HomeNews & InfoEIGER EventEIGER di Indofest Gelar Talkshow Indonesia dan Panjat Dinding Menuju Olimpiade Paris...

EIGER di Indofest Gelar Talkshow Indonesia dan Panjat Dinding Menuju Olimpiade Paris 2024

Eigerian, siapa yang kemarin belanja perlengkapan EIGER di Indofest buat panjat dinding?

Bicara tentang panjat dinding, kemarin EIGER menggelar talkshow tentang Panjat Dinding Menuju Olimpiade Paris 2024.

Talkshow ini dilakukan bersama Galih Donikara dan DR. Muhammad Rizali Umarella, MSi, loh.

Apa Kaitannya EIGER dan Panjat Tebing?

Berangkat dari sejarah panjat tebing di Indonesia, sebenarnya sejarah panjat tebing memiliki perjalanan yang cukup panjang.

Tepatnya pada tahun 1960-an, sejarah panjat tebing di Indonesia sudah mulai bergemuruh.

Bersama Federasi Pusat Panjat Tebing Indonesia (FPTI), olahraga panjat tebing Indonesia, EIGER memiliki hubungan erat dan berkesinambungan.

Upaya ini dilakukan mengembangkan dan memajukan olahraga panjat tebing di Indonesia. 

Dukungan EIGER yang konsisten melalui berbagai program dan inisiatif, seperti EIGER Climbing Center (ECC) dan EIGER Independence Sport Climbing Competition (EISCC), telah menciptakan fondasi kuat bagi pembinaan dan pengembangan atlet-atlet muda berbakat.

Sejak didirikan pada tahun 1989, EIGER telah berkomitmen untuk mendukung kegiatan luar ruang, khususnya panjat tebing. 

ECC pertama kali didirikan di Bandung yang memiliki papan panjat pertama di Indonesia, yang hingga saat ini menjadi ciri khas EIGER Flagship Stores. Kini ECC memiliki cabang di Bali, Surabaya, dan Makassar. 

Berfungsi sebagai pusat pembinaan bagi atlet-atlet muda panjat tebing. Program ini menghasilkan talenta-talenta unggul yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga: Promo EIGER di Indofest 2024, Diskon Up To 50%!

Kapan EIGER Pertama Kali Berkontribusi dalam Ajang Kompetisi Panjat Tebing?

Namanya EIGER Independence Sport Climbing Competition (EISCC), kompetisi panjat tebing yang mendapat dukungan penuh dari EIGER dan diadakan pertama kali pada tahun 2001.

Selain menjadi tempat bagi para atlet untuk mengasah keterampilan mereka, EISCC juga sebagai platform bagi EIGER untuk mengapresiasi dan mendukung para pemenang. 

Pemenang EISCC tahun 2001, seperti Ronald N Mamarimbing, Hj. Wilda, dan Yuyun Yuniar, kini berperan sebagai pelatih ECC, menunjukkan kesinambungan dan komitmen EIGER dalam mengembangkan bakat-bakat muda.

Peran EIGER dalam dunia panjat tebing Indonesia juga tidak lepas dari dukungan Federasi Pusat Panjat Tebing Indonesia (FPTI). 

Tokoh-tokoh seperti Mamay S Salim dan DR. Muhammad Rizali Umarella berkontribusi dalam pembinaan dan prestasi atlet melalui FPTI. 

Dengan dukungan EIGER, Tim Nasional Panjat Tebing Indonesia berhasil mencatat prestasi gemilang di berbagai kejuaraan dunia.

Keberhasilan 4 atlet Indonesia yang lolos seleksi di Cina dan Budapest untuk berkompetisi di Olimpiade Paris 2024 merupakan puncak dari upaya keras dan dukungan berkelanjutan ini. 

Partisipasi mereka di Olimpiade menandai pencapaian besar bagi panjat tebing Indonesia dan menunjukkan bahwa dukungan dari EIGER, FPTI, dan berbagai pihak lainnya telah membuahkan hasil yang luar biasa.

Selain itu, EIGER akan menyelenggarakan EISCC 2024 dengan skala internasional yang lebih besar, mengundang 14 atlet dari 7 negara Asia, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Cina, Korea Selatan, Jepang, dan Thailand. EISCC International 2024 ini akan menjadi ajang kompetisi yang lebih bergengsi dan menegaskan komitmen EIGER dalam mendukung dan memajukan olahraga panjat tebing di tingkat global.

Dengan demikian, kolaborasi erat antara FPTI, olahraga panjat tebing Indonesia, dan EIGER membuktikan bahwa dukungan yang berkelanjutan dan komitmen yang kuat dapat membawa olahraga ini menuju puncak prestasi internasional, termasuk di ajang Olimpiade Paris 2024 dan EISCC International 2024.

Filosofi Panjat Tebing Menurut Kang Galih

Bicara tentang panjat tebing, menurut Kang Galih kegiatan outdoor ini memiliki filosofi yang menarik. Katanya: semua manusia ketika lahir mereka memanjat tapi datar tapi ke atas.

Bagaimana EISCC Tahun Depan? 

Berdasarkan penjelasan DR. Muhammad Rizali Umarella atau yang lebih sering disapa dengan Kang Ical, katanya tahun depan kata Independent pada EISCC bukan Independen lagi tapi jadi Internasional.

Jadi, nyambung ke strategi EIGER untuk memajukan dunia ini makannya ada EISCC. 

Nah, untuk yang ikut serta merayakan kompetisi ini, EISCC sistemnya open competition semua orang bisa daftar, ada 14 atlet dari 7 negara. Dari beberapa ini akan tanding di olimpiadi Paris. EISCC ingin riding the wave dari Olimpiade Paris. Nantinya, buat merayakan ultah Indonesia.

Terdapat 14 atlet tahun ini hanya meramaikan aja. Tahun depan, rencananya bakalan sebagai peserta.

Beli Perlengkapan Outdoor EIGER!

EIGER Adventure menyediakan berbagai perlengkapan outdoor, mulai dari untuk hiking, trekking, hingga panjat tebing.

Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena EIGER original dan berkualitas. 

Kamu bisa membeli produk EIGER melalui aplikasi atau di website EIGER karena gratis ongkir! Ayo, tunggu apalagi, Eigerian?

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru