HomeTips & TrickGreen & HealthyMengulik Apa itu HIIT Cardio dan 5 Tips Sukses Melakukannya

Mengulik Apa itu HIIT Cardio dan 5 Tips Sukses Melakukannya

Menjaga pola hidup sehat bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin. Masalahnya, tidak semua orang memiliki waktu yang banyak untuk hal ini. Maka dari itu, HIIT Cardio bisa menjadi salah satu alternatif yang menarik untuk Eigerian dengan waktu yang terbatas.

Pada artikel kali ini, Eigerian bisa menemukan beberapa penjelasan menarik, terkait pengertian HIIT Cardio secara umum, jenis, manfaat, hingga tips melakukannya. Dengan begitu, Eigerian juga bisa mencobanya secara langsung dan mendapatkan hasil maksimal dari olahraga ini. Yuk, lanjut membaca sampai akhir!

HIIT Cardio adalah singkatan dari high intensity-interval training cardio. Artinya, metode latihan efektif dan efisien dalam menggabungkan gerakan kardio intensitas tinggi dan sedang pada interval tertentu untuk membantu tubuh membakar lemak. Mungkin yang paling sederhana adalah seven minute workout yang banyak diperagakan dan beredar di media sosial. Namun tidak hanya itu saja, karena HIIT Cardio yang baik bisa diformulasikan sesuai dengan kebutuhan tubuh, sehingga akan memberikan manfaat optimal untuk tubuh.

Mengenal Jenis-Jenis HIIT Cardio

Setidaknya ada enam macam olahraga HIIT cardio pemula yang bisa diikuti siapa saja, berikut ulasan selengkapnya:

  1. Push up, di mana gerakan olahraga yang satu ini akan membakar lemak dan membentuk otot di area bahu, dada, triceps, serta perut. Cocok untuk Eigerian yang ingin fokus membentuk area tubuh bagian atas karena gerakan push up akan membantu Eigerian dalam membentuk abs.
  2. Jumping jack. Gerakan ini memang terlihat mudah, namun sebenarnya mampu menstimulasi seluruh anggota tubuh, lho. Mulai dari lengan hingga kaki, Eigerian bisa menerapkan gerakan jumping jack ke dalam olahraga HIIT Cardio untuk pemula. 
  3. Burpees, merupakan gerakan wajib dalam olahraga cardio. Ternyata, Eigerian juga bisa memasukkannya sebagai olahraga HIIT cardio yang praktis dilakukan sehari-hari. Tidak memerlukan alat tambahan, Eigerian hanya perlu melakukan posisi squat dan merentangkan kaki ke belakang. 
  4. Sit up, yaitu gerakan yang terkenal dengan efeknya dalam membentuk otot perut. Selain mudah, gerakan ini juga tidak memerlukan alat.
  5. Squat jump. Eigerian bisa melakukan squat jump selama 15 menit sebagai olahraga HIIT. Gerakan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, dan tidak memerlukan bantuan alat apapun.
  6. Russian twist, merupakan gerakan unggulan olahraga HIIT Cardio. Mirip dengan gerakan sit up, russian twist ini akan membentuk otot perut, paha, serta lengan. Supaya lebih efektif, Eigerian bisa meluangkan waktu selama 10 menit untuk melakukan russian twist berkali-kali.

Apa sih Manfaat dari Olahraga HIIT Cardio?

hiit cardio

Dengan melakukan HIIT Cardio, idealnya tubuh bisa membakar lemak dengan lebih baik, waktu yang singkat, dan efisien. Namun tidak hanya itu saja, ada beberapa manfaat lain yang juga bisa didapatkan tubuh sehingga olahraga ini sangat populer. Bayangkan saja, dengan waktu yang cenderung singkat, Eigerian bisa mendapatkan manfaat yang sangat banyak. Jadi, Eigerian tak perlu lagi meluangkan waktu terlalu banyak untuk tetap bergerak aktif dan mendapatkan tubuh yang ideal.

Berikut ini adalah sederet manfaat latihan HIIT yang bisa didapatkan secara langsung:

  1. Mengurangi enzim lemak. Ketika sudah dilakukan secara rutin dalam kurun waktu yang cukup lama, maka tubuh yang terbiasa melaksanakan latihan ini bisa membantu menurunkan enzim yang memproduksi lemak.
  2. Membakar kalori dengan efektif. Selain lemak, tubuh juga akan membakar kalori dalam jumlah yang besar. Kalori yang digunakan bisa sampai 10%, serta membantu mengurangi kapasitas penyimpanan lemak yang dimiliki tubuh.
  3. Pembakaran lemak lebih optimal. Dalam waktu 20 menit sesi HIIT Cardio, maka tubuh bisa membakar lemak dengan efisien bahkan hingga beberapa jam selanjutnya. Tubuh yang sudah ‘panas’ karena latihan ini akan melakukan pembakaran pada lemak, sehingga lemak dalam tubuh bisa lekas berkurang.

Tentunya manfaat-manfaat ini akan didapatkan ketika HIIT Cardio menjadi latihan rutin yang dilakukan secara disiplin, konsisten, dan terarah.

5 Tips Sukses Melakukan HIIT Cardio

hiit cardio

Dalam melakukan HIIT Cardio, memang bisa dengan bermodalkan disiplin dan konsistensi saja. Namun ada baiknya jika Eigerian juga membaca beberapa tips di bawah ini, supaya hasil latihan yang diinginkan bisa lekas didapatkan dengan maksimal. Apa saja tipsnya? Simak di poin singkat berikut ini, yuk!

1. Batasi Setiap Sesi Latihan

Idealnya, setiap sesi latihan HIIT hanya dilakukan antara 10 sampai dengan 12 menit saja. Kemudian berikan waktu istirahat sejenak, lalu kembali lakukan untuk set kedua. Bukan pada durasi setiap sesi, namun penekanannya lebih kepada pengulangan yang konsisten.

2. Personal Trainer

Meskipun bisa dilakukan secara mandiri, namun keberadaan personal trainer juga akan sangat membantu. Pertama, personal trainer bisa membantu identifikasi kebutuhan tubuh, dan membuat formula latihan terbaik untuk hasil yang diinginkan. Tapi ingat, personal trainer bukan jadi hal wajib, namun akan jadi tambahan yang sangat baik untuk mencapai target yang Eigerian miliki.

3. Pemanasan sebelum Mulai Latihan

Well, tubuh akan melakukan kontraksi yang cukup intens dalam waktu singkat dan terus menerus. Maka dari itu, jangan lupa untuk melakukan pemanasan yang baik sebelum memulai sesi latihan HIIT Cardio. Pemanasan bisa membantu menghangatkan tubuh dan otot, serta mengurangi risiko cedera.

4. Diskusikan Tahapan Latihan

Ketika akan dilakukan secara rutin, tentunya ada tahapan yang harus dibuat. Dan itu artinya, dari tahap latihan pertama yang ringan menuju tahap yang lebih berat, semua wajib didiskusikan dengan personal trainer yang Eigerian miliki. Jadi, tubuh bisa berproses sesuai dengan kondisi alami, dan tidak ada yang terlalu dipaksakan dan justru meningkatkan risiko cedera.

5. Konsistensi Jadi Kunci Utama

Kembali lagi diingatkan, bukan menyoal waktu yang dihabiskan dalam setiap sesi, namun konsistensi dan disiplin dalam berlatihlah yang akan memberikan hasil optimal untuk tubuh. Jaga kedua hal ini dengan progress yang terus meningkat, dan coba lihat apa yang dihasilkan dari latihan tersebut!

Baca juga: 5 Latihan Sederhana untuk Otot Lengan yang Kuat

Rekomendasi Outfit Olahraga Terbaik dari EIGER

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan mengenai olahraga HIIT Cardio? Supaya lebih semangat latihan, mari simak rekomendasi outfit olahraga terbaik dari EIGER di bawah ini. Eigerian wajib punya, nih!

  1. EIGER X-BUSY BEE ACTIVE TEES SWEATER. Bersama X-Busy Bee Active Tees Eigerian akan lebih nyaman selama berolahraga. Pasalnya, X-Busy Bee Active Tees dengan bahannya yang cepat kering ini akan membuat keringat tak lagi menjadi penghalang untuk tetap aktif bergerak.
  2. EIGER X-HEAVY DEW PANTS. Celana panjang X-Heavy Dew dari Women Series EIGER ini didesain secara khusus untuk berolahraga maupun hiking ringan dengan teknologi Tropic Repellent dan fitur packable. Cocok dipadukan dengan X-Busy Bee Active Tees!
  3. EIGER GYRFALCON WOMAN SHOES. Gyrfalcon adalah sepatu yang dirancang untuk kegiatan lari dan olahraga lainnya, hingga pemakaian harian. Sepatu ringan ini terbuat dari material knitting dan flexeleton yang memberikan fleksibilitas yang baik untuk membuat Eigerian dapat berolahraga dengan nyaman.
  4. EIGER + RAPIDE WOMAN CAP. Topi ini terbuat dari bahan cepat kering yang akan membuat Eigerian tetap sejuk ketika berolahraga. Topi ini memiliki visor yang dapat dilipat sehingga memungkinkan untuk disimpan di dalam saku, dan bagian bawah visor yang berwarna gelap akan melindungi kepala dan mata dari paparan sinar matahari.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga untuk Diet yang Efektif dan Wajib Dicoba!

Bagaimana? Adakah rekomendasi outfit olahraga dari EIGER yang mencuri perhatian? Tenang, Eigerian bisa menemukan berbagai pilihan produk original dari EIGER lebih banyak lagi. Langsung saja kunjungi website Eiger Adventure Official, dan tentukan pilihan. Dijamin #PastiMakinAsyik latihan HIIT Cardio pakai outfit olahraga dari EIGER.

HIIT Cardio sendiri bisa dikatakan adalah salah satu alternatif cara berolahraga yang bisa diambil untuk Eigerian yang tak memiliki banyak waktu berolahraga. Singkat, intensif, dan optimal, HIIT bisa memberikan bentuk tubuh ideal serta kesehatan, dan mood yang jauh lebih baik. Semangat memulai gaya hidup sehat dengan outfit olahraga dari EIGER!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru