HomeTips & TrickGreen & HealthyMakanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh itu Apa Saja? Cek Daftarnya di Sini!

Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh itu Apa Saja? Cek Daftarnya di Sini!

Salah satu langkah yang perlu kita lakukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit adalah mengonsumsi makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Jenis makanan ini kaya akan vitamin dan juga mineral, yang dapat memperkuat sistem imun dalam melawan kuman penyebab penyakit. Ingin tahu, rekomendasi makanan untuk meningkatkan imun tubuh? Baca artikel ini sampai akhir, ya

Perlu diketahui, tubuh manusia memiliki sistem imun yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, terutama penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Jika tidak dijaga dengan baik, maka daya tahan tubuh bisa melemah, sehingga tubuh rentan terkena penyakit. Vitamin dan mineral pada makanan, adalah kunci untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Beberapa vitamin juga bertindak sebagai molekul antioksidan, yang dapat menangkal radikal bebas. Lantas, apa saja sih makanan untuk meningkatkan imun tubuh? 

Daftar Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh

makanan untuk meningkatkan imun tubuh
Sumber: Freepik

Ada berbagai jenis makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang dapat kita konsumsi, di antaranya adalah:

1. Brokoli

Brokoli sudah terkenal sebagai makanan sehat, yang mengandung berbagai mineral, vitamin, dan juga serat pangan yang baik untuk kesehatan. Vitamin yang bisa kita dapatkan pada brokoli adalah vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, yang juga bertindak sebagai molekul antioksidan. Kita bisa mengolah sayur brokoli dengan berbagai cara. Kunci untuk mendapatkan manfaat brokoli adalah memasaknya dengan waktu yang tidak terlalu lama supaya kandungan vitaminnya tidak hilang. Penelitian menunjukkan bahwa mengukus adalah cara terbaik untuk menyimpan lebih banyak nutrisi dalam brokoli.

2. Bayam

Bayam merupakan sumber vitamin yang di antaranya juga bertindak sebagai molekul antioksidan. Selain itu, bayam juga mengandung beta-karoten, pigmen yang nantinya berubah menjadi vitamin A saat dicerna tubuh. Nutrisi-nutrisi yang ada dalam sayur bayam, dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita, sekaligus kemampuan sistem imun untuk melawan infeksi.

Mirip dengan brokoli, sayur bayam paling sehat jika dimasak dalam waktu yang sebentar supaya nutrisinya tetap terjaga. Memasaknya dengan sederhana lebih memudahkan tubuh menyerap vitamin A dan nutrisi lainnya yang terkandung pada bayam. 

3. Jeruk

Kelompok buah jeruk atau citrus sangat kaya akan vitamin C yang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan bibit penyakit. Perlu diketahui bahwa vitamin C itu tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan setiap hari. Kelompok buah citrus yang terdiri dari jeruk, lemon, limau, jeruk nipis adalah sumber terbaik untuk vitamin C. 

4. Jamur

Ternyata, jamur ditemukan bermanfaat untuk sistem imun, lho. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi jamur setiap hari selama empat minggu mengalami peningkatan yang signifikan dalam jumlah dan kekuatan sel-T yang meningkatkan kekebalan. Tidak hanya itu, kondisi tersebut juga membantu menurunkan protein pemicu peradangan. Itu artinya, jamur juga bisa bertindak sebagai agen anti-inflamasi.

5. Bawang Putih

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa bawang putih memiliki banyak kandungan yang ternyata bermanfaat bagi tubuh kita. Bawang putih yang dikonsumsi secara mentah misalnya, dipercaya dapat menangkal beberapa gangguan penyakit seperti flu batuk, radang, hingga mampu mempertahankan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat konsumsi bawang putih mentah ternyata berasal dari beberapa kandungan senyawa sulfur aktif, seperti s-allyl cysteine dan diallyl disulfide. Ketika kita mengunyah bawang putih, maka zat-zat sulfur yang keluar dari bau bawang putih akan bereaksi untuk membentuk kandungan allicin yang bermanfaat bagi tubuh kita. Jadi, mulai sekarang tak perlu terlalu menghindari konsumsi barang putih karena malas dengan baunya, ya!

6. Jahe

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh lainnya adalah jahe. Bumbu masakan alami ini akan membantu mengurangi peradangan, mengurangi sakit tenggorokan, dan penyakit radang. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengatasi mual. Bahkan, jahe juga dapat mengurangi rasa sakit kronis dan memiliki sifat penurun kolesterol. 

7. Kunyit

Kunyit telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai anti-inflamasi untuk mengobati osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi kurkumin, yang memberikan warna khas pada kunyit, bisa membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga. Kurkumin juga dipercaya bisa menjadi makanan penambah imun dan antivirus. 

8. Ikan Berlemak

Kelompok ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3. Nutrisi ini dinilai sangat baik untuk tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Asam lemak omega-3 dapat mengurangi gejala sindrom metabolik, melawan peradangan, dan penyakit autoimun.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga untuk Diet yang Efektif dan Wajib Dicoba!

Masak Sendiri, Kenapa Tidak?

makanan untuk meningkatkan imun tubuh

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan apa saja makanan untuk meningkatkan imun tubuh? Kita bisa membuat olahan sayuran hijau sendiri. Olahan sayuran hijau seperti brokoli, atau bayam banyak mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin E, serta serat yang dapat membantu memperkuat imun tubuh.

Supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga, usahakan untuk tidak memasak sayur terlalu lama, ya! Waktu ideal yang dianjurkan untuk memasak sayur adalah berkisar antara 2 sampai 6 menit, tergantung jenis sayurannya. Sebagai inspirasi, kita bisa mengukus atau menumis sayuran tersebut menjadi makanan untuk meningkatkan imun tubuh dengan rasa yang lezat. Misalnya, memasak brokoli tumis, bayam dibuat sup dengan jagung, atau sayuran dibuat gado-gado.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Mudah Ditanam di Rumah

Kalau hendak belanja sayur dan buah, jangan lupa bawa tas belanja sendiri, ya! Dengan begitu, kita bisa ambil bagian untuk tidak menyumbang sampah plastik. Yuk, dapatkan tote bag ramah lingkungan untuk menemani aktivitas belanja di pasar atau supermarket, hanya di website Eiger Adventure Official!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments