HomeTips & TrickGreen & HealthyMenilik Sejarah dan Ide Perayaan Hari Kesehatan Internasional 2022

Menilik Sejarah dan Ide Perayaan Hari Kesehatan Internasional 2022

Sudah tahu belum, kalau tanggal 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Internasional? Hari Kesehatan Internasional, atau yang juga dikenal dengan sebutan Hari Kesehatan Sedunia alias World Health Day (WHD) merupakan sebuah peringatan yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran tentang tema kesehatan tertentu dan menyoroti bidang prioritas yang menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Peringatan WHD tahun 2022 ini fokus pada gerakan dan tindakan untuk menjaga kesehatan manusia dan juga planet bumi. Penasaran bagaimana awal mula peringatan Hari Kesehatan Internasional? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk

Sejarah Singkat Hari Kesehatan Internasional

Hari Kesehatan Internasional tanggal 7 April menandai peringatan berdirinya WHO pada tahun 1948. Sebelum itu, pada bulan Desember 1945, pejabat Brasil dan Cina mengusulkan pembentukan organisasi kesehatan internasional yang benar-benar independen dari kekuasaan pemerintah. Setengah tahun kemudian, tepatnya pada Juli 1946, konstitusi WHO disetujui di New York. Kemudian konstitusi tersebut mulai berlaku pada tanggal 7 April 1948.

Pada tahun 1948 tersebut, WHO mengadakan Majelis Kesehatan Dunia yang memutuskan bahwa 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia dan dirayakan pertama kali pada tahun 1950. WHO sebagai organisasi kesehatan dunia telah mengangkat berbagai masalah kesehatan yang penting selama 50 tahun terakhir, di antaranya adalah kesehatan mental, perawatan ibu dan anak, dan perubahan iklim.

World Health Day 2022

hari kesehatan internasional
Sumber: Freepik

Hari Kesehatan Internasional atau WHD 2022 mengusung tema “Our Planet, Our Health“. Melansir dari laman WHO, makna di balik tema tersebut adalah kesehatan manusia yang sangat bergantung dengan keadaan bumi. Menurut WHO, lebih dari 13 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun disebabkan karena kerusakan lingkungan, termasuk krisis iklim. Krisis iklim tersebut merupakan ancaman kesehatan terbesar yang dihadapi oleh manusia di seluruh dunia. 

Peringatan WHD 2022 fokus pada keselamatan bumi. Berikut ini adalah ringkasan WHO tentang kesehatan manusia yang berhubungan dengan keadaan bumi:

  • Lebih dari 90% orang menghirup udara tidak sehat akibat adanya pembakaran bahan bakar fosil.
  • Kenaikan suhu dan banjir akibat perubahan iklim akan menyebabkan 2 miliar orang terkena demam berdarah.
  • Diare akan menyebabkan 829.000 orang meninggal setiap tahun karena kurangnya persediaan air bersih.
  • Polusi udara akan menyebabkan penyakit kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke.

Dari poin-poin di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa kerusakan bumi akan berpotensi menurunkan angka kesehatan manusia. Maka dari itu, marilah kita turut serta dalam menjaga keselamatan bumi, sama seperti menjaga kesehatan diri kita sendiri.  Semakin baik keadaan bumi, maka tentunya akan semakin tinggi juga angka kesehatan manusia di seluruh dunia. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghemat Air untuk Kehidupan Sehari-hari

Ide Merayakan Hari Kesehatan Internasional

hari kesehatan internasional

Peringatan Hari Kesehatan Internasional dilakukan dengan berbagai kegiatan untuk memusatkan perhatian dunia pada aspek-aspek penting dari kesehatan global. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk turut serta dalam merayakan Hari Kesehatan Internasional

1. Menerapkan pola hidup sehat

Menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dalam kehidupan sehari-hari tentunya dapat mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Konsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, dan olahraga secara teratur perlu dilakukan secara konsisten. Dengan memastikan kesehatan tubuh, maka kita juga telah turut serta dalam perayaan WHD. 

2. Membersihkan sampah di sekitar rumah

Saat kita membersihkan sampah yang ada di sekitar rumah, maka secara otomatis kita juga menjaga bumi tetap bersih dan aman untuk semua orang. Membersihkan sampah dengan cara memisahkan sampah organik dan sampah anorganik juga perlu dilakukan. Sebab, nantinya sampah anorganik dapat didaur ulang. Jika kita membuang sampah anorganik sembarangan, maka sampah tersebut sulit untuk diuraikan sehingga tidak baik untuk lingkungan.

3. Matikan lampu dan alat elektronik saat tidak digunakan

Tidak hanya lampu, kita juga harus menghemat pemakaian listrik lainnya ketika sedang tidak digunakan. Sebab, pemakaian listrik yang berlebihan akan berdampak pada pemanasan global. Pemanasan global inilah yang akan membuat es di Kutub meleleh karena temperatur di Bumi semakin panas. Temperatur panas di bumi akan mengakibatkan perubahan iklim yang tidak menentu serta berdampak pula dengan ekosistem yang ada di bumi.

4. Bercocok tanam di rumah

Ada banyak sekali manfaat jika kita menanam beberapa tanaman di rumah. Tidak hanya menjernihkan udara, namun juga bisa menyediakan rumah bagi makhluk hidup lainnya. Rumah kita beserta lingkungan sekitar akan menjadi dingin dan sejuk kalau kita menanam banyak tanaman di halaman rumah. Ada banyak jenis tanaman yang bisa kita tanam di rumah, seperti tanaman hias, tanaman hidroponik, dan tanaman produktif seperti sayur dan buah. 

5. Membeli barang dengan kemasan minimalis

Jika selama ini kita suka belanja atau memesan makanan secara online, maka ada baiknya kita membiasakan diri untuk memilih makanan atau barang yang mempunyai kemasan yang minimalis. Kemasan yang sederhana tentunya tidak akan membuang banyak bahan pengemasan. Kemasan yang minimalis juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan dengan tidak menambah sampah plastik, kaca, styrofoam, dan jenis sampah lainnya.

Baca juga: Yuk Memilih Tanaman Depan Rumah agar Makin Estetik!

Seringkali kita memang dihadapkan pada kesulitan untuk menghindari sampah kemasan. Tapi jangan dulu menyerah! Bisa kita mulai dengan cara yang paling sederhana, kok! Misalnya, kita bisa menggunakan tumbler yang dapat diisi ulang. Penggunaan tumbler dinilai cukup efektif untuk menekan jumlah sampah botol plastik yang dihasilkan dari minuman kemasan. Ke mana pun kita pergi, jangan lupa bawa botol tumbler dari Eiger, ya!

Selain botol minum, Eiger juga punya banyak sekali produk ramah lingkungan yang juga bisa diandalkan dalam rangka merayakan Hari Kesehatan Internasional. Segera cek koleksi lengkapnya di laman Eiger Adventure!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru