HomeTips & TrickRidingDaftar Safety Gear yang Wajib Dimiliki Lady Biker

Daftar Safety Gear yang Wajib Dimiliki Lady Biker

Ternyata, salah satu penyebab angka kematian tinggi di dunia selain adanya penyakit menular adalah karena kecelakaan lalu lintas. Sebenarnya, kita bisa bersama-sama mengurangi angka kecelakaan lalu lintas jika menerapkan mau menggunakan safety gear dengan lengkap demi terciptanya safety riding. Namun sayangnya, masih ada sebagian pengendara wanita atau lady biker yang abai terhadap safety gear. Padahal saat ini, produsen perlengkapan berkendara sudah memperhatikan kebutuhan lady biker, terutama dari sisi fashion atau lifestyle tanpa mengurangi sisi safety dan kenyamanan. Memangnya, apa saja daftar safety gear yang wajib kita miliki sebelum berkendara?

Daftar Safety Gear yang Wajib Dimiliki Lady Biker

lady biker

Safety gear adalah peralatan keselamatan yang idealnya dipakai pada saat berkendara. Beberapa safety gear yang umum digunakan antara lain adalah helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, sepatu, dan lain sebagainya. Ulasan selengkapnya, cek di bawah ini. 

1. Helm

Helm adalah salah satu safety gear super wajib yang mesti dimiliki para lady biker. Berbicara soal fungsi, helm ini digunakan untuk melindungi kepala dari bahaya benturan yang fatal. Fungsi lain dari penggunaan helm adalah untuk melindungi kita dari segala macam gangguan seperti debu, serangga, hingga air hujan. Jadi, pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala, jangan sampai kekecilan ataupun kebesaran. Lalu, kriteria helm yang wajib dipakai adalah yang berstandar SNELL/DOT/SNI.

2. Jaket

Jaket adalah salah satu safety gear yang sangat penting untuk melindungi badan dari terpaan angin. Selain itu, jaket juga berfungsi sebagai pelindung dari radiasi sinar matahari dan juga benturan apabila terjatuh saat berkendara. Pilihlah jaket yang nyaman dan berkualitas.

3. Sepatu

Beberapa lady biker mungkin belum paham betapa pentingnya menggunakan perlengkapan safety gear yang satu ini. Masih banyak pengendara yang memilih untuk memakai sandal karena berbagai alasan dan pertimbangan. Padahal, sepatu bisa melindungi kaki secara lebih maksimal daripada sandal. Memilih sepatu untuk riding pun tidak bisa sembarangan. 

4. Sarung tangan

Perlengkapan safety gear selanjutnya yang wajib dimiliki adalah sarung tangan. Penggunaan sarung tangan saat riding sangat penting, karena tangan digunakan untuk menarik tuas, sedangkan tangan berpotensi untuk berkeringat dan kapalan. Untuk itu, pilihlah sarung tangan yang nyaman dengan pola jahitan yang pas dengan lekuk telapak tangan. Hal ini perlu diperhatikan agar kita mendapatkan posisi atau kelenturan ternyaman saat meregang maupun menggenggam. Poin lainnya yang patut dipertimbangkan dalam memilih sarung tangan adalah ukuran dan sistem sirkulasi udara yang baik.

5. Celana panjang

Saat riding, sebaiknya kita tidak mengenakan celana pendek karena jika terjatuh, bagian kaki akan mengalami luka. Tapi, pakailah celana panjang karena celana panjang dapat melindungi bagian kaki dari terluka saat jatuh. Selain itu, celana panjang juga dapat melindungi tubuh dari hembusan angin saat berkendara.

Tips Safety Riding bagi Lady Biker

lady biker

Apapun jenis motor yang digunakan oleh lady biker, memperhatikan keamanan selama berkendara adalah hal wajib. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan supaya kita bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

1. Cek kondisi motor

Pastikan kita selalu mengecek kondisi motor sebelum berkendara. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah ada kerusakan atau tidak pada motor yang akan kita kendarai. Mengecek kondisi motor bisa kita lakukan seperti mengecek tekanan ban, air radiator, lampu motor, kampas rem, dan rantai motor. Selain itu, pastikan lampu sepeda motor bisa menyala dengan normal. Jangan lupa juga untuk selalu membawa tool kit untuk berjaga-jaga. Pasalnya, kita tidak pernah tahu apakah dalam perjalanan motor kita akan mengalami masalah atau tidak.

2. Patuh pada rambu lalu lintas

Lady biker yang baik adalah yang bisa mematuhi semua rambu lalu lintas. Untuk itu, kita harus bisa mematuhi semua rambu lalu lintas yang berlaku. Selain karena merupakan peraturan, rambu lalu lintas juga akan membantu kita agar selamat saat di jalan. Ada banyak sekali rambu lalu lintas yang berlaku di jalan raya. Tentu saja rambu-rambu ini membutuhkan pemahaman semua pengendara, termasuk lady biker. Jadi, kita harus mengerti arti dari rambu lalu lintas yang ada seperti dilarang belok kiri, dilarang melawan arus, dan lain sebagainya.

3. Konsentrasi dan fokus

Pastikan untuk selalu konsentrasi dan fokus selama berkendara. Hindari penggunaan smartphone saat sedang berkendara. Gunakan lampu sein sesuai peruntukannya dengan tepat agar kita tidak membingungkan pengendara lain.

4. Gunakan anti fog di kaca helm

Selain menggunakan helm, kita juga perlu menggunakan anti fog sebagai peralatan safety riding di jalan raya. Kondisi kaca helm terkadang mengembun saat hujan, dan kebanyakan pengendara cuek tentang keadaan seperti ini. Padahal kaca helm yang mengembun bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain saat berkendara. Untuk itu, masalah ini sebaiknya tidak sepelekan, karena kondisi kaca helm yang mengembun dapat mengganggu pandangan saat kita berkendara. Kita bisa menggunakan cairan anti fog pada kaca helm sebelum kita berkendara, untuk menghindari kaca helm mengembun saat hujan.

5. Menggunakan safety gear dengan lengkap

Pakailah safety gear dengan lengkap sebelum berkendara dan pahamilah teknik berkendara yang baik demi terciptanya safety riding.

Eiger menawarkan perlengkapan bermotor untuk lady biker, seperti sarung tangan, vest, jaket, dan lain sebagainya. Eigerian tinggal pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments