HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Manfaat Bangun Pagi yang Harus Kamu Ketahui

7 Manfaat Bangun Pagi yang Harus Kamu Ketahui

Di masa pandemi ini, kita harus bisa menjaga kesehatan dengan ekstra, seperti memperhatikan pola makanan, olahraga, dan istirahat yang cukup. Bukan hanya sekedar istirahat yang cukup, kebiasaan bangun pagi ternyata punya banyak manfaat buat kesehatan, lho.

Bangun pagi memang bukan perkara yang mudah, apalagi bagi orang-orang yang punya kebiasaan tidur larut malam. Tapi, coba deh mulai biasakan tidur sebelum pukul 22.00 dan bangun lebih pagi dari biasanya. Pasalnya, membiasakan diri bangun pagi punya efek luar biasa yang baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Biar kamu lebih yakin dan bersemangat buat bangun pagi, yuk simak beberapa manfaat bagun pagi yang bisa kamu dapatkan buat kesehatan.

Manfaat Bangun Pagi

Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi dapat meningkatkan kualitas tidur, karena orang yang bangun pagi biasanya memiliki waktu tidur yang teratur. Hal ini membuat siklus biologis di tubuh berjalan dengan baik, sehingga waktu istirahat bisa dimaksimalkan.

Baca juga: Tidur cukup meningkatkan kualitas hidup

Memperbaiki Mood

Mood yang bagus ketika bangun lebih pagi disebabkan oleh pembentukan hormon serotonin yang bisa menciptakan suasana hati sekaligus menjaga keseimbangan mental dalam tubuh. Sebuah studi yang dilakukan Dr. Joerg Huber dari Roehampton University, menemukan bahwa saat pagi hari, orang cenderung lebih sehat dan bahagia. Gak cuma itu, mereka juga lebih teliti dan cenderung memiliki berat badan yang ideal.

Menikmati Udara Pagi yang Segar

Bangun lebih pagi akan terasa nikmat, terlebih saat subuh dimana udara yang bahkan di perkotaan akan terasa sangat sejuk dan jauh dari polusi. Saat bangun pagi, kamu akan menghirup udara pagi yang segar dan hal ini dapat membuat tubuh lebih rileks.

Gak cuma itu, udara pagi juga bermanfaat bagi tubuh terutama paru-paru. Pasalnya, udara segar di pagi hari ini bisa membantu proses pembersihan paru-paru.

Punya Waktu Lebih Banyak untuk Beraktifitas

Source: Eiger Adventure

Manfaat bagun pagi selanjutnya yakni kamu bisa melakukan banyak aktifitas. Dengan bangun lebih pagi, kamu punya waktu lebih panjang sebelum fokus memulai pekerjaan yang menumpuk.

Berbagai aktifitas yang dimaksud seperti olahraga pagi (bisa jogging santai di sekitar rumah), me time, membaca surat kabar, atau menyiapkan sarapan sebelum mulai aktifitas harian.

Terhindar dari Stres

Perasaan stress muncul karena banyaknya hal yang harus dilakukan dan diselesaikan, sedangkan waktu terus berjalan tanpa memandang berapa pekerjaan yang bisa dikerjakan.

Memiliki waktu panjang di pagi hari bisa menghindarkan kita dari rasa terburu-buru, sehingga segala aktifitas bisa berjalan dengan baik. Hal ini tentu membuat perasaan kita lebih tenang dan terhindar dari stres yang bisa membuat suasana hati jadi berantakan.

Baca juga: Traveling Alam Terbuka Baik Untuk Kesehatan? Ini Penjelasannya

Performa Dalam Beraktivitas Jadi Meningkat

Seseorang yang bangun pagi cenderung memiliki kepribadian yang lebih proaktif. Perilaku ini disebabkan oleh meningkatnya fungsi kerja otak. Menurut penelitian University of Education, mereka yang bangun pagi akan memiliki performa kerja, konsentrasi, memori, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang lebih baik.

Baca juga: Manfaat beraktivitas di alam bagi kesehatan

Baik untuk Kesehatan Kulit

Orang-orang yang memiliki waktu tidur yang cukup dan bangun di pagi hari dapat memiliki kulit yang sehat. Pasalnya, kekurangan tidur dan bangun siang dapat berbahaya bagi tubuh dan membuat kulit tampak kusam.

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

  1. Mengeluarkan racun dalam tubuh
    Salah satu manfaat minum air putih setelah bangun tidur adalah membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui urine.
  2. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit
    Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Bahkan, kebiasaan ini diyakini dapat mencegah munculnya jerawat dan menjaga kulit tetap lembap.
  3. Mengendalikan keinginan makan
    Setelah bangun tidur, Anda mungkin sering merasa lapar. Hal ini wajar, karena lambung Anda berada dalam keadaan kosong sepanjang malam. Meski begitu, rasa lapar ini dapat mendorong Anda untuk makan terlalu banyak saat sarapan.

Nah, konsumsi air putih setelah bangun tidur dapat membantu Anda mengendalikan keinginan untuk makan berlebihan. Ini karena minum air putih bisa mengisi lambung dan meregang dinding lambung, sehingga memberikan efek kenyang.

  1. Meningkatkan produktivitas
    Minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa segar. Dengan begitu, Anda bisa lebih produktif. Namun ingat, Anda juga perlu asupan kalori sebagai sumber tenaga, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saat sarapan.

Selain itu, agar tubuh tetap segar sepanjang hari, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Bila tubuh terhidrasi dengan baik, Anda dapat lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi, sehingga produktivitas kerja Anda juga akan meningkat.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh
    Minum air putih setelah bangun tidur juga diklaim mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Beberapa ahli bahkan meyakini bahwa kebiasaan ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Yuk meski mager, mulai sekarang biasakan bangun lebih pagi agar bisa mendapat manfaat bagun pagi di atas. Tentunya agar tubuh tetap sehat, aktivitas berjalan mulus, pekerjaan selesai tepat waktu, dan waktu istirahat pun tercukupi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru