HomeTips & TrickLifestyleIni Ide 7 Kegiatan Bulan Ramadhan untuk Anak Tanpa Keluar Rumah

Ini Ide 7 Kegiatan Bulan Ramadhan untuk Anak Tanpa Keluar Rumah

Melewatkan bulan ramadhan bersama anak memang jadi satu anugerah tersendiri. Terlebih untuk kamu, yang bulan ramadhan tahun ini bisa melaksanakannya dengan cara demikian. Beberapa kegiatan bulan ramadhan untuk anak bisa dilakukan, tanpa harus meninggalkan rumah.

Melewatkan hari-hari dengan meminimalisir kegiatan di luar ruangan masih jadi prioritas, di tengah kondisi penyebaran virus yang terbilang masih cukup cepat ini. Di samping bisa melindungi anak dari resiko penularan, kamu juga bisa mendapatkan banyak waktu berkualitas bersama anak.

Nah, untuk mengetahui beberapa kegiatan bulan ramadhan untuk anak tersebut, kamu bisa melihatnya dalam poin singkat berikut ini.

1. Membaca Buku Bersama Anak

Kegiatannya sederhana, mudah dilakukan, dan termasuk dalam kegiatan yang produktif. Membaca buku bersama anak bisa jadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Terlebih ketika buku yang dibaca menarik dan disukai anak-anak.

Kegiatan bulan ramadhan untuk anak ini bertujuan agar anak tidak terlalu memikirkan rasa lapar dan haus yang harus ditahannya. Distraksi dengan buku, yang bisa menambah pengetahuan dan kreativitas, adalah hal yang baik untuk anak. Sambil menyelam minum air, kamu bisa membantu anak berpuasa sampai waktu berbuka sambil memberikan berbagai pengetahuan baru.

2. Mengajaknya Olahraga Ringan

Kegiatan bulan ramadhan untuk anak
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Olahraga jadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan ketika menunggu berbuka puasa. Baik di lakukan di pagi hari atau sore hari menjelang berbuka, olahraga bisa membuat tubuh terasa lebih segar dan bersemangat.

Yang perlu jadi catatan adalah olahraga yang dilakukan selama bulan puasa ini sebaiknya dalam taraf ringan, sehingga tidak terlalu menguras energi. Dengan demikian, badan akan terasa tetap segar, dan metabolisme tubuh dan penyerapan nutrisi dalam makanan bisa tetap optimal.

Baca Juga : Yuk Memilih Tanaman Depan Rumah agar Makin Estetik!

3. Membuat Kartu Ucapan

Meski bisa ditemukan dengan mudah di toko terdekat, namun membuat kartu ucapan hari raya akan jadi kegiatan bulan ramadhan untuk anak yang seru. Kamu bisa melatih kreativitas anak sekaligus menghabiskan banyak waktu saat membuatnya.

Tentu, siapkan semua bahan dan pastikan anak tidak menggunakan benda tajam. Untuk menjaga keamanannya, jika diperlukan penggunaan gunting atau cutter, kamu bisa menangani bagian ini. Biarkan anak berkreasi, dan nikmati waktu berkualitas bersama anak ini.

4. Menyiapkan Menu Berbuka

Kegiatan bulan ramadhan untuk anak
Sumber : freepik.com )gambar hanya ilustrasi)

Anak-anak adalah manusia yang sangat mudah menyerap hal baru, dan menyukai apapun yang terasa menyenangkan. Kamu bisa mengajaknya menyiapkan menu berbuka sebagai kegiatan untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Kamu bisa menggunakan YouTube untuk menjadi pemandu memasak menu berbuka. Selain bisa mengasah kemampuan anak dalam mengenali bahan makanan, kegiatan ini juga baik untuk membekalinya dengan kemampuan dasar dalam memasak dan mengetahui berbagai menu baru.

5. Mendekorasi Kamar dan Ruangan

Salah satu persiapan yang seru dan bisa melibatkan anak-anak dalam menyambut hari raya Idul Fitri adalah menghias kamar dan ruangan. Dengan begini, rumah akan terlihat semakin menarik dan meriah.

Kamu bisa melihat berbagai ide dan kreasi dekorasi rumah dan kamar dari berbagai sumber. Pilih yang dirasa cocok dan cukup mudah untuk dikerjakan bersama anak, dan persiapkan semua bahan-bahannya. Kegiatan ini bisa memakan cukup banyak waktu, bahkan mungkin tak bisa diselesaikan dalam satu hari saja.

6. Kegiatan Bulan Ramadhan untuk Anak: Bersih-Bersih Rumah!

Kegiatan bulan ramadhan untuk anak
Sumber : freepik.com )gambar hanya ilustrasi)

Bisa membantu keperluan rumah adalah salah satu hal yang mungkin diharapkan banyak orang tua dari anaknya. Paling sederhana, membantu menjaga kebersihan dan kerapian rumah selama berada di rumah.

Nah, untuk ide kegiatan bulan ramadhan selanjutnya, kamu bisa mengajak anak-anak untuk bersih-bersih rumah. Tak perlu diberikan tugas terlalu berat, cukup dengan merapikan mainan yang ada di kamar atau tempat bermain, kemudian meletakkan barang-barang di tempatnya semula, atau membantu membawakan alat kebersihan.

Selain bisa ikut berperan dalam menjaga kebersihan rumah, kegiatan ini juga jadi sarana bagus melatih anak tentang tanggung jawab.

7. Beribadah Bersama

Last but not least, kamu bisa mengajak anak untuk menjalankan ibadah bersama-sama sebagai pengisi waktu. Bukan hanya ibadah puasa saja, namun seperti sholat, kemudian membaca kitab suci, atau jenis ibadah lain yang bisa dilakukan bersama-sama.

Kegiatan ini, selain memang dianjurkan oleh ajaran agama, juga bisa membantu membentuk karakter anak menjadi lebih baik seiring tumbuh kembangnya. Pemahaman mengenai kewajiban beribadah dan nilai-nilai keagamaan bisa membantunya memiliki karakter yang kuat, baik, dan terpuji.

Baca Juga : Apa Sih Manfaat Melakukan Olahraga Malam untuk Kesehatan? 

Beberapa inspirasi kegiatan bulan ramadhan untuk anak di atas semoga bisa jadi ide yang menarik untuk dilakukan. Jika kamu memiliki ide lain, kamu bisa langsung menuliskannya di kolom komentar, untuk berbagai dengan pembaca lainnya!

Nah, terkait dengan tujuh kegiatan bulan ramadhan untuk anak di atas, kamu juga bisa cek selengkapnya di website Eiger Adventure Official untuk berbagai artikel lain. Selain artikel sebagai bacaan menarik, kamu juga bisa menemukan berbagai produk berkualitas untuk kegiatan luar ruang. Segera kunjungi laman produk dan blog-nya, dan dapatkan semua yang kamu butuhkan di sana!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments