HomeTips & TrickMountaineeringLogistik Camping Musim Hujan: Tetap Aman dan Nyaman Berkemah

Logistik Camping Musim Hujan: Tetap Aman dan Nyaman Berkemah

Saat cuaca sedang tak menentu, apakah Eigerian tetap ingin pergi camping? Jika iya, logistik camping yang tepat harus dipersiapkan dengan matang, supaya tetap aman dan nyaman berkemah.

Camping saat musim hujan memang memiliki daya tarik tersendiri yang tidak bisa ditemukan pada musim lainnya. Meski terlihat menantang, tapi pengalaman yang satu ini bisa memberikan sensasi yang unik dan menyegarkan. Bagaimana tidak, hujan itu menyegarkan alam, membuat daun-daun, bunga, dan pepohonan tampak lebih hijau dan segar. Udara juga terasa lebih sejuk dan bersih, karena hujan membantu membersihkan debu dan polusi di udara. Suasana inilah yang dapat memberikan nuansa relaksasi yang sulit ditemukan pada musim kemarau.

Daftar Logistik Camping Saat Musim Hujan

logistik camping
Sumber: Eiger Adventure

Camping saat musim hujan bisa tetap menyenangkan dengan persiapan dan sikap yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara agar Eigerian tetap bisa menikmati camping meskipun hujan:

1. Persiapan Tenda yang Baik

Pastikan tenda yang Eigerian pilih, tahan air dengan jahitan yang rapat dan rainfly yang bagus. Selain itu, perlu  juga menggunakan groundsheet tambahan untuk memastikan lantai tenda tidak bocor dari bawah.

2. Perlengkapan Tahan Air

Gunakan jaket dan celana tahan air serta sepatu gunung dengan fitur waterproof untuk menjaga tubuh tetap kering. Pakaian cadangan yang tetap kering juga sangat penting untuk menjaga kenyamanan. Kemudian, gunakan dry bag untuk menyimpan barang-barang elektronik, pakaian kering, dan peralatan penting agar tidak terkena basah.

3. Peralatan untuk Menciptakan Area Kering Tambahan

Eigerian juga  bisa membawa tarpaulin (terpal) dan tali untuk menciptakan area berlindung yang luas di luar tenda. Nantinya, area ini bisa digunakan untuk memasak, bersantai, atau berkumpul tanpa harus masuk ke dalam tenda. Jika memungkinkan, siapkan juga area khusus untuk memasak dengan tenda dapur kecil atau kanopi agar tetap aman saat menyiapkan makanan.

4. Makanan dan Minuman Hangat

Siapkan termos yang berisi air panas untuk teh, kopi, atau cokelat panas. Minuman hangat sangat penting karena dapat membantu menjaga tubuh tetap hangat dan nyaman di tengah hujan. Selain itu, makanan instan dan mudah dimasak juga perlu disiapkan. Sebaiknya, pilih makanan yang mudah disiapkan di kondisi hujan, seperti sup instan, oatmeal, atau mie instan.

5. Barang Pendukung Aktivitas di dalam Tenda

Eigerian juga bisa membawa buku, permainan kartu, atau papan permainan mini untuk mengisi waktu saat harus berlindung di dalam tenda. Hal ini bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk bersantai dan menikmati kebersamaan. Aktivitas menarik lainnya adalah mendengarkan musik atau podcast favorit menggunakan speaker portabel atau headphone. Ini bisa menambah suasana yang menyenangkan saat hujan turun di luar, lho.

6. Perlengkapan Agar Tetap Hangat dan Kering di Malam Hari

Gunakan sleeping bag yang cocok untuk suhu rendah, terutama di musim hujan di dataran tinggi atau pegunungan. Tambahkan juga sleeping pad untuk isolasi tambahan dari tanah yang basah dan dingin. Kemudian, pastikan Eigerian memiliki pakaian tidur yang tetap kering dan hangat. Hindari tidur dengan pakaian yang sudah basah agar tetap nyaman.

Baca juga: Gunung untuk Camping Keluarga: 5 Pilihan Terbaik untuk Liburan 

Tips Memilih Lokasi Camping Saat Musim Hujan

logistik camping
Sumber: Eiger Adventure

Memilih lokasi camping yang tepat saat musim hujan sangat penting untuk memastikan kenyamanan serta keamanan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih lokasi camping saat musim hujan yang perlu Eigerian perhatikan:

1. Pilih Tempat yang Lebih Tinggi

Hindari mendirikan tenda di lembah atau area yang rendah karena bisa berisiko banjir jika hujan deras. Pilihlah tempat yang sedikit lebih tinggi untuk memastikan air mengalir menjauh dari tenda, bukan menuju ke sana. Selain itu, pilih lokasi dengan kemiringan ringan agar air hujan tidak menggenang di sekitar tenda, namun jangan terlalu curam untuk menghindari tanah longsor.

2. Cari Lokasi dengan Drainase yang Baik

Pilihlah tanah dengan drainase alami yang baik, seperti tanah berkerikil atau rumput tebal yang bisa menyerap air. Sebaiknya hindari tanah yang berpasir atau tanah liat, karena jenis tanah ini cenderung menjadi lumpur dan licin saat basah. Lalu, pastikan lokasi tidak berada di jalur air alami yang mungkin terbentuk saat hujan deras. Ini juga termasuk jalur kecil yang bisa berubah menjadi aliran air.

3. Jangan Berkemah di Dekat Sungai atau Danau

Selama musim hujan, sungai dan danau bisa saja meluap dengan cepat, bahkan jika tidak terlihat berbahaya pada awalnya. Jadi, pastikan untuk menjaga jarak yang cukup jauh dari sumber air untuk menghindari risiko banjir mendadak. Selain itu, hindari mendirikan tenda di dataran banjir atau tepian sungai, karena air dapat mengalir lebih tinggi dari yang Eigerian perkirakan.

4. Pilih Lokasi dengan Penutup Alami

Tips berikutnya, pilih area yang dikelilingi pepohonan besar, yang dapat memberikan perlindungan alami dari hujan dan angin. Namun, sebaiknya hindari pohon yang rapuh atau terlihat rentan patah karena bisa menjadi bahaya jika angin kencang.

Jika memungkinkan, Eigerian juga bisa memilih tempat yang terlindungi dari angin dan hujan oleh batu besar, tebing, atau bukit kecil. Hal ini dapat membantu menjaga area sekitar tenda tetap lebih kering dan nyaman.

5. Pertimbangkan Jarak dengan Fasilitas atau Tempat Berlindung

Jika Eigerian camping di area perkemahan yang memiliki fasilitas seperti toilet, shelter, atau bangunan peneduh, pilihlah lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat tersebut. Hal ini akan memudahkan Eigerian untuk berlindung jika cuaca memburuk. Pastikan juga Eigerian memilih lokasi yang memungkinkan akses cepat keluar dari area perkemahan jika kondisi cuaca menjadi sangat buruk.

6. Perhatikan Arah Angin

Penting untuk diketahui bahwa hujan sering kali disertai angin kencang. Maka dari itu, pilih lokasi yang terlindung dari angin, misalnya di balik bukit atau di bawah pepohonan. Hal ini akan membantu mengurangi efek hujan angin dan membuat tenda lebih stabil.

7. Cek Prakiraan Cuaca Lokal

Tips yang terakhir, selalu periksa prakiraan cuaca sebelum memilih lokasi camping. Cuaca lokal dapat memberikan petunjuk apakah lokasi tersebut aman untuk dipilih, terutama terkait hujan deras, badai, atau angin kencang. Jika cuaca sangat buruk, sebaiknya Eigerian memilih lokasi cadangan atau siap untuk meninggalkan tempat lebih awal jika diperlukan.

Baca juga: Tips Membeli Matras Camping dan Cara Tepat Merawatnya

Sembari memilih lokasi yang terbaik, Eigerian juga bisa menyiapkan logistik camping. Segala macam perlengkapan yang dibutuhkan untuk camping, bisa Eigerian temukan di EIGER Adventure Store (EAS) terdekat atau belanja online di mobile apps EIGER Adventure. Aplikasinya kini sudah bisa diunduh dan digunakan secara gratis di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Belanja online tidak perlu ragu karena Eigerian bisa bebas memilih produk-produk original dari EIGER yang tersedia lengkap. Menariknya lagi, ada banyak promo menarik, serta gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Jangan lewatkan promonya, cek sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru