HomeTips & TrickGreen & HealthyKhasiat Daun Putri Malu, Ternyata Mengandung Anti Kanker!

Khasiat Daun Putri Malu, Ternyata Mengandung Anti Kanker!

Putri Malu apa yang ada di benak kalian saat mendengar tumbuhan yang satu ini? Daunnya yang unik bukan? Ketika disentuh, Putri Malu akan menutup sendiri di bagian daunya. Selang beberapa menit, daun akan kembali seperti semula. Namun dibalik keunikannya, ternyata khasiat daun putri malu tidak main-main loh Eigerian. Yuk cari tahu lewat artikel berikut ini. 

Daun Putri Malu

Daun Putri Malu atau mimosa pudica adalah anggota suku polong polongan loh Eigerian. Kata Pudica ini juga diambil dari bahasa Latin yang artinya malu atau menciut. 

Gerakan menutup dari Putri Malu di sebut gerakan Nasti. Gerakan nasti ini terjadi karena adanya keseimbangan air pada bantal daun, maka terjadilah gerakan menutup dan membuka bila disentuh. 

Apa Saja Khasiat Daun Putri Malu?

Tanaman unik ini memiliki banyak khasiat dan manfaat loh, baik menyembuhkan penyakit maupun merawat tubuh agar lebih sehat. Yuk dalam kesempatan ini, kita bahas lebih lengkap tentang khasiat putri malu.

1. Daun Putri Malu Bisa Sembuhkan Batuk!

Siapa dari Eigerian yang pernah atau sedang terkena batuk berdahak? Yuk coba cara ini. Rebus 10 sampai 15 gram tanaman putri malu yang sudah dicuci bersih bersama dengan air secukupnya, jika sudah dingin bisa diminum sampai habis dan lakukan rutin sampai batuk sembuh. Daun Putri Malu juga bisa sembuhkan pilek loh, daun ini memang berkhasiat untuk mengurangi penyakit pernapasan ya Eigerian.

3. Atasi Luka Diabetes

Penderita diabetes biasanya memiliki luka yang sulit kering bukan? Putri Malu bisa berkhasiat mengatasinya loh. Kamu bisa ambil bagian akar putri malu lalu jemur di bawah matahari hingga kering, haluskan hingga menjadi bubuk kemudian rendam dalam methanol selama tiga minggu. Selanjutnya saring air rendaman putri malu dengan kertas saring, Eigerian kemudian bisa menggunakanya sebagai obat oles luka. 

4. Daun Putri Malu Bisa Membuatmu Nyenyak Tidur 

Istirahat sangatlah penting Eigerian, jangan sampai kita mengalami kurang tidur di malam hari ya.  Untuk kamu para penderita insomnia, kamu bisa menggunakan resep ini untuk tidur lebih nyenyak. Rebus 30 gram putri malu dengan air secukupnya, minumlah ramuan ini sesaat sebelum kamu pergi tidur. 

5. Mengobati Rematik

Radang pada sendi yang terjadi karena masalah autoimun tubuh disebut rematik. Biasanya rematik lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria. Jika Eigerian memiliki penyakit rematik cobalah merendam tanaman putri malu dalam arak putih. Diamkan rendaman tersebut hingga dua minggu, setelah itu tanaman putri malu bisa ditempelkan pada area tubuh yang terasa nyeri. 

6. Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Daun Putri Malu

Tanaman Putri Malu, memiliki kandungan mikronutrien serta berbagai mineral penting seperti zat besi, seng, magnesium dan mangan. Nah beberapa kandungan tersebut ternyata sangat dibutuhkan oleh tubuh loh. Selain menjaga sistem imun, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Kamu pun akan terhindar dari serangan virus, bakteri, kuman ataupun polutan berbahaya. 

Baca Juga: Yuk, Kenali Fitur Kesehatan Digital untuk Menyeimbangkan Hidup

7. Menghentikan Pendarahan dan Mencegah Infeksi

Manfaat daun putri malu lainya ternyata ga main-main loh. Untuk kamu para wanita, bisa coba jaga kesehatan kulit dengan tanaman putri malu. Tanaman putri malu memiliki senyawa tanin serta zat antioksidan tinggi. Kandungan zat ini sangat bermanfaat untuk cegah resiko infeksi, dan batu proses pembentukan jaringan kulit baru yang sehat.

8.  Daun Putri Malu Bisa Atasi Gondongan 

Gondongan adalah pembengkakan yang terjadi di bagian bawah wajah dekat telinga. Ini disebabkan oleh infeksi virus. Sebenarnya gondongan bisa sembuh dengan sendirinya, dengan beristirahat cukup, minum air putih dan mengkonsumsi obat penghilang sakit. Namun menurut studi Putri Malu bisa percepat penyembuhan gondongan loh. Kandungan dalam Putri Malu dapat menghambat virus penyebab gondongan.

9.  Memiliki Sifat Antikanker

Manfaat lainya dari putri malu adalah tanaman ini bersifat antikanker. Daun putri malu memiliki zat antioksidan yang diyakini mampu jadi obat herbal yang dapat menghambat dan cegah pertumbuhan sel-sel kanker. Rebus 10-15 gram daun putri malu. Setelah direbus beberapa saat, tunggu hingga airnya hangat. Eigerian bisa menambahkan madu secukupnya, minum satu sampai dua kali sehari ya. 

10. Ternyata Bisa Tangkal Ular Berbisa!

Khasiat Daun Putri Malu yang terakhir adalah bisa menangkal bisa atau racun ular cobra yang sangat berbahaya loh. Namun sayangnya, pemanfaatan tanaman putri malu untuk keperluan ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang telah berpengalaman, seperti herbalis. 

Nah itu tadi 10 khasiat daun putri malu yang ternyata nggak main-main ya Eigerian. Selain keunikan daunya, daun putri malu juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit ya Eigerian. Dapatkan informasi menarik lainya di blog resmi EIGER Adventure.

Kalau kamu lagi cari keperluan mendaki, touring atau outfit liburan dan sehari-hari kunjungi website eigeradventure.com ya kami menyediakan berbagai keperluan sehari-hari sampai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments