HomeTips & TrickIde Kegiatan Seru di Destinasi Wisata Pujon Kidul, Malang

Ide Kegiatan Seru di Destinasi Wisata Pujon Kidul, Malang

Sudah pernah berkunjung ke Malang? Kalau belum pernah, tidak ada salahnya untuk merencanakan perjalanan ke salah satu kota terbesar di Jawa Timur ini, lho! Malang punya banyak sekali destinasi wisata menarik yang sayang sekali untuk dilewatkan. Nah, salah satu tempat di Malang yang asyik untuk dijelajahi adalah destinasi wisata Pujon Kidul yang terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menjelajah desa? Tenang, bukan sekadar bermain ke desa kok, tapi ada banyak aktivitas seru bahkan spot foto instagramable yang bisa kita temui saat singgah di destinasi wisata Pujon Kidul. Jika dituju dari Malang, Desa Pujon Kidul berada di sisi sebelah barat setelah melewati Kota Batu.

Jaraknya sekitar 30 km dari pusat Kota Malang, atau dapat ditempuh selama 1,5 jam menggunakan kendaraan. Udara di Pujon Kidul sangat sejuk karena posisinya yang berada di dataran tinggi. Semakin penasaran apa saja destinasi yang ada di Pujon Kidul ini, kan? Mari kita simak ulasannya selengkapnya berikut ini. 

Menyaksikan Sunrise di Bukit Nirwana

destinasi wisata pujon kidul
Sumber: Freepik (Gambar hanya ilustrasi)

Menjelajah destinasi wisata Pujon Kidul bisa dimulai dengan menyaksikan matahari terbit dari ketinggian Bukit Nirwana. Semburat jingga yang perlahan menyeruak ke permukaan, lengkap dengan suasana sejuknya ini bisa kita nikmati saat menyaksikan sunrise di Bukit Nirwana yang berada di dekat Desa Wisata Pujon Kidul. Jaraknya kurang lebih 2,6 km dan bisa ditempuh dengan berkendara selama 7 menit saja. 

Mampir ke Kampung Budaya

Tempat ini adalah sebuah pemukiman warga lokal yang disulap menjadi destinasi wisata dengan kegiatan menarik. Di antaranya adalah membuat aneka olahan susu di Pawon Ndeso, belajar membuat batik tulis, topeng, bermain gamelan, dan belajar tarian tradisional di Rumah Belajar. Batik tulis yang dibuat di Rumah Belajar ini juga menjadi salah satu alternatif oleh oleh yang patut dibawa pulang. Jenis  motif yang paling populer adalah motif capung, dan bambu.

Bermain di Fantasy Land 4D dan The Roudh 78

Fantasy Land 4D siap memanjakan mata kita dengan hamparan taman indah, lengkap dengan patung dari tokoh animasi yang menggemaskan. Tentunya, ada banyak spot foto instagramable yang akan membuat momen liburan semakin seru dan berkesan! Tidak hanya itu saja, ada juga fasilitas tempat menonton film empat dimensi seperti di sebuah bioskop mini. Sangat menarik, kan?

Selain Fantasy Land 4D, The Roudh 78 juga wajib masuk daftar kunjungan. Destinasi wisata Pujon Kidul yang satu ini menawarkan kegiatan seru seperti paintball, permainan berjalan di atas air dari dalam bola raksasa (water roller), ATV, hingga menguji adrenalin dengan mencoba petualangan dengan motor trail. Menariknya lagi, The Roudh 78 juga menyediakan wahana kolam renang dan fasilitas berkeliling naik kuda. Jadi, semua wisata di sini sangat cocok untuk berbagai usia. 

Hiking di Pujon Kidul Menuju Kawasan Coban

destinasi wisata pujon kidul
(Gambar hanya ilustrasi)

Kalau ingin kegiatan fisik yang lebih menantang dan menguras tenaga, kita bisa coba hiking menuju kawasan Coban di sekitar Pujon. Jalanan menuju Coban lumayan berbukit, biasanya disarankan untuk membawa guide dari warga Pujon. Salah satu tujuan Coban yang paling banyak diminati adalah Coban Sumber Pitu, yang aliran air terjunnya seperti muncul di 7 tempat yang berbeda. Untuk masuk ke area Coban ini kita akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Kemudian, petualangan bisa dilanjutkan ke Coban Manan yang masih asri dan jarang dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya yang cukup ke dalam. Sebenarnya tidak terlalu jauh dari area Coban Sumber Pitu, hanya saja medan yang dilalui cukup berat dan berbahaya jika belum terbiasa hiking. Tergerak untuk mencobanya? 

Baca juga: Spot Wisata Bromo Ini Asyik Dikunjungi Rame-rame

Untuk Urusan Perut, Singgah ke Cafe Sawah Saja! 

Setelah puas berkeliling dan menjelajahi destinasi wisata Pujon Kidul, waktunya untuk mengisi kembali energi yang terkuras. Tidak perlu bingung mencari rekomendasi tempat kuliner di Pujon Kidul, langsung saja datang ke Cafe Sawah. Di Cafe Sawah, kita akan dimanjakan dengan suasana asri dengan latar pemandangan sawah hijau dan pilihan gazebo atau saung sebagai tempat makannya. Penyajian makanan dengan sistem prasmanan serta banyaknya ragam spot foto instagramable, membuat tempat kuliner di Pujon Kidul yang satu ini selalu ramai pengunjung.

Baca juga: Itinerary Bisa Bikin Liburan Lebih Asyik dan Anti Ribet Rekomendasi destinasi wisata Pujon Kidul sudah, tempat kuliner juga sudah. Berarti, tinggal tentukan hari keberangkatan, dan menyiapkan perlengkapan yang diperlukan. Supaya lebih praktis dan tidak ada barang bawaan yang tertinggal, kemas jadi satu dalam Eiger Tourer Wander Backpack kapasitas 22L.

Backpack yang satu ini dibuat menggunakan bahan water repellent yang mampu melindungi barang bawaan kita dari cipratan air atau hujan dengan intensitas ringan. Sangat cocok, untuk teman perjalanan menjelajahi destinasi wisata Pujon Kidul. Kalau tidak cukup satu, dan ingin cari koleksi terbaru Eiger lainnya, bisa cek di website Eiger Adventure sekarang juga. Amankan isi dompet, supaya tidak kalap belanja karena ada banyak potongan harga!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru