HomeTips & TrickGreen & HealthyIni Dia 7 Manfaat Berenang yang Bisa Kamu Rasakan

Ini Dia 7 Manfaat Berenang yang Bisa Kamu Rasakan

Siapa tak mengenal olahraga berenang? Olahraga yang membuat seluruh bagian tubuh bergerak ini bisa jadi salah satu alternatif kegiatan yang menyehatkan. Tentu saja, manfaat berenang bagi tubuh sangat besar, selama dilakukan dengan rutin dan konsisten.

Karena bergerak di ruang yang jauh lebih padat daripada udara, maka tubuh juga memerlukan tenaga yang lebih besar. Ini akan membuat tubuh kamu bisa melatih kekuatan otot, membakar lemak, bahkan membuat mood menjadi lebih stabil.

Yap, agar dapat melihat secara lebih detail manfaat dari berenang, kamu bisa lihat dalam poin singkat berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Otot, Tulang, dan Jantung

Mengingat gerakan intens yang dilakukan dalam waktu cukup lama, maka berenang bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan otot, tulang, dan jantung. Selain itu, olahraga yang satu ini juga dapat melatih ketiganya untuk dapat meningkatkan kapasitas kerja.

Saat kamu berenang, secara praktis kamu menggerakkan badan untuk tetap melaju atau berada di permukaan. Mengingat kepadatan air yang lebih tinggi dari udara, maka tenaga dan usaha yang dikeluarkan juga akan lebih tinggi. Hal ini yang melatih ketiganya menjadi lebih sehat dan lebih kuat, ketika dilakukan secara rutin.

2. Menjadi Salah Satu Bentuk Kardio Efektif

manfaat berenang
Sumber : freepik.com

Jika kamu sedang dalam program diet atau menurunkan berat badan, olahraga berenang secara rutin bisa jadi salah satu bentuk kardio yang baik. Dalam kondisi ideal, 30 menit berenang bisa membakar antara 200 hingga 300 kalori. Jumlah yang cukup lumayan bukan?

Terlebih dengan gerakannya yang repetitif dan intens pada banyak bagian tubuh, pembakaran lemak akan berjalan lebih maksimal lagi. Kamu bisa merasakan efek ini secara nyata ketika kamu sudah rutin berenang, dan tentu didukung dengan pola hidup yang sehat setiap hari.

3. Sirkulasi Darah dan Tingkat Stres

Ketika kamu berenang secara otomatis sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar. Hal ini berkaitan dengan kesehatan jantung, sekaligus kesehatan mental. Selesai berenang biasanya kamu akan merasakan suasana hati yang lebih baik, sehingga dapat menurunkan tingkat stres.

Manfaat berenang yang jarang disadari justru mungkin berada pada poin ini, dalam hal mengurangi atau mengendalikan tingkat stres. Pernafasan yang teratur, gerakan kontraksi dan relaksasi yang berirama, membuat tubuh secara alami bisa bekerja secara optimal dan meningkatkan derajat kesehatan kamu.

Baca Juga : Inilah Manfaat Lari Pagi bagi Kesehatan Fisik dan Mental

4. Merangsang Pertumbuhan Tulang

manfaat berenang
Sumber : freepik.com

Manfaat berenang yang lain adalah membantu merangsang pertumbuhan tulang. Dengan rutin berenang, kamu yang mungkin masih berada dalam masa pertumbuhan bisa tumbuh dengan optimal, dan mencapai tinggi badan yang ideal.

Rangsangan gerak yang diterima tubuh secara terus menerus dapat membantu kamu menjadi lebih tinggi, sekaligus melatih otot. Jadi tak hanya mencapai tinggi badan ideal, kamu juga akan memiliki badan yang proporsional, terlebih ketika berenang yang kamu lakukan memiliki menu latihan dan intens.

5. Kualitas Tidur Meningkat

Pernahkah kamu merasakan rasa lelah ketika selesai melakukan satu sesi berenang? Selepas mandi dan membersihkan diri, biasanya perut akan terasa lapar dan mata mengantuk. Setelah diberikan asupan makanan sehat, kamu akan merasakan tidur yang jauh lebih berkualitas.

Meningkatkan kualitas tidur jadi manfaat selanjutnya dari olahraga ini. Ketika badan sudah merasa lelah, tidur dengan lebih baik bukan lagi jadi halangan. Secara otomatis badan akan lebih cepat tertidur, karena perlu untuk melakukan pemulihan.

Agar lebih optimal, pastikan asupan makanan yang masuk benar-benar bernutrisi, agar ketika bangun kamu merasa lebih segar.

6. Resiko Diabetes dapat Ditekan

Dijelaskan dalam poin kedua tadi, bahwa berenang selama 30 menit dapat membakar sekitar 200 sampai 300 kalori. Hal ini tentu, juga berdampak baik pada keseimbangan gula darah, sehingga membantu kamu terhindar dari resiko diabetes.

Memang ini akan menjadi salah satu efek jangka panjang yang terasa ketika kamu berenang secara rutin dan dalam waktu yang relatif lama.

7. Manfaat Berenang untuk Keseimbangan

Berenang juga dikatakan mampu membantu seseorang meningkatkan keseimbangan yang dimilikinya. Gerakan yang terkoordinasi antara tangan, kaki, pinggang, hingga bagian atas tubuh, membantu tubuh untuk memiliki koordinasi lebih baik, sehingga tingkat keseimbangan juga naik.

Tak heran jika berenang juga disarankan untuk anak-anak, agar dapat membantu tumbuh kembang secara fisik maupun motoriknya. Ketika anak-anak terbiasa berenang, maka pertumbuhan fisik dan kemampuan motoriknya juga akan ideal.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Tempat Camping Di Bandung Bersama Keluarga 

Itu tadi beberapa manfaat berenang yang bisa kamu rasakan dalam jangka panjang dan jangka pendek. Tentu, manfaat berenang secara optimal akan lebih terasa ketika dipadukan dengan pola hidup sehat yang diterapkan setiap hari.

Untuk mendapatkan manfaat berenang secara praktis, konsistensi akan menjadi kuncinya. Kamu juga bisa menggunakan peralatan berenang yang berkualitas, untuk mendukung olahraga ini, misalnya seperti kacamata renang, pakaian renang yang sesuai, dan lain sebagainya.

Informasi mengenai manfaat berenang di atas semoga bisa berguna ketika kamu membacanya. Kamu juga bisa mendapatkan banyak informasi lain terkait topik sejenis di blog Eiger Adventure. Kunjungi blog-nya sekarang, dan dapatkan artikel menarik dan informatif!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments