HomeNews & InfoEIGER EventEISCC: Kompetisi Panjat Tebing Tahunan EIGER Lahirkan Atlet Berprestasi

EISCC: Kompetisi Panjat Tebing Tahunan EIGER Lahirkan Atlet Berprestasi

EIGER secara rutin menyelenggarakan kompetisi panjat tebing tahunan yang bernama EISCC atau EIGER Independence Sport Climbing Competition. Ayo, simak penjelasan tentang kegiatan EISCC di bawah ini!

Apa Itu EISCC?

Kompetisi panjat tebing

EIGER memiliki kategori aktivitas utama yang mencakup EIGER Mountaineering, EIGER Riding, dan EIGER 1989. Di kategori Mountaineering, EIGER juga memberi dukungan penuh pada kegiatan panjat dengan menyelenggarakan kompetisi panjat tebing tingkat nasional, EISCC yang juga masuk ke dalam kalender FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia).

EISCC pertama kali diselenggarakan pada tahun 2001 yang berlokasi di EIGER Adventure Store Jl. Cihampelas, Bandung. Event yang dilaksanakan bertepatan dengan momen hari kemerdekaan RI ini juga menjadi bentuk dukungan sekaligus apresiasi EIGER terhadap dunia olahraga panjat tebing di Indonesia.

Kejuaraan ini diikuti oleh atlet-atlet nasional maupun internasional dan diharapkan bisa menjadi tolok ukur dalam mencetak pemanjat-pemanjat tebing yang andal dan berkualitas.

Di bawah ini adalah beberapa nama atlet jebolan EISCC yang kini telah menjadi salah satu pengurus di FPTI, pelatih olahraga panjat, hingga yang masih aktif bertanding di kejuaraan, seperti Yuyun Yuniar, Wilda Baco Ahmad, Ronald Mamarimbing, Nurmansyah, Abudzar Yulianto, Aspar Jaelolo, Alfian M. Fajri, Nurul Iqamah, dan masih banyak lainnya.

Menurut Nana Herdiana selaku Climbing Instructor sekaligus Ketua Pelaksana EISCC, “Event ini sebenarnya diadakan untuk menjadi barometer para atlet panjat Indonesia, karena rata-rata yang hadir di EISCC merupakan atlet-atlet terbaik dari Indonesia. Setiap empat tahun, EISCC juga menjadi ajang kompetisi para atlet nasional sebagai persiapan gelaran PON (Pekan Olahraga Nasional) yang diadakan menjelang akhir tahun.”

Kompetisi Panjat Tebing EISCC 2024

Kompetisi panjat tebing

Tahun ini, EIGER kembali menyelenggarakan EISCC yang ke-17 dan meningkatkan level kejuaraan menjadi level ASIA dengan mengundang atlet-atlet yang sebelumnya ikut dalam babak kualifikasi Olimpiade Paris 2024 dari beberapa negara tetangga, yaitu Cina, Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea Selatan, dan Filipina.

Kategori yang diperlombakan pada EISCC 2024 adalah Lead Man & Woman dan Speed World Record Man & Woman. Sebanyak 150 atlet akan berkompetisi memperebutkan total hadiah USD 19.500 sesuai dengan standarisasi yang dibuat oleh IFSC (International Federation of Sport Climbing).

Mamay S. Salim selaku Climbing Expert dan EIGER Technical Advisor juga punya harapan untuk perkembangan dunia panjat tebing, khususnya bagi para generasi penerus. Beliau mengatakan, “Dengan terselenggaranya EISCC ini semoga olahraga panjat tebing bisa diterima dan dipahami oleh seluruh anggota masyarakat seperti layaknya cabang olahraga yang lain. Bagi kalangan pemanjat muda, harapannya dengan adanya kegiatan ini bisa memperoleh pelajaran tentang climbing skill yang diperagakan oleh para master.”

EISCC 2024 akan diselenggarakan pada 14-17 Agustus berlokasi di EIGER Adventure Flagship Store (EAFS) Jl. Sumatera No. 23, Bandung.

Kategori Lead Climbing & Speed World Record

Kompetisi panjat tebing

Berikut ini adalah dua kategori yang diperlombakan di EISCC 2024:

Lead Climbing

Lead climbing merupakan pemanjatan di mana sang pemanjat memasang peralatan pengaman dan diamankan oleh belayer dari bawah. Dalam perlombaan ini, penilaian Lead Climbing ditentukan oleh titik tertinggi yang dapat dicapai oleh sang pemanjat dengan waktu yang telah ditentukan, yaitu maksimal 6 menit.

Speed World Record

Jika dibandingkan dengan Speed Classic, Speed World Record memiliki perbedaan pada jalur serta jarak pegangan dan pijakan yang disesuaikan dengan ketetapan standar internasional IFSC. Dalam perlombaan ini, penilaian Speed World Record ditentukan pada rekor waktu tercepat yang dapat dicetak oleh sang pemanjat hingga titik finish.

Baca Juga: Pentingnya Pahami Prosedur Panjat Tebing, Cek Selengkapnya!

Jumlah Peserta EISCC dari Tahun ke Tahun

Berikut ini adalah jumlah peserta yang mengikuti EISCC sejak tahun pertama diselenggarakan hingga tahun 2023:

2001-2005 (EIGER Cihampelas Flagship Store, Bandung)

  • 2001 – 131 partisipan
  • 2002 – 101 partisipan
  • 2003 – 145 partisipan
  • 2004 – 119 partisipan
  • 2005 – 133 partisipan

2012-2013 (EIGER Sumatera Flagship Store, Bandung)

  • 2013 – 130 partisipan

2014 (Bumi Perkemahan Ranca Upas, Kab. Bandung)

  • 136 partisipan

2015 (EIGER Sumatera Flagship Store, Bandung)

  • 169 partisipan

2016 (EIGER Sunset Road Flagship Store, Bali)

  • 100 partisipan

2017-2023 (EIGER Sumatera Flagship Store, Bandung)

  • 2017 – 141 partisipan
  • 2018 – 150 partisipan
  • 2019 – 168 partisipan
  • 2022 – 237 partisipan
  • 2023 – 135 partisipan

Program Panjat Tebing dari EIGER

  1. EISCC (EIGER Independence Sport Climbing Competition): kejuaraan panjat tebing berskala nasional yang diselenggarakan setiap tahun bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan RI.
  2. ECC (EIGER Climbing Center): pembinaan panjat tebing untuk usia dini yang diadakan di empat kota, yaitu Bandung, Surabaya, Bali, dan Makassar.
  3. ECS (EIGER Climbing Series): kejuaraan panjat tebing untuk anak-anak maksimal usia 13 tahun yang baru diadakan tahun ini di Bandung, Surabaya, Bali, dan Makassar.
  4. Hanging Camp: kegiatan camping bersama menggunakan hammock di tebing alam yang diselenggarakan pertama kali tahun 2019 di Tebing Citatah.

Baca Juga: 10 Alat Panjat Tebing Beserta Fungsi dan Cara Pakainya

Terus Ikuti Kegiatan Seru bareng EIGER

Ayo, terus dukung atlet panjat tebing Indonesia yang akan ikut bertanding di Olimpiade Paris 2024 pada akhir Juli hingga Agustus nanti. Atlet yang akan berangkat di antaranya adalah Rahmad Adi Mulyono, Veddriq Leonardo, Raji’ah Sallsabilah, dan Desak Made Rita K. Dewi.

Selamat berjuang untuk kontingen Indonesia! Semoga pertandingan berjalan lancar dan para perwakilan dapat memberikan yang terbaik untuk negara tercinta.

Ikuti juga kegiatan seru bareng EIGER yang selalu hadir setiap tahunnya hanya di Instagram @eigeradventure & @eiger.east. Jangan ketinggalan juga buat ikuti update ceritanya di blog.eigeradventure.com, ya Eigerian!

Beli Juga Berbagai Perlengkapan Petualangan Lainnya

Jangan lupa lengkapi semua peralatan petualangan terbaikmu dengan EIGER. Belanja sekarang di situs resmi EIGER Adventure.

Kamu juga dapat langsung berbelanja di EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Untuk kemudahan dan kenyamanan, Eigerian bisa berbelanja online melalui aplikasi mobile EIGER Adventure di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Nikmati kelengkapan produk, jaminan produk original, berbagai promo menarik, banyak pilihan metode pembayaran, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Cek sekarang juga!

Simak Recap EISCC 2023

Tonton keseruan kejuaraan EISCC tahun lalu yang diselenggarakan di Bandung!

Tertarik Olahraga Sport Climbing? Yuk Ikutan Kompetisi Ini!

KOMPETISI PANJAT TEBING EIGER INDEPENDENCE SPORT CLIMBING COMPETITION 2024

EISCC (EIGER Independence Sport Climbing Competition) adalah kejuaraan panjat tebing nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh EIGER. Event ini bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kompetisi ini merupakan ajang untuk mengadu bakat dan kemampuan dalam mengatur kekuatan dan strategi. 

Kejuaraan bergengsi ini memperebutkan total hadiah sebesar 320 juta rupiah dengan kategori yang diperlombakan yaitu Lead & Speed world record putra-putri.

Ayo daftar sekarang juga melalui link di sini ini!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru