HomeTips & TrickDaftar Desa Wisata yang Patut Dikunjungi Saat PPKM Usai

Daftar Desa Wisata yang Patut Dikunjungi Saat PPKM Usai

Selama ini, Eigerian pasti sudah pernah mendengar istilah “desa wisata”. Apakah Eigerian sudah pernah berkunjung ke salah satu desa wisata yang ada di Indonesia? Desa Wisata memang bisa jadi destinasi yang menarik. Di sana, kita bisa mengeksplorasi banyak hal. Wait, sebelum cari tahu tentang daftar Desa Wisata terbaik di Indonesia, yuk cari tahu lebih lanjut tentang Desa Wisata terlebih dahulu. 

Apa itu Desa Wisata?

desa wisata
(Gambar Hanya Ilustrasi)

Dilansir dari laman wikipedia, Desa Wisata adalah desa yang dijadikan sebagai tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Desa Wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi, dan juga fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara, serta tradisi yang berlaku.

Biasanya, kawasan ini memenuhi semua unsur wisata yang memiliki potensi daya tarik. Di antaranya adalah wisata alam, wisata budaya, dan wisata hasil buatan manusia dalam satu kawasan tertentu yang sesuai dengan kearifan lokal masyarakat. 

Sederet Desa Wisata Terbaik di Indonesia

desa wisata
(Gambar Hanya Ilustrasi)

Daripada semakin penasaran, langsung saja simak daftar desa terbaik yang ada di Indonesia berikut ini. Jangan lupa dicatat, ya

1. Desa Sigapiton, Sumatera Utara

Desa terbaik di Indonesia yang pertama adalah Desa Sigapiton yang letaknya ada di Kecamatan Ajibata, Toba Samosir, Sumatera Utara. Lokasinya berada di dataran tinggi. Tak heran, jika suhu di desa ini cukup dingin yaitu berkisar 17 sampai 26 derajat celcius. Pemandangan Danau Toba yang dikelilingi oleh perbukitan hijau akan terlihat jelas dari desa ini.  Sangat memukau! 

2. Desa Pariangan, Sumatera Barat

Jika ingin mengunjungi desa wisata yang menyimpan cerita sejarah, maka Desa Pariangan adalah pilihan yang tepat. Desa ini diyakini sebagai tempat pertama suku Minangkabau menetap. Kita bisa melihat rumah gadang pertama dengan desain yang khas, hingga pemandangan asri area persawahan dan sungai. 

3. Desa Teluk Meranti, Riau

Desa Wisata terbaik di Indonesia yang satu ini sangat unik karena terletak di area dataran rendah dengan lahan gambut, area rawa-rawa, dan pantai dengan ombak yang besar. Ombak besar tersebut dijuluki dengan ombak bono, yang banyak dimanfaatkan sebagai arena selancar bagi para wisatawan lokal maupun luar negeri. Super keren!

4. Desa Kersik Tuo, Jambi

Bergeser ke Jambi, kita bisa mampir ke Desa Kersik Tuo. Dari desa ini, kita akan melihat keindahan Gunung Kerinci. Panorama desa yang indah bisa kita nikmati dari warung kopi lokal, sambil berinteraksi dengan warga sekitar.

5. Desa Argapura, Jawa Barat

Beberapa orang menyebutkan bahwa Desa Argapura ini merupakan salah satu kawasan terindah yang ada di Majalengka, Jawa Barat. Jadi, bisa membayangkan kan kenapa desa ini juga masuk ke dalam daftar Desa Wisata terbaik di Indonesia. Kalau ingin singgah ke desa ini, kita wajib mengunjungi area terasering Panyaweuyan. Hamparan sawah dan kebun, serta jalanan desa yang berliku terlihat sangat indah. Di pagi hari, Desa Argapura biasanya dibalut dengan kabut sehingga akan menambah suasana syahdu di desa ini.

6. Desa Nglanggeran, Yogyakarta

Desa terbaik di Indonesia untuk wisata selanjutnya adalah Desa Nglanggeran yang ada di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Nglanggeran adalah salah satu desa kebanggan warga Gunung Kidul, karena spot wisatanya yang lengkap. Mulai dari area sungai, persawahan, air terjun, hingga pemandangan Gunung Api Purba yang megah. Danau buatan bernama Embung Nglanggeran yang terletak di area puncak juga wajib dikunjungi. Air dari danau ini terbilang unik, yaitu berwarna hijau toska yang sangat indah.

7. Desa Pentingsari, Yogyakarta

Masih di Yogyakarta, ada juga Desa Pentingsari yang berlokasi di daerah Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Desa Wisata Pentingsari ini menawarkan pengalaman yang sangat seru untuk kegiatan outbond, trekking, hingga live in atau mengikuti kegiatan warga lokal. Keasrian desa ini didapatkan dari suburnya tanah sekitar lereng Gunung Merapi.

8. Desa Ponggok, Jawa Tengah

Desa Ponggok yang terletak di Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, juga masuk dalam daftar Desa Wisata terbaik di Indonesia. Pada awalnya, desa ini terpencil dan terlihat biasa saja. Namun, berkat berbagai program desa yang digencarkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan, Desa Ponggok akhirnya mampu menjadi desa yang memiliki penghasilan tinggi. Ikon dari desa ini adalah kolam ikan bersih yang berwarna biru jernih, sangat menarik minat wisatawan. 

Baca juga: Ide Kegiatan Seru di Destinasi Wisata Pujon Kidul, Malang

9. Desa Taman Sari, Jawa Timur

Pindah ke Jawa Timur, ada Desa Taman Sari. Keindahan kawasan Gunung Ijen membuat Desa Taman Sari ini sangat menarik banyak wisatawan. Uniknya, di desa ini tidak hanya menawarkan keindahan alam saja, tapi juga ada tiga spot wisata yang bisa dikunjungi. Di antaranya adalah Kampung Susu dengan area peternakan, Kampung Penambang dengan area tambang tradisional, dan Kampung Bunga dengan area perkebunan bunga yang cantik.

Baca juga: Ringkas, Begini Cara Packing Baju Agar Praktis Saat Traveling

Itulah ulasan seputar Desa Wisata terbaik di Indonesia yang menarik untuk diketahui. Selain desa-desa yang telah disebutkan di atas, masih banyak juga lainnya. Tapi, di antara kesembilan desa di atas, Desa Wisata mana nih yang akan kamu kunjungi duluan setelah PPKM usai?

Kalau mau traveling di masa new normal seperti sekarang ini, pastikan selalu mematuhi protokol kesehatan, pergi dalam kondisi tubuh yang sehat, ya. Jangan lupa selalu membawa hand sanitizer kemana pun. Supaya lebih praktis, Eigerian bisa pakai EIGER X-STERIPAC 01 CASES untuk membawa segala perlengkapan proteksi pribadi. Dopp kit ini akan membantu kita untuk menyimpan dengan rapi dan memudahkan mengakses perlengkapan higienis. Selain itu, juga dilengkapi dengan saku khusus untuk menyimpan masker wajah agar tetap bersih dan steril. Cek produk terbaik Eiger lainnya, di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru