HomeTips & TrickLifestyle6 Efek Kurang Tidur yang Buruk untuk Tubuh, Simak di Sini!

6 Efek Kurang Tidur yang Buruk untuk Tubuh, Simak di Sini!

Kultur hustle yang populer saat ini tidak jarang membuat masyarakat secara umum mengesampingkan waktu tidurnya. Padahal, efek kurang tidur sangat signifikan, dan buruk untuk kesehatan. Maka dari itu, kamu wajib paham benar apa saja efek buruk yang ditimbulkan dari hal ini.

Terdengar sepele memang, karena mungkin kurang tidur sudah jadi satu hal yang biasa di kalangan masyarakat modern. Tuntutan pekerjaan, pergaulan, dan hiburan untuk menjaga kewarasan selalu harus dipenuhi, namun justru mengorbankan waktu istirahat yang diperlukan tubuh.

Nah untuk memahami apa saja efek kurang tidur untuk tubuh secara umum, kamu bisa lihat penjelasan singkatnya di poin-poin berikut ini.

Baca Juga : 6 Cara Mengisi Waktu Luang dengan Kegiatan Positif Bersama Anak-Anak

1. Konsentrasi yang Menurun Drastis

efek kurang tidur
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Salah satu efek paling nyata dari kurang tidur adalah menurunnya derajat konsentrasi yang kamu miliki. Terlebih untuk kamu yang memiliki kegiatan aktif seperti belajar atau bekerja, hal ini sangat terasa di siang hari saat kamu beraktivitas.

Jika kurang tidur berjalan terus menerus, maka kemampuan kognitif yang dimiliki bisa terus menurun. Mulai dari kewaspadaan, kemampuan berpikir logis, serta kemampuan memecahkan masalah, semua akan menurun dan pada akhirnya mengurangi performa kamu dalam belajar atau bekerja.

Hal yang sangat tidak diinginkan bukan?

2. Peningkatan Berat Badan Tidak Terkontrol

Kurangnya waktu tidur akan berpengaruh pada metabolisme tubuh yang kacau. Akibatnya, rasa lapar akan datang tidak beraturan dan ‘menuntut’ penyelesaian yang cepat. Hal ini yang memicu konsumsi makanan kurang sehat setiap hari, dan dapat meningkatkan berat badan.

Di saat yang sama, tubuh juga akan kesulitan mengolah makanan yang masuk sebab jam biologis tubuh akan berubah dan menjadi tidak beraturan. Kombinasi keduanya, ditambah dengan kurangnya aktivitas fisik, jadi resep sempurna peningkatan berat badan tidak terkontrol.

Meski mungkin tak serta merta berdampak pada peningkatan berat badan, namun hal ini dapat dipastikan akan menyulitkan upaya pengendalian berat badan yang kamu inginkan.

3. Daya Tahan Tubuh yang Rendah

efek kurang tidur
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Salah satu syarat daya tahan tubuh dan sistem imun bekerja optimal adalah tidur yang cukup. Waktu tidur dapat digunakan untuk tubuh mengolah nutrisi yang masuk, dan membangun sistem daya tahan tubuh yang kuat. Tentu saja, efek kurang tidur akan berdampak langsung pada hal ini.

Ketika kamu mengalami kurang tidur terus menerus dalam waktu yang cukup lama, maka daya tahan tubuh yang kamu miliki akan berkurang. Akibatnya jelas, kamu mudah terserang penyakit atau virus, yang membuat tubuh menjadi kurang sehat.

Pada taraf ekstrem, penyakit seperti diabetes melitus dan penyakit jantung bisa menyerang kapan saja.

4. Risiko Kesehatan Mental

Tidak hanya secara fisik, kamu juga akan memiliki risiko lebih besar pada gangguan kesehatan mental1 saat waktu tidur ideal tidak tercukupi. Perubahan suasana hati ekstrim sering terjadi, dan tingkat kesabaran akan turun.

Keadaan emosional yang tidak stabil ini akan membuat kamu berisiko besar mengalami gangguan kesehatan mental, seperti perilaku impulsif, kecemasan berlebih, depresi, paranoia, hingga bahkan keinginan untuk melukai diri sendiri. 

Isu kesehatan mental belakangan ini memang sangat  sering diperbincangkan. Maka dari itu, cukupi waktu tidur ideal, dan kurangi risiko kesehatan mental karena kurang tidur.

5. Terasa Lemas dan Kurang Bertenaga

efek kurang tidur
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Efek kurang tidur selanjutnya adalah penurunan tenaga dan rasa lemas yang melanda sepanjang hari. Mungkin sebagian besar dari kamu memahami hal ini, karena sudah mengalaminya langsung. Keinginan bergerak aktif menurun, apalagi melakukan olahraga.

Pada dasarnya tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup untuk mengisi kembali tenaga yang digunakan dalam aktivitas seharian. Ditambah lagi, tubuh juga melakukan berbagai perbaikan pada sel tubuh yang rusak, sehingga ketika bangun kamu bisa merasa segar dan bertenaga.

Jelas ini akan berdampak sangat buruk dalam waktu panjang, sebab tubuh juga memerlukan gerakan aktif dari olahraga untuk tetap sehat dan berstamina.

6. Efek Kurang Tidur pada Kulit Wajah

Efek paling jelas dari kurang tidur, dan paling cepat terjadi, adalah pada bagian kulit wajah. Ketika kamu mengalami kurang tidur yang berkepanjangan, maka kulit wajah akan kehilangan elastisitas dan kekenyalannya, serta memunculkan kerutan, kantong mata, dan tidak segar.

Efek kurang tidur akan meningkatkan kadar hormon kortisol pada tubuh, sehingga dapat memicu efek buruk bagi kulit wajah kamu. Mulai dari jerawat, peradangan, wajah berminyak, dan sebagainya, bisa dengan mudah muncul meski kamu menggunakan produk perawatan.

Baca Juga : Yuk, Kenali Fitur Kesehatan Digital untuk Menyeimbangkan Hidup

Itu tadi beberapa efek kurang tidur yang bisa dirasakan pada tubuh kamu, saat waktu istirahat ideal tidak didapatkan. Tentu saja, hal ini bisa dikurangi dengan mengembalikan pola tidur yang ideal setiap hari, sehingga jam biologis tubuh bisa normal.

Menerapkan pola hidup sehat harus jadi prioritas siapa saja yang ada di dunia saat ini. Dengan olahraga rutin, asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang setiap hari, dan menjaga kewarasan mental setiap saat, akan jadi hal terbaik yang bisa dilakukan.Untuk mengatasi efek kurang tidur dengan aktivitas sehat dan opsi outfit olahraga terbaik,, kamu belanja online di website Eiger Adventure official sebagai partner dalam berkegiatan di alam dalam rangka proses healing. Terapkan pola hidup sehat sekarang juga, dan dijamin #PastiMakinAsyik berkegiatan bersama Eiger Adventure!

1)https://www.sehatq.com/artikel/akibat-kurang-tidur

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments