HomeTips & TrickTravelingMenikmati Family Time dengan Kegiatan Seru, Ini 8 Manfaatnya!

Menikmati Family Time dengan Kegiatan Seru, Ini 8 Manfaatnya!

Memiliki keluarga adalah anugerah terindah yang bisa dirasakan seorang manusia sebagai makhluk sosial. Lingkaran terkecil yang dipenuhi kasih dan cinta, menjadi tempat paling nyaman untuk pulang. Tentu saja, kamu juga wajib menyediakan family time rutin, agar kehangatan tetap terjaga dan bertahan hingga akhir nanti.

Tapi apa itu family time? Apa pula manfaatnya untuk setiap anggota keluarga? Terakhir, bagaimana cara seru melakukan family time ini?

Semua pertanyaan tersebut, bisa kamu temukan jawabannya di penjelasan berikut ini.

Memahami Apa Itu Family Time

family time
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Family time secara sederhana dapat diartikan sebagai waktu bersama keluarga untuk meningkatkan ikatan batin dan memahami satu sama lain. Isu ini muncul karena tidak sedikit orang tua yang terlalu sibuk bekerja namun justru mengesampingkan waktu bersama anak-anak dan orang tersayangnya di rumah.

Meski secara langsung apa yang dikerjakan para orang tua ini juga untuk kebaikan anak-anaknya, namun meluangkan waktu secara rutin untuk beraktivitas bersama akan membantu pertumbuhan psikis dan mental anak-anak secara khusus, dan kedekatan keluarga secara umum.

Ini mengapa, kemudian waktu bersama keluarga yang berkualitas sangat dianjurkan. Bisa dengan melakukan berbagai kegiatan seru, sekedar bersantai di ruang keluarga, atau yang lainnya.

Baca Juga : Memahami Arti Hiking dan Trekking, serta Perbedaannya

8 Manfaat Family Time untuk Keluarga, Anak-Anak, dan Pasangan

family time
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi

Memaksimalkan family time saat bersama dengan keluarga nyata-nyata dapat memberikan berbagai manfaat baik. Untuk diri sendiri, untuk pasangan, atau anak-anak yang ada di rumah. Jadi apapun posisi kamu di rumah, waktu berkualitas ini akan sangat bermanfaat.

Secara singkat, kira-kira berikut 8 manfaat family time yang rutin dilakukan.

  1. Mempererat ikatan keluarga, berkegiatan bersama secara langsung akan membuat interaksi menjadi intens, dan akan terbangun ikatan antar anggota keluarga yang semakin kuat .
  2. Makin memahami satu sama lain, semakin banyak interaksi yang terjadi, komunikasi dari hati ke hati, maka semakin baik pula pemahaman anggota keluarga satu dengan yang lainnya.
  3. Membantu anak tumbuh, tidak hanya secara fisik, tumbuh kembang anak juga masif terjadi pada sisi psikis. Dengan keberadaan kamu di samping mereka, atau orang tua di samping anak-anaknya, maka pertumbuhan anak bisa diarahkan ke titik positif.
  4. Kepercayaan diri, interaksi yang terjalin idealnya akan saling menguatkan dan mengapresiasi. Ini bisa membantu melatih percaya diri, sehingga setiap anggota keluarga bisa lebih kuat saat harus berkegiatan di dunia luar.
  5. Kemampuan akademik anak-anak, secara tidak langsung menghabiskan family time juga mampu meningkatkan kemampuan akademik anak-anak. Berada dalam lingkungan nyaman membuat mereka lebih mudah menyerap apa saja yang dipelajari, sehingga menunjukkan performa optimal di sekolah.
  6. Kesehatan mental, tidak hanya anak-anak saja, tapi orang tua juga akan merasakan hal ini. Interaksi yang hangat dengan orang yang disayang bisa membantu menjaga kesehatan mental dan stabilitasnya.
  7. Menyediakan ruang yang nyaman, untuk menjadi diri sendiri dan untuk mengungkapkan apa yang dirasakan, keluarga idealnya menyediakan ruang tersebut. Tidak selalu dalam bentuk bangunan fisik, namun juga dalam bentuk hubungan yang sehat dan terbuka.
  8. Sarana mengajarkan nilai kebaikan, interaksi yang terjalin memungkinkan orang tua mentransfer nilai-nilai kebaikan pada anak-anaknya, sehingga anak memiliki dasar pengembangan karakter yang nilainya juga positif.

Ini Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Bersama untuk Family Time

family time
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Liburan

Jelas, liburan akan jadi family time sangat menyenangkan karena bisa dinikmati bersama-sama. Terlebih dengan mulai melonggarnya pembatasan pemerintah akan berbagai aturan pasca pandemi, kini kamu bisa menghabiskan waktu untuk ‘healing’ bersama-sama dengan keluarga.

Pastikan kamu membawa barang-barang yang diperlukan dengan lengkap, agar tidak repot saat di lokasi liburan nanti. Untuk hal ini, Eiger Reckon 25 1.0 Laptop Backpack bisa jadi opsi karena ukurannya yang cukup besar.

Membereskan Rumah Bersama

Family time juga bisa dikemas dalam aktivitas membereskan rumah bersama. Selain bisa meningkatkan hubungan antara anggota keluarga, cara ini juga bisa memberikan kamu beberapa tangan tambahan untuk membersihkan dan mengembalikan kondisi rumah menjadi segar.

Sederhana saja, kamu bisa membagi-bagi tugas untuk setiap anggota keluarga, dan disesuaikan dengan kemampuannya. Aktivitas bersama ini akan banyak bermanfaat, karena menggerakkan fisik secara intens, interaksi yang terjalin, serta mengajarkan tanggung jawab pada anak-anak.

Olahraga Bersama

Sekedar jogging atau bersepeda bersama-sama juga bisa membantu kamu mendapatkan waktu berkualitas bersama keluarga. Tentu, tempo olahraga yang dilakukan juga harus mengikuti kemampuan anak-anak, karena tujuan utamanya menghabiskan waktu bersama mereka.

Di sini kamu akan memiliki ruang untuk mengajarkan aktivitas fisik yang sehat dan menyenangkan pada anak-anak, sekaligus mengajak mereka bergerak aktif.

Bersentuhan dengan Alam

Pernah terpikir untuk menghabiskan waktu bersama dengan camping atau mendaki gunung? Cara ini bisa dilakukan, dan sangat menyenangkan untuk anak-anak dan seluruh anggota keluarga. Tidak hanya kamu bisa mengenalkan alam pada semua anggota keluarga, hal ini juga akan menanamkan kecintaan pada alam sekitar.

Memang persiapan yang dilakukan harus benar-benar matang, dan pemilihan lokasinya harus tepat. Namun setelah itu semua terlewati, kamu bisa menikmati waktu berkualitas bersama keluarga dengan maksimal. Pastikan juga kamu menggunakan alas kaki yang berkualitas, seperti misalnya Eiger Prowess 2.0 Sandals untuk beraktivitas agar tidak terpeleset saat menjelajah.

Baca Juga : Macam-macam Peralatan Mendaki yang Wajib Dibawa Saat Naik Gunung 

Itu tadi sederet manfaat dan aktivitas yang bisa dilakukan untuk family time bersama orang terdekat. Tentu, semua kegiatan ini bisa dimaksimalkan dengan dukungan penuh dari Eiger Adventure official, sehingga aktivitas yang kamu lakukan bisa berjalan lancar dan maksimal. Kunjungi laman produknya sekarang juga, dan dapatkan berbagai produk terbaik untuk digunakan seluruh anggota keluarga. #PastiMakinAsyik bisa kamu telusuri di eigeradventure.com banyak pilihan menikmati pilihan outfit bersama keluarga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments