HomeTips & TrickMountaineering4 Lokasi Komunitas Panjat Tebing Bandung, Yuk Coba Mampir!

4 Lokasi Komunitas Panjat Tebing Bandung, Yuk Coba Mampir!

Untuk kamu yang berdomisili di Bandung dan sedang mencari komunitas di bidang panjat tebing, artikel ini akan sangat cocok dibaca sampai selesai. Pasalnya, akan disampaikan beberapa komunitas panjat tebing Bandung yang bisa diikuti, dan mulai mengasah kemampuan atau sekedar menyegarkan pikiran.

Seperti namanya, komunitas panjat tebing Bandung adalah komunitas yang fokus pada aktivitas panjat tebing dan tersebar di area Bandung. Mengingat Bandung memiliki kontur daratan yang juga mendukung, tak heran jika komunitas seperti ini banyak muncul dan terus melakukan aktivitas bersama anggotanya.

Baca Juga: 10 Gunung Destinasi Para Pendaki yang Populer, Ini Profilnya!

Daftar Komunitas Panjat Tebing Bandung

Komunitas panjat tebing bandung
Sumber: freepik via freepik.com

Sebenarnya komunitas-komunitas ini sendiri bisa dengan mudah kamu temukan ketika mendatangi tempat-tempat panjat tebing atau wall climbing di area Bandung. Jadi untuk memudahkan pencarian pada komunitas panjat tebing Bandung, berikut beberapa lokasi yang bisa kamu datangi untuk mencari tahu informasi lebih dalam tentang komunitas ini.

1. Yuk Manjat, Mall Click Square

Lokasinya berada di dalam Mall Click Square, Jalan Naripan nomor 89. tempat ini buka dari pukul 13.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Tapi untuk weekend, jam bukanya maju menjadi pukul 10.00 WIB jadi kamu bisa datang lebih cepat.

Yuk Manjat menyediakan dua opsi utama untuk kamu yang ingin mencoba memanjat tebing. Pertama adalah menjadi member tetap, dan yang kedua menjadi climber harian. Harga yang diberikan juga berbeda, tapi kelengkapan peralatan yang diberikan dapat dipastikan memiliki standar kualitas yang solid. Kamu bisa mendapatkan pendampingan profesional ketika beraktivitas di sana.

2. Saparua Climbing and Bouldering Wall

Selanjutnya adalah Saparua Climbing and Bouldering Wall. Berlokasi di dalam kompleks arena olahraga Saparua, Jalan Saparua, kamu bisa mencoba aktivitas seru ini dan berkumpul dengan orang-orang satu minat dengan biaya yang cenderung terjangkau.

Salah satu daya tariknya adalah panjat tebing dilakukan secara outdoor, sehingga memberikan kesan yang lebih menantang dan memacu adrenalin. Tentu, kamu tak perlu khawatir sebab area ini selalu ramai dengan climber pemula dan berpengalaman, yang berbagi tips dan trik untuk memulai panjat tebing.

3. EIGER Climbing Center

Nah untuk Eigerian, EIGER Climbing Center akan jadi tempat paling tepat. Lokasinya ada di Jalan Sumatera Nomor 23, jadi mudah untuk dijangkau menggunakan berbagai jenis moda transportasi yang ada di Bandung.

Kamu bisa mengikuti latihan khusus sesuai dengan usia yang didukung peralatan wall climbing lengkap dari EIGER Adventure. Tidak hanya itu, ada tenaga profesional yang disiapkan untuk bertugas mendampingi pengunjung yang datang ke sana.

Jam operasionalnya sendiri antara pukul 09.00 WIB sampai 20.00 WIB. Jika cukup rutin mampir dan berolahraga di sana, kamu juga bisa berkesempatan menghadiri dan menyaksikan berbagai event menarik yang diadakan di EIGER Climbing Center.

4. Lancah Raba Climbing Gym

Komunitas panjat tebing Bandung berikutnya terletak di Lancah Raba Climbing Gym, yang berada di The Parlor Cafe, Jalan Rancakendal Luhur Nomor 9, Cimenyan, Kabupaten Bandung. Kamu bisa berkunjung dan mencobanya mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB.

Dengan mengangkat full color, kamu bisa membawa anak-anak mampir dan mencoba panjat tebing di lokasi ini. Semua peralatan pendukung telah tersedia, jadi kamu benar-benar hanya perlu datang dan membayar tiket masuknya saja.

Gabung dengan Komunitas Panjat Tebing dan Dapatkan Manfaatnya

Komunitas panjat tebing bandung
Sumber: EyeEm via freepik.com

Manfaat dari olahraga panjat tebing sendiri sudah cukup banyak, ditambah dengan aktivitas komunitas yang seru, semakin melengkapi benefit yang bisa kamu dapatkan. Terdapat cukup banyak manfaat bergabung dengan komunitas panjat tebing yang ada di Bandung, atau di berbagai kota lain.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tempat dan pergaulan baru yang produktif dan sati minat
  • Memiliki rasa kekeluargaan yang kuat
  • Dapat melatih kerjasama di dalam kelompok untuk memecahkan masalah
  • Bisa belajar mengambil tanggung jawab sebagai belayer dan berperan dalam kegiatan
  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Meningkatkan kelenturan dan kelincahan tubuh
  • Belajar skill dan kemampuan baru dalam konteks panjat tebing
  • Melatih berbagai otot di tubuh untuk menjadi lebih kuat
  • Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh
  • Meningkatkan memori otak
  • Menurunkan tingkat stres
  • Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru
  • Belajar banyak hal baru langsung dari ahlinya, sehingga apa yang diperoleh merupakan ilmu yang berguna dan valid

Sangat lengkap ‘kan? Ini kenapa untuk kamu yang sudah memiliki minat bergabung dengan komunitas panjat tebing Bandung atau kota lain, sangat direkomendasikan untuk mencobanya. Lagipula jika memang tidak cocok, setidaknya kamu punya pengalaman baru yang seru untuk dibagikan di kemudian hari.

Syarat Registrasi Komunitas Panjat Tebing Bandung

Komunitas panjat tebing bandung
Sumber: EyeEm via freepik.com

Nah untuk syarat pendaftaran komunitas panjat tebing Bandung sendiri mungkin akan berbeda antara satu komunitas dengan komunitas lainnya. Namun secara umum syarat yang diberikan tidak akan terlalu sulit, dan tidak jauh berbeda dengan komunitas-komunitas hobi lainnya.

Pertama, terkait dengan administrasi. Kamu biasanya akan diminta mengisi data diri secara lengkap untuk keperluan pendataan, menandatangani formulir dan kesepakatan mengenai risiko yang ada, dan berbagai ketentuan lain.

Kamu juga mungkin akan diminta membawa pas foto atau dokumen lain, seperti fotokopi KTP atau kartu identitas yang dapat digunakan sebagai sarana verifikasi identitas yang diperlukan oleh pengelola komunitas.

Selanjutnya akan ada biaya atau iuran yang perlu dibayar untuk berbagai keperluan, mulai dari perawatan peralatan, aktivitas komunitas, apresiasi pada pendamping, atau berbagai urusan lain yang memerlukan pembiayaan. Tapi tenang, biaya yang ada tidak akan terlalu mahal dan sepadan dengan apa yang diberikan komunitas tersebut. Biaya ini juga menjadi salah satu cara untuk memastikan konsistensi anggota komunitas untuk terus datang dan berlatih sehingga mendapatkan manfaat dari aktivitas panjat tebing yang diadakan.

Beberapa syarat lain mungkin diberikan, tapi akan sangat tergantung dengan komunitas yang kamu ikuti.

Baca Juga: Ikuti 7 Tips Hiking Aman saat Musim Kemarau di Gunung

Untuk mendukung setiap aktivitas yang kamu lakukan di komunitas panjat tebing Bandung ini, tentu kamu wajib memastikan semua peralatan yang digunakan memiliki kualitas solid. Berbagai gear dari EIGER Adventure bisa jadi solusi tepat untuk semua urusan, karena dipastikan memiliki kualitas dan standar produksi yang jelas untuk berbagai aktivitas luar ruangan seperti panjat tebing. Meski biasanya perlengkapan ini sudah disediakan di komunitas masing-masing, kamu juga bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru