HomeTips & TrickLifestyleYuk, Kenali Fitur Kesehatan Digital untuk Menyeimbangkan Hidup

Yuk, Kenali Fitur Kesehatan Digital untuk Menyeimbangkan Hidup

Di era sekarang ini, berbagai alat digital digunakan untuk menyederhanakan dan mempercepat tugas. Dengan atau tanpa disadari, teknologi memberikan lebih banyak ruang untuk fokus pada hal-hal yang paling penting. Tapi perlu dipastikan bahwa teknologi harus bermanfaat dan berguna dalam kehidupan. Dengan kata lain, teknologi yang baik adalah teknologi yang meningkatkan kehidupan, bukan mengalihkannya. Salah satunya adalah fitur kesehatan digital. 

Demi mendukung upaya kesehatan digital, Google membagikan beberapa alat dan fitur penyeimbang di seluruh produknya. Paling tidak, dengan adanya fitur-fitur tersebut dapat membantu kita dalam menemukan keseimbangan yang lebih baik dengan teknologi dan mencapai kesejahteraan digital. Langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan digital secara keseluruhan yaitu dengan memahami lebih detail penggunaan teknologi.

Berbagai Fitur Kesehatan Digital

kesehatan digital

Di Android misalnya, ada fitur atau alat kesehatan digital yang bisa memberi gambaran seberapa sering kita memeriksa ponsel dan menggunakan aplikasi digital. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Timer Aplikasi di Android

Fitur yang satu ini memungkinkan kita untuk menetapkan batas waktu penggunaan suatu aplikasi. Setelah kita mencapai batas, maka aplikasi dan situs tersebut akan berhenti sementara dan notifikasi menjadi senyap. Jadi, kita hanya akan menghabiskan waktu yang diinginkan, tepat di waktu yang kita inginkan.

2. Mode Waktu Tidur di Android

Kemudian, kita juga dapat lebih tenang di malam hari dengan fitur seperti mode Waktu Tidur. Jadwalkan waktu tidur kita, sehingga secara otomatis mengubah layar kita menjadi grayscale dan membisukan notifikasi dengan fitur Do Not Disturb. Dengan begitu, maka tidak akan ada gangguan yang bisa membuat kita terjaga.

3. Profil Waktu Tonton di YouTube

Profil waktu nonton memungkinkan kita untuk  memeriksa rata-rata waktu tonton harian. Ini juga menunjukkan berapa lama kita telah menonton video di YouTube dalam satu hari, kemarin, dan selama 7 hari terakhir. Namun sayangnya, fitur ini hanya tersedia di perangkat seluler saja.

4. Mode Fokus

Mode fokus memungkinkan kita untuk memilih aplikasi untuk dijeda sementara. Jika kita ingin mematikan aplikasi yang mengganggu untuk menyelesaikan sesuatu, maka kita dapat mengaktifkan mode ini. Bahkan kita pun dapat mengatur jadwal untuk mengaktifkan mode Fokus secara otomatis.

5. Mode Do Not Disturb 

Mode yang satu ini dapat membisukan suara, menghentikan getaran, dan memblokir gangguan visual. Kita dapat memilih apa yang akan diblokir dan apa yang diizinkan.

6. Pengingat Istirahat di YouTube

Setelah tahu berapa banyak waktu yang dihabiskan di aplikasi, mungkin kita ingin memberi batasan? Jika menonton YouTube menjadi aktivitas yang menyenangkan hingga bisa kita membuat lupa waktu, ternyata ada fitur pengingat istirahat di YouTube yang bisa digunakan lho. Kita bisa mengatur berapa lama waktu untuk menonton, dan setelah mencapai batas tersebut, pengingat akan muncul di layar ponsel.

7. Notifikasi: Ringkasan Terjadwal

Secara default, semua suara dan getaran dari aplikasi YouTube akan dinonaktifkan antara pukul 10 malam dan 8 pagi. Namun kita dapat menyesuaikan waktu mulai dan berakhir untuk memastikan bahwa notifikasi dari aplikasi YouTube dikirim secara diam-diam ke ponsel kita selama waktu yang ditentukan setiap hari.

Jika ingin lebih mengontrol saat menerima notifikasi dari YouTube, kita dapat menggabungkan semua notifikasi YouTube ke dalam satu notifikasi setiap hari, lalu menyetel waktu tertentu untuk menerima ringkasan di pengaturan akun YouTube kita.

Apa Saja Manfaat Detoks Digital bagi Kesehatan?

kesehatan digital

Detoks dalam istilah kesehatan yaitu penyembuhan secara menyeluruh. Lebih lanjut, detoksifikasi merupakan suatu proses pengeluaran sampah, racun, dan hal-hal berbahaya dari dalam tubuh. Tujuan detoks yaitu untuk memberikan kesempatan pada tubuh untuk menyembuhkan diri dan mengisinya kembali dengan hal positif. Sementara itu, detoks digital mengacu pada periode waktu seseorang dalam memutuskan tidak menggunakan teknologi seperti gadget, komputer, dan tablet, juga media sosial. Jeda waktu itulah yang disebut masa detoksifikasi dari perangkat digital.

Kenapa detoks digital perlu dilakukan? Hal ini dipandang sebagai salah satu cara untuk fokus pada interaksi sosial yang nyata tanpa gangguan. Hampir mirip seperti detoksifikasi pada tubuh, detoks digital dirancang untuk memiliki manfaat mengurangi stres, stimulasi berlebihan, serta perilaku kompulsif terkait dengan penggunaan teknologi. Dengan melepaskan perangkat digital, maka setidaknya untuk sementara, kita dapat melepaskan stres yang berasal dari hubungan dengan dunia maya.

Beberapa penyebab stres dari dunia maya di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Jumlah waktu online atau penggunaan gadget yang berlebihan. 
  • Konsumsi media sosial dan juga hiburan yang berlebihan. 
  • Konsumsi berbagai konten online yang berlebihan.
  • Masuk terlalu jauh ke dalam dunia maya.
  • Ketergantungan yang sangat tinggi pada penggunaan gadget. 
  • Periode konektivitas digital yang terus menerus tanpa henti. 

Detoks Digital dengan Fitur Kesehatan Digital

Bagi mayoritas masyarakat urban, terkoneksi dengan dunia digital memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Menurut penelitian dari Nielsen Company yang dilakukan pada 2018 lalu, rata-rata orang dewasa di Amerika menghabiskan 11 jam setiap hari untuk mendengarkan, menonton, atau berinteraksi dengan media digital. Internet memang memberikan kita waktu 24/7 untuk berkunjung tanpa henti dan menyediakan hampir semua informasi yang dibutuhkan. Dari satu buah smartphone, kita dapat mengonsumsi informasi lebih dari pada yang kita butuhkan.

Namun pada saat bersamaan, hal lain pun terjadi. Teknologi masuk jauh lebih dalam ke dalam kehidupan pribadi sehingga membuat kita merasa dituntut untuk lebih banyak menaruh perhatian dan keterlibatan di dalamnya. Teknologi yang seharusnya membantu menghemat waktu dalam melakukan pekerjaan justru malah membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu di sana. Dari ketergantungan digital ini, ada banyak hal yang berpotensi mengganggu kesehatan kita, lho. Nah, melakukan detoks digital dan memanfaatkan berbagai fitur kesehatan digital memiliki manfaat untuk mengeluarkan kita dari ketergantungan ini.

Baca juga: 5 Tips Membangun Kebiasaan Hidup Produktif, Wajib Tahu!

Meskipun kecanduan teknologi tidak termasuk dalam kategori gangguan kesehatan, namun beberapa ahli percaya bahwa penggunaan perangkat digital secara berlebihan merupakan perilaku kecanduan nyata dan dapat menyebabkan masalah fisik, psikologis, dan sosial. Sebuah studi yang dilakukan oleh gabungan dari beberapa universitas di Amerika Serikat menunjukkan bahwa orang yang jarang menggunakan media sosial memiliki risiko depresi lebih sedikit dari mereka yang intens menggunakannya. Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di Swedia, menemukan bahwa ketergantungan penggunaan teknologi di kalangan dewasa muda dikaitkan dengan masalah tidur, gejala depresi, hingga peningkatan tingkat stres.

Itulah mengapa, memberikan waktu pada tubuh dan pikiran untuk berjeda dari dunia maya akan mampu membuat psikologi kita menjadi lebih sehat.

Baca juga: 5 Tips Manajemen Waktu untuk Kamu yang Sudah WFO

Yuk, terapkan gaya hidup sehat!

Dalam rangka memanfaatkan berbagai fitur kesehatan digital untuk menyeimbangkan hidup, kita pun perlu disiplin untuk menerapkan gaya hidup sehat. Sembari melakukan detoks digital, kita perlu mengatur jadwal untuk berolahraga dan konsisten melakukannya. Dengan begitu, kesehatan fisik dan mental kita akan jauh lebih sehat.

Supaya lebih semangat berolahraga, pastikan kita menyiapkan segala keperluan dan berbagai alat penunjang olahraga. Mulai dari outfit olahraga, sepatu, celana, hingga aksesoris penunjang. Semuanya bisa kita dapatkan di website Eiger Adventure Official. Yuk, cek koleksi terbaru yang #PastiMakinAsyik untuk ditelusuri karena banyak sekali produk yang sayang sekali jika dilewatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru