HomeTips & TrickMenakjubkan, Inilah Daftar Wisata Air Terjun Terbaik di Indonesia

Menakjubkan, Inilah Daftar Wisata Air Terjun Terbaik di Indonesia

Destinasi wisata alam di Indonesia memang tidak ada habisnya. Di antara kekayaan alam yang ada di Indonesia, wisata air terjun menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk dikunjungi. Di Indonesia, ada ratusan wisata air terjun dengan segala keindahannya. Dari sekian banyaknya wisata air terjun yang ada, setidaknya ada tujuh wisata air terjun yang paling direkomendasikan. Semuanya tentu memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing. Ayo, cek ulasan selengkapnya di bawah ini. 

7 Destinasi Wisata Air Terjun Terbaik di Indonesia

wisata air terjun
(Gambar Hanya Ilustrasi)

1. Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso-piso terletak tidak jauh dari Danau Toba, tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Sudah terkenal hingga mancanegara, Air Terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl yang dikelilingi oleh hutan pinus. Tinggi air terjun ini mencapai 120 meter. Usaha untuk mencapai air terjun terindah di Indonesia ini tidak akan sia-sia setelah kita melihat sendiri pemandangan alam yang ditampilkan. 

2. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Memiliki ketinggian 620 mdpl, Air Terjun Madakaripura memegang predikat sebagai air terjun tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Untuk bisa menyaksikan keindahan Air Terjun Madakaripura ini, kita perlu membayar tiket masuk yang terbilang murah, dan melewati jalan yang cukup terjal dan licin. Di sana kita akan menjumpai air yang sangat dingin dan jernih. Menariknya lagi, terdapat gua yang dipercaya sebagai tempat Mahapatih Gajah Mada bertapa.

3. Air Terjun Banyumala, Bali

Siapa yang sangka bahwa Bali juga menyimpan air terjun yang menyuguhkan panorama indah? Air Terjun Banyumala berada di dasar sebuah lembah dengan tiga sisi air terjun. Air terjun terbesar berada di bagian tengahnya, dengan air yang mengalir deras akan membentuk sebuah kolam alami yang airnya begitu jernih dan segar. Jika tertarik berkunjung ke Air Terjun Banyumala, Eigerian bisa langsung datang ke Desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng. Jangan lupa siapkan sejumlah uang untuk membayar tiket masuk ke Air Terjun Banyumala.

4. Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Berada di tepi Sungai Oyo, Air Terjun Sri Gethuk berasal dari tiga sumber mata air yang bernama Kedung Poh, Ngandong, dan juga Ngumbul. Ketiga sumber mata air tersebut mengalir melalui tebing karst dan membentuk kolam alami di dasar air terjun. Di sinilah kita bisa berenang atau sekadar bermain air sambil merasakan kesegaran airnya. Masyarakat setempat percaya bahwa Air Terjun Sri Gethuk merupakan tempat penyimpanan kethuk, yaitu salah satu instrumen gamelan, milik Jin Anggo Meduro. Konon pada saat tertentu akan terdengar suara gamelan dari arah air terjun. Daripada penasaran, langsung saja datang ke Air Terjun Sri Gethuk di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.

5. Air Terjun Nglirip, Tuban

Bergeser ke Jawa Timur, kita bisa mampir ke Air Terjun Nglirip di Pedukuhan Jojogan Desa Mulyoagung, Singgahan. Dari pusat Kota Tuban, jaraknya kira-kira 36 kilometer. Begitu sampai di lokasi, kita akan langsung disambut dengan keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan lebar 28 meter. Air Terjun Nglirip berasal dari beberapa sumber air di daerah Hutan Krawak, yang berjarak sekitar 3 kilometer dari lokasi. Airnya yang jernih dan alirannya yang cukup deras membuat wisata air terjun ini terasa sejuk. Menariknya lagi, di balik air terjun kita juga bisa menemukan sebuah gua yang kabarnya sering digunakan sebagai tempat bersemadi.

6. Air Terjun Nokan Nayan, Kalimantan Barat

Di Kalimantan Barat juga ada wisata air terjun yang sangat memukau. Air Terjun Nokan Nayan memiliki ketinggian mencapai 180 meter. Debit air yang sangat deras membuat air terjun ini menciptakan kabut yang tinggi. Di balik keindahan Nokan Kayan, ada mitos yang beredar bahwa air terjun ini adalah tempat tinggal bagi para makhluk gaib. Itulah sebabnya kawasan ini sering dijadikan sebagai tempat melakukan ritual gaib. Terdapat juga larangan-larangan yang harus ditaati jika kita berkunjung ke kawasan ini.

7. Air Terjun Batang Kapas, Riau

Air terjun yang berada Kabupaten Kampar, Provinsi Riau ini memiliki ketinggian 133 meter. Saking tingginya, wisata air terjun ini diklaim sebagai air terjun tertinggi di Sumatera dan tertinggi kelima di Indonesia, lho. Untuk mencapai destinasi wisata air terjun ini dibutuhkan usaha yang cukup keras. Kita perlu menempuh jalanan yang terjal berpuluh-puluh kilometer jauhnya. Cocok sekali bagi Eigerian yang berjiwa petualang!

Baca juga: Berkunjung ke Museum Indonesia: Tak Hanya Bikin Pintar, Tapi Juga Menyenangkan

Jangan Lupa Bawa Perlengkapan!

wisata air terjun

Barang bawaan atau perlengkapan berwisata menjadi hal penting yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan wisata air terjun. Karena barang-barang pribadi biasanya cukup sulit untuk didapatkan di sekitar objek wisata air terjun, jadi jangan sampai waktu kita terbuang sia-sia gara-gara mencari barang keperluan pribadi yang sebenarnya bisa dipersiapkan sejak dari rumah. Termasuk botol minum, jangan sampai ketinggalan! 

Baca juga: Hiking Di Ranu Kumbolo, Menikmati Alam Asri yang Luar Biasa

Sebaiknya kita membawa barang-barang yang dibutuhkan saja. Jangan memenuhi tas dengan barang-barang yang sekiranya tidak akan dipakai atau tidak berfaedah. Pastikan tas yang kita pakai memiliki ruang penyimpanan yang cukup. Berbagai jenis tas dengan fitur terbaik bisa ditemukan di Eiger Adventure Store terdekat, atau bisa juga melalui website-nya. Cek pilihan produk Eiger selengkapnya sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru