HomeTips & TrickRidingDo's and Don’ts yang Wajib Dipahami Agar Fokus dalam Berkendara

Do’s and Don’ts yang Wajib Dipahami Agar Fokus dalam Berkendara

Sudah sangat jelas, bahwa keselamatan adalah hal yang harus diutamakan seorang pengendara di jalan raya, siapa pun itu! Baik pengendara pemula, atau pengendara yang sudah pro sekalipun. Keselamatan tetaplah nomor satu, valid no debat! Maka dari itu, ada yang harus dilakukan dan ada pula hal yang tidak boleh dilakukan supaya tetap fokus dalam berkendara. 

Meskipun telah ditegaskan berulang kali bahwa keselamatan itu hal utama, nyatanya masih banyak pengendara yang kurang fokus dalam berkendara. Sehingga kecelakaan lalu lintas di jalan raya tak terhindarkan. Dari beberapa kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi, penyebabnya adalah karena kelalaian pengendara, atau karena kelalaian pengendara lain yang menyebabkan orang lain ikut terluka. Itulah mengapa, selama berkendara ada yang harus dilakukan (Do’s) dan tidak boleh dilakukan (Don’ts) supaya tetap fokus dalam berkendara di jalan raya. 

Di bawah ini ada beberapa tips singkat dan ringan mengenai apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama berkendara di jalan raya, sebagai wujud kehati-hatian dan kewaspadaan. Check this out

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Berkendara

fokus dalam berkendara

Beberapa hal yang perlu dilakukan saat berkendara sepeda motor maupun mobil di jalan raya adalah:

1. Pastikan Kondisi Tubuh Prima

Banyak sekali kecelakaan di jalan raya terjadi karena pengendara tidak memiliki kondisi tubuh yang prima. Misalnya kelelahan, mengantuk, atau bahkan mabuk. Oleh karena itu, pastikan kondisi tubuh prima jika hendak mengendarai sepeda motor maupun mobil, ya. Jika dirasa tubuh sedang kelelahan atau sehabis mengonsumsi obat tertentu, maka sebaiknya kita tidak berkendara untuk menghindari kecelakaan di jalan raya.

2. Selalu Cek Kendaraan Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat berkendara, pastikan kita mengecek kondisi kendaraan, apalagi jika berkendara jarak jauh. Pengecekan ringan seperti yang berkaitan dengan rem, tangki bensin, kaca spion, ban, mesin, alat-alat reparasi, hingga kelengkapan kendaraan lainnya, termasuk SIM dan juga STNK sangat penting dilakukan. Sebab, pengecekan ini akan mencegah permasalahan ketika kita sedang berkendara di jalan. Dengan melakukan pengecekan kendaraan sebelum berangkat, tentunya kita akan lebih fokus dalam berkendara di jalan raya. 

3. Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Keberadaan rambu-rambu lalu lintas tentunya ada tujuannya, yaitu agar terjadi keteraturan dan ketertiban di jalan raya. Rambu-rambu lalu lintas tersebut bukan hiasan taman yang dipasang untuk mempercantik dan menambah atribut jalan raya, lho. Jadi, mematuhi rambu-rambu lalu lintas adalah kewajiban yang harus kita tunaikan. Kemudian, jangan lupa memakai helm dengan standar yang sudah ditentukan. Atau bagi pengendara mobil wajib mengenakan sabuk pengaman. Selain itu, nyalakan lampu sein jika ingin berbelok, supaya kendaraan yang ada di depan dan di belakang bisa mengetahui. 

4. Hati-hati Jika Ingin Mendahului Kendaraan Lain

Banyak kecelakaan di jalan raya yang terjadi karena saat hendak mendahului kendaraan lain, pengendara tidak mengindahkan marka jalan. Marka jalan yang tidak putus-putus kerap dilanggar karena dilihat tidak ada kendaraan dari arah berlawanan. Padahal hal tersebut sangat berbahaya, lho. Meskipun marka jalan putus-putus, juga tetap dibutuhkan kehati-hatian ketika ingin mendahului. Selain itu, ketika hendak mendahului kita harus menyalakan lampu sein.

5. Selalu fokus dalam berkendara

Meskipun sudah mahir berkendara dan sudah familiar dengan jalan yang dilalui, namun konsentrasi atau fokus dalam berkendara sangat penting. Selain memperhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada, tetap perhatikan keadaan sekeliling, ya. Kelengkapan kaca spion di kiri dan kanan kendaraan dapat membantu kita memantau keadaan lalu lintas di belakang.

Baca juga: 7 Cara Menghemat BBM yang Sederhana dan Tak Repot

10 Hal yang Perlu Dihindari Saat Berkendara

fokus dalam berkendara

Nah, setelah membagikan beberapa tips yang perlu dilakukan ketika berkendara di jalan raya, selanjutnya akan diuraikan secara singkat mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berkendara.

  1. Memaksakan diri untuk berkendara saat tubuh sedang tidak fit. 
  2. Melanggar lampu lalu lintas. 
  3. Menggunakan jalur yang bukan semestinya. 
  4. Mabuk atau mengonsumsi minuman beralkohol sebelum dan selama berkendara. 
  5. Berbincang-bincang dengan pembonceng selama berkendara. 
  6. Berjalan sejajar dengan pengendara lain dan berbincang sembari berkendara. 
  7. Berkendara melebihi kapasitas kendaraan. 
  8. Menggunakan ponsel sambil berkendara. 
  9. Memakai headset/earphone untuk mendengarkan lagu. Sebab, konsentrasi akan terpecah antara menikmati lagu dan berkendara. Sehingga membuat kewaspadaan terhadap situasi lalu lintas menjadi berkurang. 
  10. Berkendara dengan kecepatan tinggi. 

Baca juga: Ingin Aman Naik Motor Malam Hari? Coba Praktekkan Tips Ini!

Fokus dalam berkendara adalah kunci utama untuk meminimalisir kecelakaan dan menjaga keselamatan di jalan raya. Mengingat saat berkendara kita akan menghadapi berbagai kemungkinan bahaya, maka kita harus mampu bersikap dewasa. Upayakan dengan maksimal untuk fokus dalam berkendara, dan hindari hal-hal yang mendistraksi konsentrasi. Kemudian, jangan sampai terlupa untuk menggunakan atribut berkendara lengkap. Gunakan perlengkapan yang berstandar keselamatan, seperti helm full face, masker penahan debu, jaket riding, body protector, sepatu, sarung tangan, hingga jas hujan untuk keamanan dan kenyamanan berkendara.

Segala macam perlengkapan riding atau riding gear bisa kita dapatkan dengan mudah di Website Eiger Adventure Official, lho. Beberapa produk must buy wajib dikepoin sekarang, sebelum kehabisan!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments