HomeTips & TrickMountaineeringDeretan Puncak Gunung di Indonesia dengan Pemandangan Menakjubkan

Deretan Puncak Gunung di Indonesia dengan Pemandangan Menakjubkan

Indonesia memiliki banyak pegunungan, mulai dari gunung yang masih aktif, hingga yang sekarang sudah menjadi gunung mati. Tidak hanya itu saja, Indonesia juga mempunyai banyak bukit dengan pemandangan indah yang luar biasa. Keberadaan gunung-gunung di Indonesia ini tentu saja menarik minat para penyuka kegiatan pendakian untuk menikmati pemandangan menakjubkan di puncak gunung. Nah, dari sekian banyak gunung yang ada di Indonesia, berikut ini deretan puncak gunung terbaik yang wajib kamu ketahui.

Puncak Gunung

1. Gunung Agung

puncak gunung
sumber: pixabay

Gunung Agung adalah gunung berapi tipe stratovolcano tertinggi yang ada di pulau Bali dengan ketinggian mencapai 3.031 mdpl. Terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Gunung Agung memiliki keindahan yang sangat mengagumkan. Tidak heran jika Gunung Agung ini menjadi salah satu gunung favorit untuk kegiatan pendakian di Bali. Para pendaki akan takjub dengan pemandangan alam selama mendaki Gunung Agung. Namun penting untuk diperhatikan, bahwa ada himbauan untuk para pendaki agar tidak membawa makanan berbahan sapi karena area gunung ini sangat disucikan.

2. Gunung Batur

Selain Gunung Agung, Bali juga memiliki Gunung Batur yang merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Gunung Batur ini telah berkali-kali meletus, di mana kegiatan letusan Gunung Batur yang tercatat dalam sejarah dimulai sejak tahun 1804 dan letusan terakhir terjadi tahun 2000. Sejak tahun 1804 hingga 2005, setidaknya Gunung Batur telah meletus sebanyak 26 kali. Yang paling dahsyat terjadi tanggal 2 Agustus 1926 dan berakhir 21 September 1926.  

Saat melakukan pendakian, para pendaki bukan hanya dapat menyaksikan indahnya matahari terbit dari puncak gunung saja, tapi juga dapat melihat indahnya pemukiman dan pemandangan alam yang ada di sekitar gunung. Selain itu, para pendaki juga dapat dengan jelas melihat indahnya Danau Batur yang berbentuk bulan sabit, dan Gunung Abang dari atas.

3. Gunung Ijen

puncak gunung
sumber: pixabay

Gunung dengan ketinggian 2.443 mdpl ini adalah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Beberapa kali meletus, letusan terakhir terjadi pada tahun 1999 silam. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncak gunung. Untuk mendaki ke gunung ini, para pendaki bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

Waktu yang terbaik untuk mendaki Gunung Ijen adalah pukul 01.00 – 02.00 WITA untuk melihat fenomena blue fire yang terkenal keindahannya. Selain itu, melihat sunrise di puncak Gunung Ijen juga tidak boleh dilewatkan.

4. Gunung Rinjani

Selain pantai, pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat juga punya primadona lain yang membuat banyak wisatawan jatuh cinta, yaitu Gunung Rinjani. Gunung Rinjani sering disebut sebagai wisata trekking terbaik yang ada di Asia Tenggara. Gunung Rinjani adalah gunung yang komplit, karena punya padang sabana cantik yang ditumbuhi bunga edelweis, serta punya pemandangan sunrise yang menawan. Dari semua keindahan yang ada di Gunung Rinjani, Danau Segara Anak adalah yang paling banyak dicari. Danau yang berada di ketinggian 2.000 mdpl ini adalah permata paling indah di Gunung Rinjani. Keindahan danau ini juga dapat disaksikan dari puncak Rinjani. 

5. Gunung Bromo

puncak gunung
sumber: pixabay

Gunung Bromo adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl dan berada dalam empat wilayah kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Salah satu atraksi yang paling menarik di puncak Gunung Bromo adalah menyaksikan matahari terbit. Gumpalan awan yang menutup langit perlahan-lahan akan tersibak oleh bola putih kekuning-kuningan. Kemudian muncul cahaya merah merona di ufuk timur, dan perlahan-lahan timbulah temberang yang kian membesar hingga membentuk setengah lingkaran sang surya yang merah menyala. Berangsur-angsur, warnanya akan berubah menjadi keemasan.

6. Gunung Kelimutu

puncak gunung
sumber: pixabay

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang artinya gunung, dan kata “mutu” yang artinya mendidih. Memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya, gunung ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu ini memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Saat tiba di Gunung Kelimutu, kamu akan disuguhkan pemandangan tebing dari bebatuan yang curam. Kamu juga akan dikejutkan oleh sosok penunggu tebing, yaitu gerombolan monyet berbulu kecoklatan yang tiba-tiba muncul dari ranting-ranting pohon di bibir tebing. Perjalanan menuju puncak Gunung Kelimutu sangat melelahkan. Selain jalurnya yang cukup curam, udara di perjalanan menuju puncak gunung semakin menipis karena ketinggiannya. Maka, untuk melepas lelah, kamu dapat beristirahat sejenak di Tugu Puncak Kelimutu. 

7. Puncak Jaya

puncak gunung
sumber: www.thousandwonders.net

Puncak Jaya adalah sebuah puncak gunung yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Mempunyai ketinggian 4.884 mdpl, di sekitar Puncak Jaya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global. Puncak ini adalah gunung yang tertinggi di Indonesia kawasan Oceania, lho. Bahkan, Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak tertinggi yang ada di dunia.Setiap pendaki gunung pasti jatuh hati, jika menyaksikan pemandangan terbaik dari puncak gunung yang telah disebutkan di atas.

Ingin bergegas mendaki? Bisa, asalkan perlengkapan pendakian kamu sudah siap. Mulai dari sepatu, tas, tenda, dan lainnya harus kamu pastikan memiliki kualitas terbaik untuk menunjang pendakianmu sampai ke puncak gunung. Eigerian pasti tahu dong, segala perlengkapan pendakian dengan kualitas terbaik bisa didapatkan dari mana? Ya, tentu saja di Eiger Adventure! Kabar baiknya, kamu bisa beli berbagai produk Eiger via online tanpa harus beranjak dari rumah. Cek dulu website resmi Eiger di sini, dan tentukan pilihanmu segera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru