HomeTips & TrickTravelingIngin Menjelajah Wisata Alam Ekstrim? Ini 6 Rekomendasinya!

Ingin Menjelajah Wisata Alam Ekstrim? Ini 6 Rekomendasinya!

Apa yang dimiliki oleh Indonesia dan tidak oleh negara lain? Bentang alam yang beragam serta keindahan natural yang benar-benar menawan. Berkat alam yang sangat kaya, Indonesia memiliki banyak sekali wisata alam yang mempesona. Khusus untuk kamu si adrenaline junkie, kamu bisa memuaskan hasratmu ini pada beberapa wisata alam ekstrim yang ada saat ini.

Wisata alam dengan nuansa ekstrim tak harus jauh-jauh mencari ombak ke negara seberang, atau mendaki puncak Everest di Himalaya. Mulai dari pulau Sumatera, wilayah Aceh, Sulawesi, Yogyakarta, Jawa Barat. Bali, hingga Flores dan Irian Jaya, semua memiliki potensi wisata ekstrim yang dijamin akan memompa adrenalin kamu. Tak hanya fisik, kesiapan mental juga sangat diperlukan pada wisata-wisata seperti ini.

Jadi tak usah banyak pengantar lagi, mari jelajahi satu per satu wisata alam ekstrim yang ada di Indonesia!

Pengertian Wisata Alam

Adapun pengertian wisata alam sendiri adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati gejala keunikan dan keindahan alam di kawasan suaka margasatwa, taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam.

Wisata Alam dan Rekomendasinya Untuk Eigerian!

Ile Batubara, Laut Flores

wisata alam
Sumber : freepik.com

Pernahkah kamu mendengar mengenai gunung dengan nama Ile Batubara yang ada di Laut Flores? Gunung ini merupakan salah satu gunung aktif, yang masih memiliki lava pijar. Dengan jenis Stratovolcano, gunung ini meletus hampir setiap 20 menit sekali. Uniknya lagi, letusan ini juga dibarengi dengan tsunami dalam skala kecil, sehingga masih cukup aman untuk dilihat.

Untuk menikmati keindahan dan adrenalin yang terpompa saat memandang lava pijar dari dekat, kamu bisa menggunakan jasa pemandu yang sudah memahami benar karakter Gunung Ile Batubara. Tentu, lengkapi juga perjalananmu dengan peralatan yang berkualitas, agar perjalanan bisa makin aman.

Menyusuri Green Canyon, Wisata Alam Jawa Barat

Di Jawa Barat, kamu bisa menemukan Green Canyon yang juga termasuk salah satu wisata ekstrim di Indonesia. Untuk menuju ke lokasi terbaiknya, kamu wajib menaiki perahu kayu menyusuri aliran sungai yang deras. Tak hanya itu, area susur sungai ini juga memiliki tebing tinggi di bagian kiri dan kanannya, sehingga akan membuat ‘petualangan’ kamu makin seru.

Sebagai penyeimbang adrenalin yang terpompa, kamu akan disuguhi pemandangan hijau yang menyegarkan serta udara yang benar-benar sejuk. Jadi tak hanya menguji mental, lokasi ini juga sangat cocok kamu jadikan tempat menenangkan diri, setelah sampai ke titik terbaiknya.

Mencoba Paralayang Di Matantimali, Sulawesi Tengah

wisata alam
Sumber : freepik.com

Menjadi salah satu lokasi paralayang terbaik di Asia, Matantimali merupakan lokasi wisata ekstrim bertema alam yang wajib kamu singgahi saat berada di Sulawesi Tengah. Dengan pemandangan super indah dan menakjubkan, dijamin kamu betah berlama-lama terbang dan menyusuri langit di sana. Namun demikian, selalu cari informasi mengenai cuaca hari tersebut ya.

Meski kamu bisa terbang sepanjang tahun tanpa mengenal musim, namun kondisi cuaca di area tersebut terbilang cukup dinamis. Jadi, terkadang kamu harus menunggu cuaca sedikit mendukung untuk melakukan ‘penerbangan’ di Matantimali.

Berani Naik Kereta Gantung Di Pantai Timang?

Objek wisata ekstrim ini sendiri awalnya difungsikan sebagai transportasi para nelayan untuk menyeberang ke pulau tersebut guna mencari ikan. Namun, kereta gantung yang menjadi moda transportasi tersebut justru banyak diminati wisatawan untuk merasakan sensasi mendebarkan menyeberangi lautan dengan peralatan sederhana.

Dengan ukuran hanya 1 x 0,5 meter saja, kamu bisa merasakan langsung deburan ombak saat menyeberang ke pulau yang ada di sisi lainnya. Tentu saja, faktor keamanan sudah ditingkatkan sedemikian rupa sehingga terjamin dan resikonya sangat kecil. Ingat, dengarkan arahan dari pemandu yang ada di sana ya!

Arung Jeram Ekstrim Di Sungai Alas

wisata alam
Sumber : freepik.com

Lokasinya berada di Aceh, dan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Disarankan untuk terlebih dahulu berlatih arung jeram, atau bahkan menjalani sertifikasi terlebih dahulu agar kamu bisa benar-benar menikmati lintasan yang ditawarkan di sana. Arusnya deras serta memiliki belokan yang tajam. Adrenalin dalam waktu singkat akan terpompa, sehingga kamu akan merasakan keseruan yang maksimal.

Wisata alam di Sungai Alas yang satu ini selain membutuhkan fisik dan mental yang kuat juga menuntut kewaspadaan. Karena masih sangat alami, maka tak jarang kamu akan menemukan banyak satwa liar yang berkeliaran di sekitar sungai tersebut.

Terakhir, Wisata Alam Panjat Tebing Di Lembah Harau

Bagi pecinta panjat tebing, nama Lembah Harau mungkin sudah tak asing lagi. Panjat tebing di Lembah Harau merupakan salah satu surga yang didambakan banyak pemanjat, karena menyajikan lintasan menantang dan beresiko tinggi. Tentu, keahlian khusus diperlukan agar dapat menaklukkan tebing-tebing di sana.

Namun ganjaran yang diberikan akan setimpal. Lanskap pemandangan yang sangat indah dan unik akan tersaji ketika kamu sudah berhasil menaklukkan salah satu tebing di sana. Jadi, sudah mempersiapkan alat yang kamu butuhkan untuk menaklukkan tebing ini?Keberadaan wisata alam di Indonesia ini merupakan kekayaan yang harus terus dikembangkan dan dikelola dengan baik. Untuk mendukung kegiatan wisata alam ekstrim di atas, lengkapi juga perjalananmu dengan peralatan dan perlengkapan terbaik dari Eiger Adventure, yang bisa kamu dapatkan di laman produk di situs ini. Segera persiapkan perjalanan dan petualanganmu, bersama Eiger Adventure!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru