HomeTips & TrickLifestyleInilah 7 Jenis Makanan Buka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

Inilah 7 Jenis Makanan Buka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

Masyarakat setiap daerah di Indonesia punya cara tersendiri untuk memeriahkan bulan Ramadan. Satu di antaranya adalah dalam hal kuliner. Ada berbagai makanan khas Ramadan yang hanya bisa dijumpai di daerah tertentu, lho. Beberapa makanan khas daerah ini hanya muncul ketika bulan Ramadan tiba. Makanan ini sering menjadi incaran untuk menu buka puasa atau takjil. Bahkan, tidak sedikit orang yang rela meluangkan waktunya hanya untuk berburu makanan buka puasa dari suatu daerah tertentu.

Hal itu karena makanan-makanan khas tersebut sulit dijumpai di luar bulan Ramadan. Penasaran kan

Daftar Makanan Buka Puasa, Hanya Ada Saat Ramadan! 

makanan buka puasa
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah rangkuman tentang macam-macam makanan buka puasa yang paling khas dengan bulan Ramadan dari berbagai daerah di Indonesia. Kita wajib tahu dan coba satu per satu, nih

1. Kolak

Kolak menjadi makanan buka puasa yang paling identik dengan bulan Ramadan. Makanan yang sering dijadikan sebagai takjil ini merupakan perpaduan antara pisang kepok dan ubi yang direbus dengan campuran kuah santan, gula merah, cengkeh, dan daun pandan. Perpaduan kuah ini akan memberikan rasa manis dan gurih yang sangat lezat di lidah. Selain pisang, kolak biji salak juga sering dijumpai saat Ramadan. Kolak biji salak terbuat dari ubi jalar yang dibentuk bulat, kemudian dicampur dengan tepung tapioka. Meskipun saat ini sudah dapat ditemui di mana saja, namun kolak sejatinya berasal dari Sumatera Barat, lho

2. Ketan Bintul

Ketan Bintul adalah makanan khas Ramadan yang berasal dari daerah Banten. Konon, makanan buka puasa yang satu ini sudah ada sejak abad ke-16. Bukan hanya ketan biasa, namun Ketan Bintul ini diberi taburan serundeng di bagian atasnya. Serundeng adalah kelapa parut yang diolah dengan berbagai rempah-rempah. Perpaduan antara ketan dan serundeng akan memunculkan cita rasa gurih nan lezat. Lebih unik lagi, biasanya Ketan Bintul disantap dengan kuah semur, atau empal daging sapi.

3. Bubur Pacar Cina

Bubur Pacar Cina adalah makanan khas Ramadan dari Betawi yang patut dicoba. Berbeda dengan bubur pada umumnya, makanan khas Betawi yang satu ini terbuat dari tepung sagu. Pengolahannya juga sangat sederhana, yaitu hanya dengan merebus biji pacar cina hingga matang, kemudian mencampurkannya ke dalam olahan kuah santan, gula pasir, garam, dan daun pandan. Biasanya akan disajikan dengan tambahan es batu. Rasa segar pada Bubur Pacar Cina sangat melegakan dahaga setelah seharian berpuasa.

4. Barongko

Barongko adalah satu di antara makanan khas Ramadan yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Makassar. Makanan yang satu ini terbuat dari perpaduan pisang, telur, santan, serta gula dan garam tercampur sempurna di lidah. Ditambah lagi, lantaran dibungkus dengan daun pisang, maka akan menambah aroma harum pada barongko. Memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis, barongko ini menjadi sajian buka puasa yang tepat. 

5. Mi Glosor

Makanan buka puasa yang satu ini terbuat dari mi, khas Bogor. Tidak hanya namanya yang unik, tekstur Mi Glosor ini juga berbeda dengan mi pada umumnya. Mi Glosor terbuat dari tepung singkong atau aci, sehingga tekstur mi jadi licin dan mudah ditelan. Selain itu, Mi Glosor juga terbuat dari bahan alami karena warna kuning pada mi berasal dari pewarna alami, yaitu kunyit. Penyajiannya juga unik. Bukan hanya ditumis bersama dengan sayuran saja, namun akan disajikan dengan sambal kacang dan gorengan sebagai pelengkap.

6. Kicak

Kicak adalah makanan khas Ramadan dari Yogyakarta, yang terbuat dari ketan yang telah ditumbuk halus, lalu dicampurkan dengan santan, nangka, dan kelapa parut. Setelah diolah, kita akan merasakan rasa manis dari nangka, serta gurih dari kelapa parut dan santan. Nikmat sekali! 

7. Kue Bingke

Kue Bingke adalah makanan khas Ramadan dari Pontianak. Ciri khas Kue Bingke ini terletak dari bentuknya yang seperti bunga. Sementara soal rasa tidak perlu diragukan. Kue Bingke khas Pontianak ini memiliki tekstur lembut. Rasanya yang gurih dan manis akan sangat memanjakan lidah. Sangat cocok untuk makanan pembuka setelah berpuasa seharian penuh. 

Bagaimana, beberapa makanan buka puasa dari berbagai daerah di Indonesia yang telah disebutkan di atas cukup menggugah selera, bukan? Atau Eigerian punya rekomendasi makanan khas Ramadan lainnya? 

Baca juga: Bikin Rindu! Inilah 5 Tradisi Unik Bulan Ramadhan di Indonesia

Rekomendasi Outfit untuk Buka Puasa Bersama

makanan buka puasa

Saat ada undangan untuk buka puasa bersama alias bukber, tidak sedikit dari kita yang merasa bingung dalam menentukan outfit. Tenang, berikut ini ada beberapa daftar fashion items dari Eiger yang paling direkomendasikan untuk outfit bukber. Cek deh

  • Eiger Castellon Shirt 2.0. Dirancang untuk tampilan casual, kemeja dari bahan flanel ini cocok untuk dikenakan baik dalam kegiatan harian maupun momen hangout bersama teman. Materialnya 100% cotton, dijamin nyaman dipakai seharian! 
  • Eiger Odyssey LS Shirt. Kemeja   lengan   panjang   dengan desain   simple     ini dibuat dari bahan berkualitas yang merupakan campuran antara linen, viscose, dan katun untuk kenyamanan kita saat memakainya.
  • Jangan lupa, untuk bawahannya pilih Eiger X-Palmera Pants. X-Palmera Pants ini dilengkapi ban pinggang elastis dengan tali adjuster dan dua saku samping. Sempurnakan kenyamanan outfit bukber kita dengan bahan poly cotton-nya yang lembut.
  • Sedangkan untuk urusan hijab, Eiger Hijab Rectangular adalah pilihan yang tepat. Hijab ini terbuat dari bahan Tencel (Lyocell) yang memiliki teknologi Tropic Dry dan Tropic Odor di dalamnya. Teknologi Tropic Dry pada Hijab Rectangular mampu menjaga kita tetap kering saat beraktivitas berat, sementara Tropic Odor mampu mencegah pertumbuhan yang bisa menyebabkan bau.
  • Eiger Oblivion Carson Sandal. Sandal ini dilengkapi dengan strap menggunakan material micro suede yang dapat disesuaikan setelannya, padding berbahan neoprene yang nyaman, dan footbed berbahan EVA dengan bantalan empuk. Bukber pakai sandal ini, dijamin nyaman deh
  • Lengkapi dengan Eiger X-Bastille Cord E89 Masker Strap supaya lebih nyaman selama memakai masker. Tali penyambung masker water repellent ini dirancang dengan perekat velcro yang bisa diatur sesuai kenyamanan kita. X-Bastille Cord E89 menjaga masker agar tetap terpasang sempurna ketika kita memakainya. 

Baca juga: 9 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Penjuru Indonesia

Belanja Mudah, di Eiger Adventure Saja!

Yuk, belanja segala macam kebutuhan outfit Ramadan dan Lebaran di website Eiger Adventure Official. Dijamin, produk-produk Ramadhan Collection dari Eiger akan membuat penampilan kita jadi semakin keren!

Kalau urusan outfit sudah beres, tentunya kita akan lebih percaya diri saat menyantap aneka makanan buka puasa dan bercengkrama dengan teman-teman saat bukber.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments