HomeTips & TrickRiding5 Cara Mengobati Luka Jatuh Dari Motor di Lutut yang Wajib Dipahami

5 Cara Mengobati Luka Jatuh Dari Motor di Lutut yang Wajib Dipahami

Motor dinilai sebagai kendaraan yang praktis, ekonomis, dan mudah digunakan. Mulai dari remaja, pelajar, mahasiswa, ibu-ibu, hingga bapak-bapak tentu sudah sangat akrab dengan kendaraan yang satu ini. Namun sangat disayangkan, kendaraan yang digunakan orang banyak ini justru menduduki tingkat terbesar kecelakaan di jalan raya. Hingga menyebabkan luka jatuh dari motor di lutut mulai dari yang ringan, hingga berat. 

Tak dipungkiri, kecelakaan motor yang terjadi di jalan raya bisa jadi karena kelalaian pengendara itu sendiri. Dalam hal ini, pengguna sepeda motor sebaiknya memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang keamanan dalam berkendara sepeda motor. Namun, nyatanya tidak semua pengendara motor memperhatikan hal ini, bahkan sebagian banyak yang mengabaikan hal penting ini. Padahal, memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang keamanan dalam berkendara sangat bermanfaat untuk diri sendiri dan pengendara lain.

Jika sudah terlanjur abai, kecelakaan di jalan raya sulit dihindari. Lantas, apa yang dapat dilakukan jika kita mendapati diri kita sendiri atau orang lain mengalami luka jatuh dari motor? 

Pertolongan Pertama pada Luka Jatuh Dari Motor di Lutut

luka jatuh dari motor
Sumber: Freepik

Luka jatuh dari motor di lutut, dikenal pula dengan luka lecet, yang merupakan salah satu jenis luka terbuka yang terjadi pada permukaan luar kulit, di mana luka lecet ini sering terjadi ketika kulit bergesekan dengan permukaan kasar sehingga lapisan atas kulit mengelupas. Luka lecet akibat jatuh dari motor adalah hal yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Jenis luka ini dapat terjadi di siku, lutut, pergelangan kaki, hingga tulang kering.

Luka jatuh dari motor ini memang dapat menyakitkan. Namun, sebenarnya luka jenis ini tidak menyebabkan perdarahan yang hebat. Tapi perlu dipahami, bahwa luka-luka lecet akibat jatuh dari motor harus segera diobati. Mengobati luka jatuh dari motor dengan benar tentu saja dapat membantu mencegah luka agar tidak menimbulkan infeksi dan meminimalisir munculnya jaringan parut pada kulit. Pada kasus yang ringan, luka jatuh dari motor dapat ditangani sendiri di rumah dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Mencuci tangan

Sebelum mengobati luka lecet sendiri atau luka milik orang lain, pastikan kita mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Langkah ini dilakukan untuk membersihkan kuman atau bakteri di tangan kita yang mungkin dapat menyebabkan infeksi pada luka.

2. Mencuci luka yang lecet

Langkah selanjutnya adalah mencuci luka yang lecet, tanpa menggosok atau menekan luka terlalu dalam. Pasalnya, menggosok atau menekan luka justru dapat menyebabkan perdarahan lebih lanjut. Sebaiknya, cuci luka dengan air yang mengalir selama beberapa menit.

3. Membersihkan luka

Untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada luka, kita dapat menggunakan pinset yang sudah disterilkan dengan alkohol atau obat antiseptik khusus luka. Dengan sangat hati-hati, kita dapat mengambil kotoran, kerikil, atau serpihan pasir, kaca, atau rumput yang mungkin menempel pada luka.

4. Gunakan krim antibiotik

Ketika luka sudah dibersihkan, selanjutnya kita bisa mengoleskan krim antibiotik tanpa resep dokter, seperti bacitracin, neosporin, ataupun polysporin. Jenis krim antibiotik ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah timbulnya infeksi. Kita dapat mengoleskan krim secara tipis untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi terbentuknya jaringan parut. Akan tetapi, segera hentikan penggunaan salep antibiotik jika ternyata muncul ruam, ya

5. Tutup luka dengan kain kasa

Jika luka lecet yang kita alami tergolong berukuran kecil, maka cukup diamkan luka hingga mengering. Namun jika luka lecet berukuran besar, kita bisa menutupnya menggunakan kain kasa, terutama jika kita harus beraktivitas di luar rumah. Menutup luka dengan kain kasa dapat menjaganya tetap lembap dan akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, langkah ini juga akan mencegah luka kontak langsung dengan bakteri. Namun perlu diingat, pastikan untuk mengganti kain kasa sehari sekali atau dua kali dalam sehari, ya! Terlebih jika kain kasa basah atau tidak sengaja kotor.

Luka jatuh dari motor merupakan salah satu jenis cedera yang ringan. Namun pada beberapa kasus, luka lecet ini mungkin membutuhkan tindakan medis tertentu. Jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika luka tidak berangsur sembuh.

Baca juga: Butuh Jaket Windbreaker untuk Touring? Cek Rekomendasinya di Sini!

5 Tips Aman Naik Motor

luka jatuh dari motor

Lebih baik mencegah dari pada mengobati! Supaya kita dapat terhindar dari luka jatuh dari motor di lutut, kita perlu memastikan bahwa kita mampu berkendara dengan aman. 

  1. Sebelum menggunakan motor, sebaiknya kita persiapkan kendaraan mulai dari mengecek seluruh komponen kendaraan. 
  2. Menggunakan riding gear seperti jaket, helm, celana panjang, masker, sarung tangan, sepatu, dan lain sebagainya. Penggunaan perlengkapan ini akan membantu kita terlindungi selama perjalanan.
  3. Memiliki sikap berkendara yang baik di mana kita duduk di atas motor dengan posisi lurus tegak, namun tetap santai. Pastikan pandangan ke depan, tidak mengangkat kedua kaki ke tempat lain dengan alasan apapun, dan tidak membonceng lebih dari satu orang atau barang bawaan yang berat.
  4. Kita harus mengatur kecepatan sesuai kondisi yang ada, dan jangan lupa jaga jarak dalam berkendara. Menjaga jarak akan membantu kita dari kecelakaan atau tabrakan akibat pengereman mendadak.
  5. Tetap fokus dan waspada dalam berkendara, serta patuhi segala aturan dan rambu lalu lintas di sepanjang perjalanan. 

Baca juga: Ingin Aman Naik Motor Malam Hari? Coba Praktekkan Tips Ini!

Segala perlengkapan untuk menunjang keamanan dan kenyamanan naik motor bisa didapatkan dengan belanja online di website Eiger Adventure. Berbagai pilihan tersedia, tentunya dengan kualitas terbaik dan harga yang tidak membuat isi dompet terkuras. Belanja online banyak promonya, lho! Jangan tunda lagi, cek sekarang juga dan dapatkan produk riding gear terbaik yang paling sesuai dengan seleramu. Kapan lagi dapat produk berkualitas dari Eiger dengan affordable price? Belanja sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru