HomeTips & TrickTenda Camping: Macam-macam, Fungsi, hingga Tips Memilihnya

Tenda Camping: Macam-macam, Fungsi, hingga Tips Memilihnya

Bagi Eigerian yang ingin menyatu dengan alam, atau berkemah di lebatnya hutan pinus atau di ketinggian tertentu sebuah pegunungan, hal dasar yang perlu diketahui adalah jenis-jenis tenda camping. Ada beberapa jenis tenda yang menawarkan kemudahan dan lebih praktis untuk camping, tapi ada pula yang cukup rumit. Beberapa di antaranya tidak perlu berdiri di atas tanah karena model tenda yang menggantung di pohon atau tebing. 

Saat berkemah di alam terbuka, ketahanan dan keamanan tenda camping menjadi hal yang sangat penting. Tenda yang digunakan harus bisa menjadi tempat beristirahat sekaligus sebagai tempat berlindung. Maka dari itu, sebelum berangkat berkemah, selain mengenal jenis-jenis tenda, sebaiknya Eigerian juga memahami tips memilih tenda untuk mendaki gunung atau berkemah yang tepat. Keep scrolling!

Tenda Camping

Jenis-jenis Tenda beserta Fungsinya

tenda camping
sumber: freepik

1. Tenda Kubah (Dome)

Tenda Dome memiliki ciri khas pada bentuk melengkung di masing-masing tiang penyangga, dengan dua atau tiga kutub tiang yang membujur setengah lingkaran untuk menyangga tiang. Jenis tenda Dome ini sangat baik digunakan untuk kegiatan camping dan nyaman digunakan untuk tidur. Jenis tenda Dome juga tergolong mudah dan cepat untuk didirikan di pegunungan sekalipun. Keunggulan dari jenis tenda ini adalah bahan dan berat bebannya yang ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, tenda jenis ini juga dilengkapi dengan alas bagian luar sehingga aman saat musim hujan. 

2. Tenda Geodesic Dome

Hampir mirip dengan tenda Dome, hanya saja di bagian depan tenda dibuat tertutup ketika waktu tidur. Tenda jenis Geodesic Dome ini memiliki banyak ukuran dan struktur yang kuat, sehingga membuat tenda ini sangat nyaman untuk orang tidur dalam kondisi cuaca berangin. Desain tenda ini memberikan ruang intern yang lapang dengan langit-langit yang lebih tinggi, sehingga cocok dan nyaman digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Keunggulan dari tenda ini adalah kemampuannya bertahan di cuaca ekstrem karena mampu menahan hujan salju lebat, angin, dan hujan. 

3. Tenda Tunnel

Jenis tenda yang satu ini memiliki bentuk yang sangat unik karena terkesan terbuka, namun baik untuk camping di alam. Tenda Tunnel memiliki ciri pada bagian tengah mempunyai ukuran frame yang lebih tinggi daripada bagian tepi. Karena tenda ini membentuk terowongan memanjang yang di dalamnya akan memberikan ruang yang lebih, maka tenda ini sangat cocok digunakan camping rame-rame. Keunggulan dari tenda jenis ini adalah ujungnya yang runcing menawarkan perlindungan yang lebih terhadap terpaan angin. Namun, dalam pemasangannya butuh waktu yang cukup lama dan memerlukan lebih dari dua orang selama proses mendirikan tenda ini.

4. Tenda Ridge

Jenis tenda yang satu ini mirip seperti rumah dengan atap berbentuk segitiga. Tenda Ridge mempunyai ukuran mulai dari yang berkapasitas kecil, hingga yang berkapasitas besar. Untuk pemasangan tenda jenis Ridge ini menggunakan tali dan tiang agar tenda dapat berdiri dengan kokoh. Tenda ini juga terbilang aman dan nyaman untuk camping, serta mampu menampung sekitar 11-13 orang atau satu regu. Beberapa keunggulan dari tenda Ridge ini adalah lebih kokoh dari kebanyakan jenis tenda lainnya, sehingga akan lebih stabil saat diterpa angin kencang dan cuaca buruk.

5. Tenda Quick Pitch

Tenda jenis ini mempunyai desain yang relatif baru dan lebih modern, daripada jenis tenda lainnya. Jenis tenda yang satu ini diminati banyak petualang karena kemudahannya saat didirikan. 

Tips Memilih Tenda Camping

tenda camping

Setidaknya ada lima hal yang paling utama sebagai tips penting dalam memilih tenda camping, yaitu:

  1. Bahan tenda camping harus tahan air dan udara. Pilihlah tenda yang berbahan nilon, karena bahan ini memiliki kemampuan untuk menahan air dan udara untuk masuk ke dalam tenda. Kepadatan serat nilon dihitung dengan satuan Denier, yaitu kepadatan serat nilon per 9.000 meter kain. Ada tenda yang tersedia dengan tebal 420D, 600D, atau bahkan 1050D. Semakin besar angkanya, maka akan semakin kuat dan semakin berat kain nilon yang digunakan pada tenda.
  2. Pilihlah satu ukuran di atas jumlah orang yang akan mengisi tenda. Sebagai contoh, jika tenda akan diisi oleh 2 orang, maka pilihlah tenda yang berkapasitas 3 atau 4 orang. Kamu akan membutuhkan ruang untuk menyimpan berbagai macam peralatan berkemah seperti tas, sepatu, alat masak, dan lain sebagainya. Jadi, lebih baik memilih tenda yang sedikit lebih besar daripada kenyamanan terganggu karena tenda terasa sempit. Jangan pilih tenda yang terlalu tinggi. 
  3. Kalau kamu berencana untuk camping di gunung, maka jenis tenda yang memiliki flysheet adalah sebuah keharusan. Fungsi flysheet ini adalah untuk menahan kondensasi dan mencegahnya terjadi di dalam tenda, serta memberikan tenda perlindungan lebih terhadap cuaca serta membuat udara di dalam tenda jadi lebih hangat. 
  4. Perhatikan sambungan dan jahitan yang ada di dalam dan luar tenda, sebelum kamu membelinya. Pastikan semua sambungan memiliki seal yang terbuat dari karet atau plastik. Jahitan yang baik akan memastikan udara dingin dan air hujan tidak akan masuk ke dalam tenda pada saat kamu berkemah.
  5. Pilih tenda dengan lantai model bathtub. Model bathtub maksudnya adalah lantai tenda camping menyentuh tanah namun keempat ujungnya terangkat beberapa cm dari tanah sehingga menyerupai kantong. Hal ini agar air tidak masuk dari arah bawah tenda, serta membuat tenda lebih aman dari gangguan hewan dan serangga yang hidup di tanah.

Pilih Tenda Camping Sesuai Kondisi! 

Ada banyak jenis dan merek tenda berbeda untuk medan yang berbeda pula. Untuk menentukannya, Eigerian harus menganalisis terlebih dahulu tujuan dan kondisi lokasi kemah yang akan didatangi. Jadi, tenda camping dapat dipilih sesuai dengan kondisi tersebut. Kamu juga perlu mengukur bobot tenda ketika di-packing dan dimasukkan ke dalam ransel. Selain bobotnya, besaran packing saat dilipat juga perlu diperhatikan.

Salah satu rekomendasi tas ransel yang bisa kamu andalkan untuk membawa berbagai perlengkapan pendakian termasuk tenda adalah Eiger Equator 45 Carrier Backpack. Tas carrier yang satu ini memiliki kapasitas 45 liter yang dirancang untuk kegiatan trekking dan hiking selama 1-2 hari. Cek produk-produk Eiger Adventure lainnya yuk, siapa tahu kamu masih kebagian promo menarik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru