HomeTips & TrickLifestyle5 Manfaat Hidup Sederhana Bagi Diri dan Masyarakat, Berikut Contohnya

5 Manfaat Hidup Sederhana Bagi Diri dan Masyarakat, Berikut Contohnya

Ada banyak manfaat hidup sederhana, lho. Apakah Eigerian telah menerapkan gaya hidup sederhana?

Sebagian besar orang mungkin sudah sering kali mendengar hidup sederhana. Namun sayangnya, masih banyak yang salah kaprah dengan istilah tersebut.

Tak sedikit orang yang menganggap hidup sederhana sebagai gaya hidup terlalu hemat sehingga pelit mengeluarkan uang untuk dirinya sendiri. Padahal, hidup sederhana merupakan gaya hidup yang dijalankan penuh rasa cukup dan syukur.

Gaya hidup yang satu ini hanya menekankan pada kebutuhan-kebutuhan pokok. Misalnya sandang, pangan, papan, pendidikan, dan kesehatan.

Jadi, kita terhindar dari sifat konsumtif yang merugikan dan bisa hidup dengan lebih tenang dan damai.

Gaya hidup sederhana juga berdampak positif dalam hal finansial karena kita bisa menabung lebih banyak dan hidup sejahtera di masa depan.

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai manfaat hidup sederhana dan contoh-contohnya dalam artikel berikut.

Baca Juga: 6 Cara Paling Praktis Menerapkan Gaya Hidup Zero Waste

Konsep Hidup Sederhana

Keputusan untuk menjalani hidup sederhana memang bisa memberikan dampak atau manfaat positif dalam hidup kita. Dimana sebenarnya untuk menjalani hidup sederhana ini kita juga harus tahu apa konsep dari hidup sederhana agar tidak melenceng dalam proses menjalaninya.

Konsep hidup sederhana merupakan suatu perilaku yang nantinya akan disesuaikan dengan kondisi sebenarnya. Perilaku atau gaya hidup minimalis akan lebih mementingkan pemenuhan kebutuhan utama seperti makanan yang bergizi, tempat tinggal, pendidikan serta kesehatan.

Selain itu, konsep hidup sederhana juga bisa menjadikan seseorang memiliki hidup yang lebih baik serta lebih efektif. Hal ini tak lain dikarenakan seseorang dengan hidup sederhana bisa menjalani kehidupannya secara minimalis dan memiliki pola pikir yang sederhana atau tak rumit dalam menentukan sebuah konsep.

Ketika kita menerapkan hidup minimalis, maka hal tersebut sama saja bagi kita untuk memilih mengenal diri dan menentukan hal yang bisa menjadikan diri sendiri lebih bahagia. Hal ini karena ketika kita menjalani hidup sederhana,kita akan lebih bisa mengenal diri sendiri, menekuni hobi, lebih bersyukur akan kehidupan ini beserta bisa meningkatkan kualitas hubungan sosial.

Contoh Hidup Sederhana

Manfaat hidup sederhana
(Foto hidup hemat. Sumber: Unsplash.com)

Untuk menghilangkan kesalahpahaman istilah hidup sederhana yang selama ini dipikirkan banyak orang, ini dia contoh hidup sederhana yang dapat diterapkan:

1. Merasa Cukup dan Selalu Bersyukur

Contoh hidup sederhana yang bisa kita coba lakukan ialah dengan merasa cukup dan selalu bersyukur.

Dengan rasa syukur, kita tidak akan merasa kekurangan sehingga hanya fokus pada kebutuhan. Bukan keinginan yang justru mengarahkan kita ke hal-hal bersifat konsumtif.

Selain itu, rasa syukur juga dapat membuat kita lebih damai ketika menjalani hidup. Sebab, tak diliputi rasa iri kepada orang lain dan selalu merasa cukup atas semua yang dimiliki saat ini.

2. Hidup Sesuai Kemampuan Diri

Contoh hidup sederhana lainnya, yaitu menjalani hidup yang sesuai dengan kemampuan diri sendiri. Jadi, tidak memaksakan kehendak atau kondisi.

Dengan menerima segala sesuatu yang ada saat ini penuh rasa syukur dan cukup, kita akan terhindar dari hal-hal konsumtif yang merugikan.

Gaya hidup yang berlebihan dan terlalu dipaksakan di luar kemampuan dapat membuat diri kita terjebak beban finansial.

Misalnya dengan berhutang yang bisa merenggut ketenangan hidup dan masa depan karena sulit untuk menabung.

Jadi, hindari untuk membandingkan diri dengan orang lain. Fokuslah dengan diri sendiri saja, jangan terlalu terpaku pada pencapaian hidup orang-orang di luar sana.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kemampuan berbeda dalam menjalani kehidupannya.

3. Mampu Mengendalikan Diri

Hidup sederhana juga bisa dilihat dari bagaimana kita mampu mengendalikan diri sendiri terhadap hal-hal yang merugikan.

Misalnya menghindari untuk membeli barang-barang yang tidak berguna dan hanya fokus pada pemenuhan kebutuhan saja.

Dengan begitu, kita bisa mengalokasikan pendapatan secara lebih bijak ke hal-hal yang baik. Contohnya menabung, dana darurat, investasi, dan hal-hal lain yang bisa membantu kita dalam menjamin kesejahteraan di masa depan.

Baca Juga: Slow Living Adalah Gaya Hidup, Simak 7 Cara Memulainya

Manfaat Hidup Sederhana

hidup sederhana
(Foto keluarga harmonis. Sumber: Unsplash.com)

Berikut beberapa manfaat hidup sederhana yang bisa Eigerian rasakan dalam jangka pendek maupun panjang:

1. Finansial yang Lebih Baik

Ketika kita hidup sederhana, pengeluaran akan lebih terarah karena hanya membeli hal-hal yang dibutuhkan saja.

Kita akan selalu merasa cukup dan bersyukur dengan apa yang telah dimiliki. Jadi, dapat membeli barang sesuai dengan prioritasnya.

Dengan terhindar dari sifat konsumtif seperti ini, kita pun dapat menabung lebih banyak uang sehingga stabil secara finansial.

2. Terhindar dari Hutang yang Berisiko

Manfaat hidup sederhana selanjutnya, yakni bisa membantu kita terhindar dari lilitan hutang yang berisiko.

Ketika merasa cukup dengan segala hal yang ada saat ini, kita tak akan mudah untuk tergoda oleh hal-hal bersifat konsumtif.

Kita lebih mampu untuk mengontrol keinginan diri dan hanya memprioritaskan kebutuhan saja. Tidak memaksakan kehendak sehingga mengambil jalan untuk berhutang.

Apabila kita terjebak dalam kondisi tersebut, hutang bisa saja menghancurkan masa depan. Sebab ketika kita tak mampu membayar, akan ada tambahan bunga yang juga harus dilunasi.

Baca Juga: Ingin Memulai Pola Hidup Sehat? Ini 7 Poinnya!

3. Bisa Membantu Orang Sekitar dengan Lebih Mudah

bisa berbagi
(Foto memberi sedekah. Sumber: Unsplash.com)

Menjalani hidup sederhana tidak hanya berdampak positif pada diri sendiri, tetapi juga dapat membantu kita untuk melakukan kebaikan pada orang lain.

Dengan hidup yang sederhana, kita dapat menabung lebih banyak uang karena terhindar dari sifat konsumtif.

Ketika ada orang lain yang membutuhkan, kita pun bisa membantu mereka dengan lebih leluasa. Jadi, hubungan kita dengan orang-orang sekitar menjadi lebih erat karena saling menolong.

4. Hidup Lebih Tenang dan Bahagia

Manfaat hidup sederhana selanjutnya, yaitu bisa membuat diri kita lebih tenang dan bahagia. Mengapa demikian?

Hal ini karena kesederhanaan berarti menjadikan kita sebagai pribadi yang selalu bersyukur dan merasa cukup. Jadi, terhindar dari pengeluaran konsumtif yang bisa membebani finansial.

Menjalani gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan pun menjadikan kita lebih damai. Sebab, tidak ada beban finansial, seperti hutang yang menghantui.

Kita juga akan lebih mudah untuk membangun rencana jangka panjang karena ada banyak hal kecil yang telah ditangani secara sederhana.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Kebiasaan Hidup Produktif, Wajib Tahu!

5. Meningkatkan Kreativitas dalam Diri

Ternyata, menjalani hidup yang serba cukup dan dipenuhi rasa syukur bisa menjadikan kita sebagai orang yang lebih kreatif.

Pasalnya, kita akan terbiasa untuk berhemat dan menghindari perilaku konsumtif yang bisa merugikan diri sendiri di masa depan.

Misalnya, dengan cara mencari barang pengganti berharga terjangkau dibandingkan membeli produk berharga mahal yang bisa menguras finansial.

Itu dia beberapa contoh hidup sederhana beserta manfaatnya.

Eigerian bisa, lho, menggunakan produk-produk dari Eiger Adventure Official sebagai partner hidup sederhana.

Yuk, cek berbagai koleksi EIGER melalui situs web resminya melalui eigeradventure.com Ada berbagai produk untuk dipilih sesuai konsep hidup sederhana, seperti yang telah disebutkan di atas.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru