HomeTips & TrickGreen & HealthyIni 5 Aroma Essential Oils yang Bisa Membantu Tidur Berkualitas

Ini 5 Aroma Essential Oils yang Bisa Membantu Tidur Berkualitas

Tentu bahasan mengenai essential oils tak lagi asing di telinga kamu bukan? Beragam manfaat diklaim dapat diberikan, sehingga kualitas hidup bisa meningkat. Bahkan, manfaat mendasar seperti meningkatkan kualitas tidur bisa didapatkan, bukankah ini menarik untuk ditelisik lebih jauh?

Tidur atau istirahat malam merupakan basic dari semua aktivitas yang akan dijalankan. Semakin berkualitas tidur seseorang, maka semakin ideal pula hari yang akan dijalaninya. Tentu, masalah sulit tidur selalu mengintai. Tapi dengan menggunakan essential oils ini, beberapa keluhan tersebut bisa diminimalisir dan membuat tidur lebih berkualitas.

Dari sekian banyak jenis aroma yang berasal di minyak tumbuh-tumbuhan ini, ada beberapa yang terkenal dan populer untuk membantu proses tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Kamu bisa lihat selengkapnya dalam daftar singkat berikut ini. Check this out!

Baca Juga : 5 Jenis Olahraga untuk Diet yang Efektif dan Wajib Dicoba!

1. Lavender, Paling Populer dan Terkenal

essential oils
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Essential oils dengan aroma lavender ini jadi salah satu minyak aroma terapi paling terkenal dalam hal membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi keluhan sulit tidur. Minyak bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko yang menjual aroma terapi, dan bukan barang yang langka.

Pada beberapa penelitian bahkan aroma lavender ini dicoba pada ibu hamil yang baru melahirkan, yang seperti kita pahami bersama, sering mengalami gangguan tidur. Hasilnya, ibu-ibu yang baru melahirkan ini memberikan respon positif, bahwa mereka bisa terlelap lebih cepat dan berkualitas.

Mungkin bahkan aroma lavender, jauh sebelum era essential oils ini datang, sudah dikenal lama dapat membantu kualitas tidur. Kini dengan bentuk yang lebih mudah digunakan, kamu bisa mendapatkan manfaatnya lebih mudah pula.

2. Aroma Valerian Juga Bisa Jadi Opsi Menarik

Jika kamu menelisik nama valerian, nama ini akan banyak muncul pada produk yang memiliki efek penenang. Akar valerian sejak lama digunakan sebagai salah satu bahan penyusun suplemen tidur serta teh herbal, yang diklaim dapat membantu menenangkan seseorang dan meningkatkan kualitas tidur.

Aroma yang diberikan minyak aroma terapi jenis valerian ini dapat membuat saraf menjadi lebih tenang. Dengan demikian keluhan sulit tidur bisa dikurangi secara perlahan dan bertahap, sehingga kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Lebih jauh, essential oils ini juga dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebelum tidur malam atau saat istirahat siang guna menenangkan diri. Jadi, kamu juga bisa memasukkan aroma valerian ke dalam opsi untuk minyak yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

3. Ketiga, Ada Aroma Bergamot

essential oils
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Aroma utama yang tercium saat kamu menggunakan minyak ini adalah aroma segar citrus. Bahan utama pembuatnya sendiri adalah buah yang sangat mirip dengan jeruk, yang disebut dengan citrus bergamia.

Bangun tidur yang segar bisa didapatkan ketika kamu menggunakan essential oils ini secara reguler sebelum kamu tidur malam. Efeknya cukup banyak dan signifikan, membuat minyak aroma terapi bergamot juga populer di pasaran.

Efek utama yang diberikan adalah dapat memperlambat detak jantung dan memberikan efek rileks, menurunkan tekanan darah, serta mengurangi rasa cemas dan gelisah ketika akan tidur. Tentu, tidur berkualitas bisa didapatkan setelah penggunaan minyak ini.

4. Kombinasi Minyak Mawar dan Geranium

Selain bisa digunakan satu per satu sesuai dengan jenisnya, essential oils juga bisa dikombinasikan untuk memberikan efek yang berbeda. Misalnya saja seperti aroma mawar dan geranium yang digunakan bersama, bisa memberikan efek penenang yang efektif.

Aroma yang diberikan cenderung unik, dan memiliki sensasi segar tapi menenangkan. Aromanya bisa membuat kadar stres yang kamu rasakan berkurang, dan jauh dari rasa cemas yang menyerang tiba-tiba.

Penggunaannya sangat fleksibel, ketika kamu akan beristirahat malam atau di siang hari. Pada malam hari, kualitas tidur akan meningkat secara signifikan sehingga kamu bisa bangun dengan segar keesokan harinya.

5. Aroma Cedarwood, Essential Oils dengan Sensasi Manis

essential oils
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Jika keempat aroma sebelumnya memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing, essential oils cedarwood dapat memberikan sensasi yang tak kalah unik. Kamu akan menghirup aroma yang manis, dan akan memberikan efek rileks.

Efek sedatif yang dimiliki dari minyak cedarwood membantu kamu lebih cepat tidur, dan meningkatkan kualitas tidur. Aroma ini cocok ketika kamu ingin beristirahat secara maksimal dan mendapatkan jam tidurmu kembali karena dapat membantu mendapatkan tidur yang lebih lama.

Baca Juga : 7 Wisata Kota Tua yang Wajib Masuk Itinerary 

Well, beberapa essential oils di atas bisa jadi opsi menarik untuk kamu yang sedang mencari minyak aroma terapi untuk membantu terlelap dan meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Tentu saja, kamu bisa mendapatkan kombinasi terbaik dari tips dan resep yang dibuat banyak orang.

Menggunakan essential oils menjadi tren yang berkembang di masyarakat. Hal ini juga wajib diimbangi dengan pola hidup sehat, sehingga kualitas hidup juga terus meningkat. Untuk kegiatan luar ruang, kamu bisa mengandalkan produk dari Eiger Adventure sebagai partner peralatan terbaik. Berkualitas, tahan lama, dan modis, produk Eiger siap menemani hidup sehat yang kamu idamkan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments