan lebih baik jika membawanya dari rumah.

2. Bawa lotion anti nyamuk dan serangga

Saat kita menghabiskan waktu liburan di alam terbuka termasuk curug di Bogor, tentunya  masalah yang sering kita temui adalah nyamuk dan serangga. Tips ampuh untuk menghindari kedua hal tersebut adalah dengan cara membawa lotion ataupun obat-obatan sebagai antisipasi jika kita digigit nyamuk maupun serangga. Dengan menggunakan lotion, maka kita akan merasa lebih aman dan nyaman menikmati kegiatan selama berlibur.

3. Bawa tenda atau sleeping bag yang nyaman

Jika memutuskan untuk singgah di alam terbuka, kita mungkin membutuhkan tenda atau sleeping bag. Tentunya saat berlibur kita menginginkan segala sesuatunya berjalan dengan lancar tanpa ada masalah, kan? Oleh sebab itu, akan lebih menyenangkan jika kita menggunakan tenda atau sleeping bag yang nyaman. Maka, kita akan menikmati liburan secara menyenangkan.

4. Sesuaikan perlengkapan yang perlu dibawa dengan musim  

Berwisata di alam terbuka sangat berkaitan erat dengan musim. Sebaiknya, kita tidak berlibur ke alam terbuka saat musim hujan. Selain perlengkapan yang akan jadi lebih banyak, kita juga akan lebih repot. Tapi, kalau tetap ingin pergi, siapkan perlengkapan tas yang dilengkapi dengan fitur tahan air alias waterproof, ya! Waktu terbaik untuk pergi berlibur ke alam terbuka adalah pada saat musim panas (April-Oktober). Biasanya, pada periode Juli sampai September sebagai puncak musim panas, pemandangan alam akan memiliki pesona yang luar biasa indah.

5. Pastikan tubuh sedang fit

Wisata alam memang menyenangkan, tapi pastikan kondisi tubuh kita siap untuk menjelajah alam. Jika sedang tidak fit, maka sebaiknya kita tidak memaksakan diri, sekalipun medannya terbilang ringan. Sebab, kita bisa saja jatuh pingsan dan akhirnya merepotkan orang lain.

Baca juga: Nikmati Permainan Outbound di 5 Tempat Menarik Ini!

Nah, sebelum berkemas adakah perlengkapan traveling yang belum Eigerian miliki? Seperti tas dengan fitur waterproof, sepatu, jaket, topi, dan lainnya. Segala perlengkapan tersebut bisa kita dapatkan di Eiger Adventure. Belanja di Eiger kini jauh lebih mudah dilakukan secara online. Dari mana pun dan kapan pun, kita bisa cek ketersediaan stok produk Eiger melalui website resmi Eiger Adventure, check out, lalu lakukan pembayaran. Selesai! Setelah itu, kita hanya perlu menunggu pesanan diproses dan sampai ke alamat kita. Sangat praktis, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru