HomeTips & TrickTravelingCurug Pangeran Bogor, Wisata Hidden Gem dari Kota Hujan

Curug Pangeran Bogor, Wisata Hidden Gem dari Kota Hujan

Bogor, kota hujan dengan berbagai wisata alamnya. Ayo siapa nih Eigerian yang dari luar kota sering jauh-jauh mengunjungi Bogor untuk menikmati wisata alamnya? Nah ada satu rekomendasi tempat wisata di Bogor yang wajib banget kamu kunjungi loh, yuk simak informasinya disini. 

Curug Pangeran Bogor

Ayo adakah dari Eigerian yang belum familiar dengan kata curug? istilah curug ini diambil dari bahasa Jawa. Nah, dalam bahasa Indonesia, curug berarti air terjun. Untuk nama Curug Pangeran sendiri diambil dari legenda kepercayaan masyarakat sekitar. Curug Pangeran dipercaya merupakan bekas petilasan Prabu Kiansantang dari Kerajaan Padjajaran. Karena alasan ini lah curug indah ini kemudian diberi nama Curug Pangeran. 

Pesona Curug Pangeran Bogor

  1. Keindahan alam yang mempesona di sekitar Curug Pangeran

Curug Pangeran terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor. Lokasi ini merupakan kawasan yang dilindungi, tak heran air terjunnya selalu dirawat dan dijaga. Air terjun setinggi 6 meter ini punya daya tarik tersendiri. Kolam alami di bawah air terjun terjaga dengan baik, airnya jernih tanpa sampah. Ini membuat siapapun tergoda untuk berenang di sekitar kolamnya.

  1. Trekking Seru Sepanjang Jalan 

Untuk sampai ke Curug Pangeran kamu akan melewati jalan setapak. Melintasi pepohonan rindang dan berbagai tanaman liar dan semak belukar. Pesona alam ini akan memanjakan matamu, sekaligus menambah pengalaman baru. Datang bersama teman atau keluarga pasti akan menambah keseruan. Kamu juga akan melewati sungai dengan aliran air yang dingin dan segar. 

  1. Bisa Berkemah di Sekitar Curug! 

Untuk Eigerian yang ingin merasakan pengalaman tak terlupakan bisa berkemah di dekat Curug Pangeran. Ada area camping dengan lokasi strategis yang bisa kamu gunakan bersama sahabat maupun keluarga. Siapkan tenda dan nikmati pemandangan dan suasana dingin Bogor yuk! 

Berapa jarak dari Kota Bogor ke Curug Pangeran?

Jarak Kota Bogor ke Curug Pangeran sekitar 25,2 kilometer, waktu tempuh yang dibutuhkan pun sekitar satu jam 33 menit. Eigerian bisa melalui Jalan Raya Bojong Rangkas. Terus berada lurus di jalur ini hingga bertemu dengan Jalan Cikampak-Cicadas, Jalan Cibuntu, Jalan Segog Pamijahan, dan Jalan Gunung Bunder. Dari jalan utama Gunung Bunder, terus ikuti jalan sampai menemukan sebuah pertigaan. Di pertigaan tersebut terdapat baliho besar penunjuk arah jalan menuju Curug Pangeran. Dari pertigaan, wisatawan bisa berjalan kaki, menaiki sepeda motor, atau mobil dengan jarak kurang lebih 200 meter.

Harga Tiket dan Jam Operasional Curug Pangeran

Berdasarkan informasi dari akun resmi Instagram Curug Pangeran, @curug.pangeran, wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB. Sebelum masuk ke kawasan wisata air terjun, wisatawan diminta membayar retribusi Rp 10.000 per orang. Tarif tersebut terbilang ramah di kantong dibandingkan keindahan panorama Curug Pangeran. Untuk informasi lebih lanjut, Eigerian bisa menghubungi akun resmi Instagram Curug Pangeran, @curug.pangeran.

Baca Juga: Mengenal 5 Curug di Bogor dengan Pemandangan Paling Indah

Tips Kunjungi Curug Pangeran

  1. Bawa Perlengkapan yang Sesuai dan Diperlukan 

Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Curug Pangeran Bogor, pastikan untuk mengemas segala perlengkapan. Seperti makanan, air dan kotak P3K, baju ganti dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan. 

  1. Jaga Alam dan Lingkungan

Curug Pangeran berada di tengah-tengah alam yang masih terjaga, maka dari itu Eigerian yang berkunjung kesana juga perlu menjaga alamnya ya. Pastikan kamu tidak membuang sampah sembarangan. Jika kamu belum menemukan tempat sampah, ada baiknya kamu bisa simpan sampai tiba di titik tong sampah. 

  1. Gunakan sepatu yang fleksibel

Sepatu trekking yang baik akan melindungimu dari cedera. Selain itu jika menggunakan sepatu yang sesuai perjalanan mu juga akan lebih nyaman. Mengingat trekking menuju Curug Pangeran Bogor lumayan bervariasi, gunakan sepatu trekking yang fleksibel, pastikan kamu menggunakannya dengan benar untuk hindari hal yang tidak diinginkan. Dapatkan sepatu hiking nyaman dengan kualitas terjamin hanya dari brand lokal Indonesia, EIGER Adventure. Dengan teknologi terkini, kamu akan mendapatkan sepatu hiking dengan keunggulan yang tidak main-main. Dapatkan dengan harga terbaik hanya di website resmi EIGER Adventure; eigeradventure.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments