HomeTips & TrickHari Hewan Sedunia: Memelihara Hewan Baik untuk Kesehatan Mental?

Hari Hewan Sedunia: Memelihara Hewan Baik untuk Kesehatan Mental?

Hari Hewan Sedunia adalah perayaan tahunan yang bertujuan untuk menghormati hak asasi dan kesejahteraan hewan di seluruh dunia. Momentum ini menjadi telah diperingati sejak 1925, seiring dengan berkembangnya komunitas global yang berupaya menghapuskan penderitaan hewan.

Ayo, cari tahu seperti apa awal mula Hari Hewan Sedunia dan temukan fakta menarik tentang memelihara hewan yang nyatanya baik untuk kesehatan mental di bawah ini!

Tentang Hari Hewan Sedunia

Hari Hewan Sedunia diperingati setiap tahun pada 4 Oktober. Dikutip dari situs National Today, momentum ini pertama kali dicetuskan oleh Heinrich Zimmermann, penulis majalah Mensch und Hund. Peringatan pertamanya dilaksanakan pada 24 Maret 1925 di Sport Palace, Berlin.

Alasan dipilihnya tanggal 4 Oktober sebagai Hari Hewan Sedunia adalah karena saat itu merupakan hari wafatnya Santo Fransiskus, santo pelindung ekologi, termasuk hewan. Maka dari itu, hari kematian Santo Fransiskus dari Assisi dijadikan sebagai Hari Hewan Sedunia.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kecemasan di Alam, Bagaimana Caranya?

5 Fakta Memelihara Hewan Baik untuk Kesehatan Mental

Hewan peliharaan adalah teman yang sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan fisik serta mentalmu, lho, Eigerian.

Ada banyak binatang yang bisa dipelihara, mulai dari kucing, anjing, hamster, kelinci, ikan, landak mini, kura-kura, dan sebagainya. Memelihara hewan berarti menebarkan kasih sayang kepada mereka dan membantunya hidup dengan layak.

Menyambut Hari Hewan Sedunia yang jatuh pada 4 Oktober 2024, berikut adalah manfaat memelihara hewan bagi kesehatan mental. Ayo, simak!

1. Meredakan stres

Berinteraksi dengan hewan peliharaan dan bermain bersama mereka dapat membuatmu merasa senang dan lebih rileks. Pasalnya, kamu bisa memberi jeda pada pikiranmu dari hal-hal yang kamu sukai dan pekerjaan yang membuatmu stres.

2. Mengurangi rasa kesepian

Seekor hewan peliharaan adalah teman yang baik saat kamu merasa sepi. Mereka mampu memberikan rasa aman kepada pemiliknya dan menjadi seseorang untuk berbagi rutinitas sehari-hari. Terlebih jika kamu adalah salah satu orang yang hidup sendiri, memelihara hewan bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi kesepian yang kamu alami.

3. Membantu bersosialisasi

Mengajak anjing jalan-jalan dapat mempertemukan kamu dengan pemilik anjing lainnya. Pertemuan ini tentunya menghasilkan percakapan dengan pemilik anjing lain dan ini membantu pemiliknya untuk tetap terhubung secara sosial. Faktanya, orang yang memiliki banyak hubungan sosial dan persahabatan cenderung lebih sehat secara mental.

4. Memenuhi kebutuhan manusia akan sentuhan

Kebanyakan orang merasa lebih baik ketika melakukan kontak fisik dengan orang lain, seperti berpelukan. Kamu juga bisa mempraktikannya dengan memeluk atau menggendong hewan peliharaan agar pikiranmu lebih tenang dan rileks.

5. Terapi untuk anak ADHD

Ternyata, hewan peliharaan juga bisa dijadikan sebagai sarana terapi untuk anak yang mengidap ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau Gangguan Hiperaktivitas dan Defisit Perhatian.

Memberi makan, mengajak jalan-jalan, bermain, dan memandikan hewan peliharaan membantu anak ADHD belajar merencanakan dan bertanggung jawab. Anak dapat membakar energi saat berjalan-jalan dengan anjing atau berlari-lari bersama kucing, sehingga mereka bisa merasa lebih rileks di kemudian hari dan lebih tenang di malam hari.

Udara segar dan sirkulasi yang baik saat berlari atau bermain bersama hewan dapat meningkatkan aliran darah yang kaya oksigen ke otak anak, sehingga membantu meningkatkan kemampuan mereka untuk berkonsentrasi.

Baca Juga: Forest Bathing: Terapi Alam untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Traveling ke Alam Bersama Hewan Kesayangan

Tak cuma menghabiskan waktu bersama hewan kesayangan di rumah, Eigerian juga bisa merasakan manfaat yang lebih nyata untuk kesehatan mental dengan beraktivitas di alam, lho! Ajak juga hewan kesayanganmu agar mereka ikut bermain bebas di alam.

Lengkapi perlengkapan traveling-mu dengan EIGER, mulai dari baju kaus, celana panjang atau pendek, sepatu, backpack, topi, dan aksesori lainnya yang bisa kamu dapatkan di EIGER Adventure Sore (EAS) atau eigeradventure.com!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru