HomeTips & TrickLifestyle5 Manfaat Naik Turun Tangga, Lebih Sehat dari Naik Lift

5 Manfaat Naik Turun Tangga, Lebih Sehat dari Naik Lift

Membiasakan diri naik turun tangga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi bagi kita yang punya rutinitas padat dan tidak sempat olahraga nih, manfaat naik turun tangga bisa cukup terasa jika rutin dilakukan, lho!

Saat ini, di tengah padatnya rutinitas keseharian seringkali kita lupa berolahraga. Padahal olahraga pagi sangat baik untuk kesehatan, apalagi jika bisa terkena sinar matahari pagi yang kaya vitamin D.

Sayangnya, kebanyakan dari kita di pagi hari sudah harus berjibaku dengan kemacetan di jalan, atau padatnya transportasi umum. Berada di tengah-tengah kerumunan sesama pekerja memang cukup membuat jenuh.

Sedangkan di akhir pekan, seringkali kita malas berolahraga dan cenderung bangun kesiangan. Sebagai alternatif, Eigerian bisa tetap berolahraga dengan menghindari penggunaan lift.

Kita bisa menggunakan tangga manual ketika berada di kantor, sekolah, atau di kampus. 

Naik turun tangga dianggap sebagai olahraga kecil yang bermanfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaat naik turun tangga?

Baca Juga: 6 Efek Kurang Tidur yang Buruk untuk Tubuh, Simak di Sini!

Manfaat Naik Turun Tangga

Manfaat Naik Turun Tangga
(Foto manfaat naik turun tangga. Sumber: Unsplash.com)

Menurut penelitian dari Mayo Clinic, naik turun tangga termasuk aktivitas fisik yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. 

Naik turun tangga selama 15 menit efektif membakar sekitar 65 kalori tubuh. Apa saja manfaat lainnya?

1. Manfaat Naik Turun Tangga untuk Ibu Hamil

Hai Eigerian! Ketika dalam kondisi hamil, pastinya kamu pernah mendengar anjuran untuk mengurangi aktivitas berat seperti naik turun tangga. Apakah naik turun tangga berbahaya?

Sebenarnya, naik turun tangga bagi ibu hamil boleh saja kok, selama dapat menyeimbangkan tubuh. Malahan, naik turun tangga bagi ibu hamil memiliki dampak baik untuk kesehatan.

Dalam jurnal American Heart Association, manfaat naik turun tangga untuk ibu hamil adalah menurunkan risiko preeklampsia, yaitu peningkatan tekanan darah dan kelebihan protein pada urine.

Selain itu, manfaat lain naik turun tangga disebutkan dalam studi American Diabetes Association dapat mengurangi kemungkinan terjadinya diabetes gestasional saat masa kehamilan.

2. Naik Turun Tangga saat Hamil Tua, Amankah?

Eigerian, pada dasarnya naik turun tangga saat hamil tua atau hamil 9 bulan tidak menjadi masalah. 

Namun, kita perlu ekstra hati-hati, sebab pada kondisi kehamilan ini, keseimbangan tubuh mungkin akan berkurang dan sulit melihat anak tangga.

Padahal, naik turun tangga saat hamil juga bisa membantu mengurangi sakit punggung dan sembelit, lho. Bahkan, naik turun tangga diyakini dapat mempermudah proses persalinan.

Baca Juga: Memilih Waktu Olahraga yang Baik, Baca Dulu Artikel Ini!

3. Dapat Merampingkan Pinggul dan Bokong

Manfaat naik turun tangga rupanya juga dapat membantu merampingkan pinggul dan bokong. 

Menurut Times of India, naik turun tangga cukup efektif untuk meningkatkan energi, otot, keseimbangan tubuh, dan kebugaran, lho.

Kita bisa melakukan olahraga ringan naik turun tangga sebanyak mungkin, namun tetap diselingi dengan istirahat. Naik turun tangga bisa mengencangkan otot betis, paha, hingga bokong serta mengusir lemak dan selulit.

Jika ingin rutin naik turun tangga, ada baiknya kita melakukan pemanasan terlebih dahulu agar terhindar dari cedera otot. 

Selain itu, jika kita ingin menjadikan aktivitas naik turun tangga ini sebagai kegiatan rutin, kita juga perlu menggunakan pakaian yang menyerap keringat dan sepatu antislip.

Eigerian bisa menggunakan berbagai koleksi sepatu EIGER nyaman dan original, sehingga cocok untuk pemakaian harian dan olahraga ringan, dijamin lebih nyaman dan anti slip.

4. Menguatkan Otot Perut

Eigerian, pada dasarnya semua aktivitas fisik dapat melibatkan semua anggota tubuh untuk bergerak. 

Jika dilakukan dengan benar, pastinya berdampak baik bagi kesehatan. Seperti menguatkan otot perut dan merangsang organ tubuh di sekitarnya.

Aktivitas naik turun tangga bisa membuat otot dan tulang jadi lebih kuat dan sehat. Kepadatan tulang juga akan meningkat dan mencegah osteoporosis. Di usia muda ini, pastinya kita ingin terhindari dari masalah otot dan tulang.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak studi membuktikan bahwa membiasakan diri naik turun tangga bermanfaat menjaga kesehatan jantung. 

Aktivitas ini termasuk dalam latihan kardio yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh.

Alhasil, orang yang membiasakan diri naik turun tangga akan terhindari dari risiko serangan jantung dan hipertensi.

Baca Juga: 6 Cara Agar Badan Wangi Sepanjang Hari Meski Berkegiatan Outdoor

Tips Aman Olahraga Naik Turun Tangga

Tips Aman Olahraga Naik Turun Tangga
(Foto tips aman olahraga naik turun tangga. Sumber: Unsplash.com)

Setelah mengupas berbagai manfaat naik turun tangga untuk ibu hamil dan kesehatan, pastinya Eigerian makin termotivasi nih untuk memulai kebiasaan baik ini. 

Namun, ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan simak,  ya!

1. Berpegangan Pada Pegangan Tangga

Tips pertama adalah selalu berpegangan pada pegangan tangga baik saat naik maupun turun. 

Jika Eigerian naik turun tangga sambil membawa barang, pastikan salah satu tangan tetap bertumpu pada pegangan tangga, ya!

2. Jangan Terburu-buru

Jangan Terburu-buru
(Foto naik tangga tidak buru-buru. Sumber: Unsplash.com)

Aktivitas naik turun tangga sebaiknya dilakukan dengan perlahan dan hati-hati. Hindari tergesa-gesa saat naik turun tangga untuk menghindari risiko cedera otot atau jatuh dari tangga. 

Pastikan kita menaiki dan menuruni anak tangga satu per satu, ya!

3. Bagi Ibu Hamil, Perhatikan Sisi Samping Tangga

Bagi ibu hamil yang akan naik turun tangga, kendala utamanya adalah pandangan akan terhalang oleh perut si ibu. 

Hal ini akan sangat berbahaya ketika menginjak anak tangga. Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa memperhatikan anak tangga dari sisi samping sambil tetap berpegangan.

4. Pastikan Tangga dalam Keadaan Kering

Pastikan Tangga dalam Keadaan Kering
(Foto: Tangga harus kering. Sumber: Freepik.com)

Sebelum naik turun tangga, pastikan tangga dalam keadaan kering. Sebab, kondisi tangga yang basah pastinya lebih licin dan berisiko membuat kita celaka. 

Ada baiknya untuk tetap berhati-hati meskipun tangga sudah dalam kondisi kering.

5. Gunakan Sepatu yang Tepat

Tips terakhir saat naik turun tangga adalah menggunakan sepatu yang tepat. Hindari menggunakan sepatu dengan alas yang licin, sebab lebih berisiko tergelincir. 

Kita bisa menggunakan sepatu khusus olahraga atau training yang lebih nyaman digunakan.

Bingung memilih sepatu yang nyaman dan antislip? Tenang, Eigerian bisa melihat koleksi sepatu EIGER melalui website EIGER Adventure Official

Dengan belanja di website EIGER Adventure Official, Eigerian bisa memilih produk original dengan kualitas terbaik. Yuk, mulai biasakan diri naik turun tangga demi menjaga kesehatan tubuh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru