HomeTips & TrickTraveling6 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Pengalaman Berbeda Setiap Saat!

6 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Pengalaman Berbeda Setiap Saat!

Liburan selalu jadi momen menyenangkan yang dinanti banyak orang. Jika kamu ingin mencari sensasi berbeda, kamu bisa mulai menelusuri berbagai desa wisata terbaik di Indonesia yang dikelola dengan optimal, dan menyediakan pengalaman unik ketika berkunjung ke sana.

Seperti namanya, desa wisata menawarkan suasana pedesaan yang jauh dari hingar bingar dan gemerlap kota besar. Lokasi-lokasi yang ada di daftar ini akan cocok sekali kamu jadikan tempat healing, untuk istirahat sejenak dari keramaian kota yang menjadi tempat tinggalmu.

Beberapa rekomendasi desa wisata terbaik di Indonesia adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 3 Proses Membuat Karya Videografi Alam, Lengkap di Sini!

1. Desa Pemuteran, Bali

Desa wisata terbaik di Indonesia
Sumber: lookstudio via freepik.com

Desa Pemuteran yang berada di Bali ini memiliki suasana yang sangat menenangkan, dekat dengan alam, dan dijamin menjadi tempat yang tepat untuk healing. Selain itu, kamu juga bisa menikmati aktivitas diving yang ada di sana dan dikelola oleh masyarakat setempat.

Desa wisata ini sempat masuk ke dalam deretan 10 Destinasi Terbaik di Asia versi Lovely Planet. Jika kamu berkesempatan berkunjung ke sana dan menikmati alam serta keindahan bawah lautnya, tentu predikat tersebut bukan hal yang mengherankan.

Meski demikian Desa Pemuteran awalnya dahulu merupakan desa terpencil yang terbengkalai. Lalu kemudian inisiatif membangun desa mulai muncul, dan membuahkan hasil yang menjadikan desa tersebut tujuan banyak orang untuk dikunjungi.

2. Desa Pentingsari, Yogyakarta

Romantisme Yogyakarta tidak pernah salah, bahkan ketika kamu ingin mencari destinasi desa wisata terbaik di Indonesia. Adalah Desa Pentingsari yang berlokasi di Yogyakarta yang menjadi rekomendasi kedua di artikel ini.

Desa ini pernah mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Bupati Sleman terkait dengan sistem ekonomi kerakyatannya. Telah menjadi percontohan sejak tahun 2008 silam, desa ini menawarkan wisata alam, budaya dan tradisi, seni, serta ragam kearifan lokal yang dapat memberikan value lebih besar untuk pengunjungnya.

Aktivitasnya sendiri akan berkutat pada hal-hal yang bersifat tradisional. Mulai dari membuat wayang suket atau wayang rumput, kemudian belajar menari Jawa, belajar bermain gamelan, menjalin janur, hingga mencicipi berbagai produk olahan lokal dan berjalan-jalan di sungai untuk relaksasi. Bahkan jika kamu ingin mencoba tur jeep di kawasan Gunung Merapi, ada juga penyedia jasa yang siap mengantarkanmu!

3. Desa Tamansari, Banyuwangi

Desa wisata terbaik di Indonesia
Sumber: EyeEm via freepik.com

Masih berada di Pulau Jawa, Desa Tamansari berlokasi di Banyuwangi. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kawah Ijen yang terkenal, dan pernah pula menyabet penghargaan Desa Wisata Award dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi pada kategori pemanfaatan jejaring bisnis.

Pengelolaan desa wisata ini dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes, sehingga memiliki manajemen yang jelas untuk setiap kegiatan bisnis yang ada di sana. Mulai dari pertanian madu, kemudian jasa transportasi wisata, jasa pemandu wisata, hingga beberapa jenis UKM lain ada di desa ini dan terus berkembang.

Daya tarik wisata yang ada di desa ini, selain tentu ketenangan dan kedekatannya dengan alam, adalah keberadaan berbagai kabun yang dikelola masyarakat lokal. Kebun ini menjadi penghasil karet, cengkeh, biji kopi, coklat, hingga adanya peternakan yang menghasilkan susu sapi. Sangat membumi bukan?

4. Desa Arborek, Raja Ampat

Rekomendasi desa wisata terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Desa Arborek yang berada di Distrik Meos Mansar, Raja Ampat. Pesona utama yang ditawarkan dari desa wisata ini adalah keindahan alam seluas lebih dari 7 hektar yang indah dan bersih, sehingga dipastikan memanjakan mata dan jiwa.

Keindahan pantai dan bawah laut yang ada di Desa Arborek sendiri berhasil memikat banyak orang sehingga mereka kembali untuk berkunjung ke sekian kalinya. Tidak heran jika kemudian desa ini masuk dalam nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 lalu.

Menawarkan keindahan yang luar biasa, kamu hanya harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Pelabuhan Sorong. Setelah sampai, kamu akan disajikan pemandangan deretan pohon kelapa di hamparan pasir putih dan terumbu karang yang terasa harmonis, sempurna tanpa perlu tambahan apapun di dalamnya.

5. Desa Waturaka, Ende

Desa wisata terbaik di Indonesia
Sumber: asphotostudio via freepik.com

Setelah Desa Arborek, ada juga Desa Waturaka yang berlokasi di Ende, Nusa Tenggara Timur. Dikonsep dengan baik menggunakan model community based tourism, desa ini melibatkan secara penuh setiap elemen masyarakatnya dalam pengelolaan wisata dan potensi yang dimiliki.

Salah satu potensi yang menonjol adalah pertanian hortikultura dan keindahan alam yang luar biasa memanjakan mata. Namun demikian tidak sedikit yang berpendapat justru daya tarik utama terletak di aktivitas pertanian, mulai dari penyiapan lahan, sistem pengairan, proses penyiapan bibit, hingga penanaman dan panen.

Tidak sedikit yang kembali lagi ke desa wisata ini hanya untuk menikmati setiap tahapan tersebut, dan mencoba mempelajari aktivitas unik yang dilakukan selama periode penanaman, perawatan, hingga masa panen.

6. Desa Ponggok, Klaten

Sebelumnya desa ini tidak menjadi desa yang dikenal masyarakat secara luas. namun beberapa waktu yang lalu Desa Ponggok menjadi sebuah fenomena karena meraih popularitas yang sangat besar dalam waktu singkat, hingga memiliki puluhan ribu wisatawan setiap minggunya.

Menjadi salah satu tujuan utama di Kabupaten Klaten, desa ini menjadi spot menarik untuk belajar menyelam bagi pemula. Kamu bisa menemukan Umbul Ponggok yang berupa mata air alami, dan dikelola menjadi tempat menyelam dan dihiasi banyak sekali ikan air tawar.

Tidak sedikit juga yang menjadikan titik ini sebagai tempat berfoto di bawah air, sebab memiliki air yang jernih dan ikan yang sangat ‘bersahabat’ sehingga membantu menjadikan foto yang diperoleh lebih menarik.

Baca Juga:  15 Tempat Wisata Tersembunyi di Indonesia, Cocok untuk Liburan

Selain beberapa desa di atas tentu masih ada Desa Penglipuran yang ada di Bali yang terkenal dengan kebersihan dan ketertiban masyarakatnya, kemudian Desa Nglanggeran di Yogyakarta, dan masih banyak lagi desa-desa lainnya. Kamu bisa menemukan rekomendasinya dengan mudah di berbagai artikel terkait, sehingga informasi yang kamu dapatkan juga semakin lengkap.

Menjelajah desa wisata terbaik di Indonesia jelas perlu dukungan dari gear solid dan berkualitas, seperti yang disediakan EIGER Adventure pada laman penjualan produknya. Mulai dari sandal, tas, jaket, topi, botol minum, dan berbagai perlengkapan lain bisa diperoleh langsung dengan pemesanan online. Kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru