HomeTips & TrickGreen & HealthyManfaat Membaca untuk Meningkatkan Kualitas Hidup, Ini Detailnya!

Manfaat Membaca untuk Meningkatkan Kualitas Hidup, Ini Detailnya!

Hobi membaca mungkin terdengar sangat klasik di era yang serba modern seperti sekarang ini. Tapi tahukah kamu jika manfaat membaca ternyata cukup banyak, dan berlaku dalam jangka panjang? Mungkin ini juga mengapa meski membaca adalah hobi jadul, tapi bisa bertahan selama ini.

Untuk sebagian orang membaca dilakukan pada waktu menantikan agenda selanjutnya. Misalnya saja, di sela-sela rapat, atau ketika berada di kendaraan umum, atau justru menjadi hobi yang dilakukan di waktu senggang, guna mengisi kekosongan kegiatan.

Apapun yang jadi alasannya, manfaat membaca tetap terasa nyata. Apalagi jika yang dibaca merupakan buku-buku dengan value yang tinggi, yang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan, maka manfaatnya akan terasa berlipat ganda.

Berikut beberapa poin manfaat membaca yang berdampak secara langsung, baik dalam jangka waktu pendek atau panjang.

Meningkatkan Kapasitas Otak

manfaat membaca
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Memang tidak terasa dalam waktu instan, namun dengan membaca secara rutin maka kamu akan merasakan manfaat ini. Kapasitas otak akan terus diasah dan ditambah dengan banyaknya bahan bacaan yang kamu lahap, sehingga dalam jangka panjang kamu akan merasa bahwa kemampuan berpikir meningkat.

Usaha yang dilakukan otak untuk mencerna kata demi kata, jalan cerita, konflik yang ada pada bacaan, persoalan, imajinasi akan skenario yang mungkin terjadi, semua ini terjadi secara langsung saat kamu membaca.

Dalam waktu tertentu kapasitas otak akan meningkat, bersamaan dengan kesehatan otak. Membaca juga dikatakan dapat membantu kamu terhindar dari resiko alzheimer di usia senja nanti, karena otak terbiasa mengingat banyak hal terus menerus.

Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Hal ini berlaku untuk bacaan yang dibaca secara fisik, bukan dari layar tablet atau smartphone yang kamu miliki. Mungkin kamu sudah menyadari hal ini, manakala kamu membaca buku dan mata terasa lekas mengantuk.

Hal ini karena membaca buku membutuhkan gerakan mata secara aktif dan konsentrasi yang lebih besar. Maka secara bersamaan, mata bisa terlatih gerakannya, sekaligus membuatnya lebih cepat terasa lelah sehingga rasa kantuk lebih cepat datang.

Ingat, hal ini hanya terjadi ketika kamu membaca buku secara fisik, bukan secara digital melalui layar gadget. Membaca melalui layar gadget justru bisa membuat kamu merasa lelah tanpa mengantuk, karena radiasi layar yang terus menerus dipaparkan ke bagian mata.

Membaca sebelum tidur juga disarankan untuk kamu yang memiliki insomnia, agar bisa mengatasinya perlahan-lahan.

Baca Juga : Macam-macam Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Sambil WFH

Semakin Banyak yang Dibaca, Semakin Banyak Pengetahuan

manfaat membaca
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Jelas, semakin banyak bahan yang kamu baca maka semakin banyak pula pengetahuan yang kamu miliki. Apapun jenis bacaannya, jurnal ilmiah, blog, artikel, buku novel, rubrik tertentu, majalah, dan lain sebagainya, akan membuat kamu mengetahui lebih banyak hal.

Manfaat membaca ini juga membuat kamu mengenal lebih banyak kosa kata dan bentuk kalimat, yang bisa memudahkan komunikasi yang dijalin. Baik secara lisan atau tertulis, orang yang sering membaca lebih mampu menyampaikan apa yang dimaksud daripada orang yang tidak.

Hal in tak hanya menguntungkan untuk hubungan interpersonal dengan orang lain, namun juga untuk berkomunikasi dengan diri sendiri. Kamu akan memiliki lebih banyak kosa kata untuk mengartikulasikan apa yang kami pikirkan, apa yang kamu rasakan, dengan lebih jelas dan tidak ambigu.

Memperbaiki Mood

Gambar hanya ilustrasi

Tidak sedikit yang merasakan bahwa setelah membaca mood yang dimiliki bisa meningkat. Lepas dari apa bahan yang dibaca, namun perbaikan mood ini benar-benar terasa dan bisa bertahan cukup lama. Well, akan jadi trik yang bagus untuk menjaga kamu tetap produktif bukan?

Maka tak ada salahnya untuk membawa bahan bacaan, seperti novel atau buku bacaan ringan, ketika kamu sedang bekerja. Ketika waktu istirahat, kamu bisa beralih dari layar laptop atau komputer ke buku, sehingga juga mengurangi screen time yang kamu miliki.

Rekomendasi kami, adalah membaca bahan yang tidak terlalu berat dan motivasional. Setidaknya, ketika kondisi pekerjaan sedang penuh tekanan, kamu bisa mendapatkan vibe positif dari buku yang kamu baca.

Manfaat Membaca : Meningkatkan Konsentrasi

Satu hal yang pasti, manfaat membaca secara rutin juga dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi yang kamu miliki. Jika tak percaya, kamu bisa mencoba membiasakan membaca satu buku atau bacaan apapun, selama 10 hingga 15 menit setiap pagi.

Maka sisa harimu akan terasa sangat fokus dan kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Trik ini bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas setiap hari, sehingga kamu bisa mencapai hal yang lebih baik.

Baca Juga : Inilah Manfaat Lari Pagi bagi Kesehatan Fisik dan Mental  

Merasakan manfaat membaca memang tak bisa muncul dalam 1 atau 2 hari saja. Hal ini harus dijadikan satu kebiasaan agar manfaatnya terasa untuk meningkatkan kualitas hidup yang kamu miliki.

Serupa dengan apa yang baru saja kamu lakukan, manfaat membaca akan menambah pengetahuanmu mengenai hal ini. Banyak artikel dan bacaan menarik lain yang bisa kamu dapatkan di blog Eiger Adventure. Kamu tinggal klik di sini, dan kamu bisa langsung melihat berbagai artikel menarik lainnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru