HomeTips & TrickGreen & HealthyKenapa Daur Ulang Barang Tidak Terpakai Perlu Dilakukan?

Kenapa Daur Ulang Barang Tidak Terpakai Perlu Dilakukan?

Pernah tidak, terpikirkan di benak kita untuk daur ulang barang tidak terpakai? Daur ulang adalah salah satu cara menggunakan barang bekas untuk dipakai kembali menjadi barang yang lebih bermanfaat, atau bisa juga diolah menjadi barang yang dapat diperjual-belikan. Memangnya, kenapa kita perlu daur ulang barang tidak terpakai? Tujuannya adalah untuk mengurangi dan mengatasi adanya pencemaran lingkungan akibat sampah plastik yang dibuang sembarangan.

Sampah yang dibuang sembarangan dapat menjadikan lingkungan di sekitar kita menjadi kotor dan dapat menyumbat saluran air. Selain itu, penumpukan sampah juga akan menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Sebab, sampah anorganik seperti plastik tidak dapat diuraikan. Berbeda dengan sampah organik yang dapat diuraikan, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami, misalnya sisa sayuran.

Maka dari itu, salah satu alternatif terbaik adalah dengan melakukan daur ulang barang-barang tidak terpakai yang termasuk kelompok barang anorganik, sehingga dapat dikelola dengan baik. Dengan adanya daur ulang ini, diharapkan kita dapat ikut serta dalam mengatasi pencemaran lingkungan dan membuka peluang baru. Selain mengatasi masalah lingkungan, kita bahkan juga turut memajukan bangsa secara ekonomi, sehingga mengurangi jumlah pengangguran di negeri ini, lho

Manfaat Daur Ulang Barang Tidak Terpakai

daur ulang
Sumber: Freepik

Ternyata, ada sejumlah manfaat yang bisa dirasakan kalau kita bisa daur ulang dan membuat kreasi barang bekas dari barang yang tidak terpakai di rumah. Apa saja? 

1. Menyelesaikan masalah sampah di perkotaan

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa sampah menjadi salah satu masalah utama di perkotaan. Kalau sampah di depan rumah belum diangkut satu hari saja, kita pasti akan mengeluh, kan? Sebenarnya sampah ini bisa dipilah, lho. Bisa jadi ada barang bekas yang sebenarnya bisa dimanfaatkan ketimbang hanya menjadi sampah. Contohnya, kardus atau kotak sepatu, atau sampah makanan yang sesungguhnya masih bisa diolah sebagai pupuk meskipun memang tidak mudah.

2. Mengasah kreativitas

Kalau bosan dengan rutinitas, kita bisa melakukan hal menarik untuk mengasah kreativitas, salah satunya adalah daur ulang dan kreasi barang bekas. Kita bisa mencari banyak inspirasi dari internet. Saat pertama kali melakukan daur ulang, mungkin kita akan bingung. Namun jangan menyerah! Sebah, setelah beberapa kali melakukannya, pastinya kita akan lebih mudah mendapatkan ide-ide kreatif.

3. Menambah penghasilan

Kita bisa mengolah barang bekas menjadi sesuatu yang berharga. Tentunya, hal ini bisa dijadikan cara untuk menambah penghasilan sampingan. Misalnya kita bisa mengubah kardus bekas menjadi tempat penyimpanan yang unik, lalu kita bisa memasarkannya di media sosial. Hanya memanfaatkan barang bekas yang sudah terpakai, kita malah bisa mendapatkan pemasukan tambahan, kan

4. Membuat barang tidak terpakai jadi lebih berguna

Sebagian orang mungkin sudah bosan dengan gelas atau peralatan lain yang kita pakai. Namun, kita masih sayang untuk membuangnya. Nah, kita bisa memanfaatkan gelas untuk pot kecil sebagai tempat tanaman seperti kaktus. Dengan begitu, barang yang rencananya tidak dipakai dan bisa menjadi sampah, malah bisa kita daur ulang menjadi lebih berguna.

5. Membantu menekan dan mengurangi polusi di lingkungan sekitar

Pada umumnya, sampah atau botol plastik hanya akan dibakar agar lingkungan bersih. Namun, nyatanya pembakaran tersebut dapat menyebabkan polusi. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam memilih. Mengapa? Hal ini karena dengan memisahkan sampah organik dan anorganik, kita dapat menggunakannya untuk dilakukan daur ulang. 

Baca juga: Mitigasi Bencana, Langkah Mengurangi Kerusakan Bencana Alam

Bagaimana Cara Daur Ulang Barang Tidak Terpakai? 

daur ulang

Banyak sekali kita jumpai barang-barang tidak terpakai yang dibuang begitu saja di sungai. Namun, kini kita dapat menggunakan daya kreativitas kita untuk memanfaatkan barang-barang tersebut untuk menghasilkan sebuah karya. Banyak sekali cara daur ulang barang tidak terpakai yang dapat kita lakukan.

Salah satu contohnya adalah plastik bekas detergen, sabun, minyak, pewangi, dan lainnya bisa kita olah menjadi beberapa macam tas dengan ukuran yang bervariasi. Selain itu, kita juga dapat menggunakannya untuk membuat tempat pensil, taplak meja, dan lainnya. Beragam barang tidak terpakai selain plastik adalah kardus, botol minuman, dan masih banyak lagi. Misalnya, kardus dapat kita olah menjadi sebuah tas atau storage dengan dilapisi kertas kado sehingga akan tampak lebih menarik. Bahan kardus tidak terpakai juga dapat kita manfaatkan untuk tempat buku, mainan puzzle, dan lain sebagainya. Selain itu, kita juga dapat membuat miniatur rumah, mainan mobil-mobilan, robot, kapal, perahu dan masih banyak lagi. Terdengar menarik, bukan? 

Baca juga: Pahami Cara Tepat Belanja yang Eco Friendly

Bagaimana dengan botol bekas? Botol bekas dapat kita manfaatkan untuk membuat pot, hiasan lampu, tempat pensil, boneka, dan lain sebagainya. Jika kita dapat memanfaatkan barang tidak terpakai dengan baik, kita dapat menjualnya sehingga kita akan mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak sulit menemukan botol bekas, mengingat kesadaran masyarakat yang masih rendah untuk mengurangi penggunaan botol minum sekali pakai. Padahal, jika kita beralih ke botol minum yang digunakan berkali-kali, itu artinya kita turut berkontribusi mengurangi jumlah sampah plastik di bumi.

Sekarang, saatnya kita beralih menggunakan produk ramah lingkungan supaya kita bisa membantu mengurangi sampah dan polusi udara di sekitar kita. Eiger Adventure punya berbagai pilihan produk sustainable series seperti kaos, tas, dan masih banyak lagi lainnya. Temukan produk yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan dengan mudah, hanya dengan belanja online di website Eiger Adventure.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru