HomeTips & TrickLifestyle10 Cara Hidup Frugal Living Untuk Mencapai Financial Freedom

10 Cara Hidup Frugal Living Untuk Mencapai Financial Freedom

Hai Eigerian! Bagi semua orang, mencapai kebebasan finansial atau financial freedom merupakan tujuan hidup yang sangat didambakan.

Pasalnya, ketika mencapai kebebasan finansial, kita memiliki tabungan yang cukup, mampu memenuhi kebutuhan dan gaya hidup, serta tidak lagi bergantung pada kredit atau pinjaman.

Untuk mencapainya, dibutuhkan kedisiplinan dan ketekunan dalam mengatur setiap pengeluaran. Terlebih, kita perlu menyadari bahwa setiap pengeluaran dilakukan atas dasar pemenuhan kebutuhan, bukan sekedar menuruti gengsi.

Untuk itu, dibutuhkan kesadaran dalam mengatur keuangan dan setiap pengeluaran. Istilah ini disebut juga dengan frugal living.

Frugal living atau hidup hemat bukan berarti menekan semua pengeluaran. Menurut Wealthsimple, frugal living artinya sadar akan setiap pengeluaran yang kita lakukan dan berfokus pada prioritas utama saja.

Ingin tahu cara menerapkan frugal living dalam kehidupan sehari-hari? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Baca Juga: 5 Cara Menerapkan Hidup Minimalis yang Jauh dari Stress

Cara Menerapkan Budaya Hidup Frugal Living

frugal living
(Foto membuat catatan pengeluaran. Sumber: Freepik.com)

Berikut cara menerapkan gaya hidup frugal living untuk mencapai kebebasan finansial, catat, ya!

1. Catat Setiap Pengeluaran

Sebelum mengatur keuangan, kita perlu mengetahui kemana saja uang kita pergi. Oleh karena itu, kita perlu mencatat setiap pengeluaran yang akan terjadi dalam jangka waktu tertentu.

Contohnya, ketika gajian, kita bisa langsung membuat catatan pengeluaran. Kebutuhan apa saja yang perlu kita penuhi dan berapa banyak uang yang akan dikeluarkan.

Melacak setiap pengeluaran akan membantu kita untuk mengeliminasi atau mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

2. Atur Biaya Makan

biaya makan
(Foto menghitung uang. Sumber: Freepik.com)

Kebutuhan makanan dan jajanan seringkali membuat pengeluaran kita menjadi boncos alias over budget. Terlebih lagi bagi Eigerian yang merantau dan tinggal di kota lain.

Biaya makan biasanya membengkak karena terbiasa membeli makan di luar atau merasa perlu ikut serta dalam setiap acara makan-makan (hangout bersama teman).

Padahal, biaya makan bisa diatur dengan lebih efisien dengan cara memasak makanan sendiri.

Selain itu, kita juga bisa membeli makanan sehat dan bergizi di warung makan dengan harga yang lebih murah ketimbang harga makanan di restoran cepat saji.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

3. Berburu Diskon

Pada momen-momen tertentu seperti harbolnas, akhir bulan, dan hari besar nasional, banyak brand memberikan promo menarik. Misalnya, diskon spesial, gratis ongkir, dan cashback.

Dengan memanfaatkan promo dan diskon, kita bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga yang lebih murah. Cara ini tentu mampu menghemat pengeluaran secara signifikan tanpa mengurangi kebutuhan utama kita.

4. Jual Barang yang Tak Terpakai

baju bekas
(Foto baju bekas. Sumber: Freepik.com)

Jika Eigerian memiliki barang-barang yang kondisinya masih layak, tetapi sudah tak terpakai, maka cobalah menjualnya?

Beberapa jenis barang bekas atau second hand yang selalu laku di pasaran adalah pakaian, sepatu, tas, dan barang elektronik. Barang-barang tersebut bisa dijual di marketplace untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

5. Beralih ke Transportasi Umum

Jika Eigerian pergi bekerja atau kuliah setiap hari dan terbiasa menggunakan kendaraan pribadi, alangkah baiknya mulai beralih menggunakan transportasi umum. 

Pasalnya, kenaikan harga BBM tentu memaksa pengeluaran yang lebih besar.

Penggunaan transportasi umum yang lebih murah akan lebih efisien dalam menghemat pengeluaran. Jika tidak memungkinkan, Eigerian bisa mencoba menggunakan transportasi umum secara bergiliran.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Pangalengan yang Sedang Hits dan Wajib Dikunjungi

6. Menabung dan Investasi

tabungan uang
(Foto tabungan uang. Sumber: Freepik.com)

Untuk mencapai kebebasan finansial, tentunya kita perlu memiliki keuangan yang kuat. Termasuk memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan, memiliki dana darurat, dan memiliki sejumlah aset investasi.

Dalam kondisi perekonomian yang semakin tidak pasti, mempertahankan uang tunai merupakan cara terbaik. Namun, kita juga bisa memisahkan uang dingin yang dialokasikan untuk investasi.

Misalnya, kita bisa membeli saham, reksa dana, obligasi, surat berharga, tanah, emas, dan properti.

7. Sortir Biaya Langganan Platform

Apakah Eigerian berlangganan platform pemutar musik online, aplikasi media sosial, atau berlangganan fitur premium lainnya? Jika iya, maka ada baiknya kita mulai selektif dalam berlangganan di suatu platform.

Biaya langganan tersebut cukup berpengaruh terhadap pengeluaran bulanan. Oleh sebab itu, ada baiknya kita mulai menyeleksi, platform mana yang paling kita butuhkan dan perlu fitur langganan dan platform mana yang bisa kita eliminasi.

Dengan begitu, pengeluaran kita akan dialokasikan hanya untuk hal-hal yang benar-benar kita butuhkan.

8. Membeli Barang Dalam Jumlah Banyak

belanja di minimarket
(Foto belanja di minimarket. Sumber: Freepik.com)

Membeli barang dalam jumlah banyak bukan berarti kita jadi bisa membeli barang-barang sesuka hati. Maksud pernyataan tersebut adalah membeli barang kebutuhan untuk satu bulan penuh.

Misalnya, kita bisa membeli beras karungan, membeli selusin telur, atau membeli barang-barang lain dalam jumlah banyak sekaligus.

Pasalnya, membeli barang dalam jumlah banyak biasanya lebih murah ketimbang membelinya secara satuan. Eigerian bisa menerapkan cara ini jika sudah mencatat setiap pengeluaran dengan rapi.

Baca Juga: 5 Manfaat Naik Turun Tangga, Lebih Sehat dari Naik Lift

9. Bandingkan Harga Sebelum Beli

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang, ada baiknya kita membandingkan dulu harganya dengan merek lain. Sebab, beberapa merek produk memiliki kualitas yang hampir sama, namun dengan harga yang berbeda.

Jika kita bisa memperoleh jenis barang yang sama, dalam kondisi bagus, dan dengan harga yang lebih murah, maka menghemat pengeluaran.

10. Konsisten

Tips terakhir dalam menerapkan budaya hidup frugal living adalah konsisten. Sebab, tantangan utama dalam mengatur keuangan dengan baik adalah mematuhi anggaran yang sudah dibuat dan mencegah membeli barang yang tidak perlu.

Untuk memenuhi kebutuhan aktivitas harian dan outdoor, kita bisa membeli berbagai produk original EIGER yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Dengan membeli produk original, kita bisa lebih berhemat anggaran. Pasalnya, produk ori memiliki jaminan kualitas dan tahan lama.

Eigerian bisa menemukan dan membeli produk original EIGER melalui website EIGER Adventure Official.

Proses belanja online di situs web EIGER sangatlah mudah dan nyaman. Didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti paylater, bank transfer, hingga COD. Dapatkan juga harga terbaik dan promo menarik untuk berbagai barang pilihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru