HomeTips & TrickGreen & HealthyInilah Segudang Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan

Inilah Segudang Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tentunya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, manfaat puasa Ramadhan adalah agar tubuh tetap sehat. Pada saat berpuasa, tubuh kita akan mendapatkan asupan makanan yang terbatas dan lebih teratur. Menurut sejumlah penelitian, seseorang yang berpuasa di bulan Ramadhan selama 1 bulan penuh memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak berpuasa.

Menurut praktisi kesehatan yang juga merupakan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, salah satu manfaat puasa Ramadhan adalah menurunkan berat badan. Pembatasan asupan makanan dan kalori selama kita puasa tentunya akan memiliki dampak bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat membatasi asupan makanan adalah tubuh menjadi lebih mudah menghancurkan lemak. Selain itu, pembatasan makanan juga akan membantu tubuh mengurangi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Dengan demikian, berat badan dan kolesterol akan menurun. 

Ingin tahu apa saja manfaat puasa Ramadhan lainnya? Simak ulasan di bawah ini sampai akhir, ya!

Manfaat Puasa Ramadhan

Apa Saja Manfaat Puasa Ramadhan? 

manfaat puasa ramadhan
Sumber: Freepik

Dirangkum dari laman resmi Kementerian Kesehatan dan Healthline, berikut ini adalah segudang manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan yang perlu diketahui:

1. Detoksifikasi tubuh

Ketika kita menjalankan ibadah puasa, sesungguhnya tubuh kita sedang melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat atau racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.

2. Membantu regenerasi sel  

Manfaat puasa Ramadhan lainnya adalah dapat membantu proses regenerasi sel dalam tubuh. Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita akan melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik. 

3. Mengurangi peradangan

Peradangan sebenarnya bisa membantu tubuh kita untuk melawan infeksi jika terjadi dalam kondisi normal.  Namun, beberapa peradangan kronis justru dapat menimbulkan penyakit tertentu seperti multiple sclerosis. Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat puasa juga dapat membantu menurunkan tingkat peradangan dan meningkatkan kondisi kesehatan tubuh. 

4. Meningkatkan kesehatan jantung 

Mengingat penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, maka mengubah pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa puasa bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Pasalnya, puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, serta kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh 

Selanjutnya, manfaat puasa Ramadhan adalah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di mana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat. 

6. Mengontrol gula darah

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi penderita diabetes. Selain itu, pembatasan asupan kalori dalam tubuh pada saat seseorang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin. Penurunan resistensi insulin ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga tubuh dapat mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien. Tidak hanya itu, puasa juga dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil karena mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

7. Meningkatkan hormon pertumbuhan

Hormon pertumbuhan atau human growth hormone (HGH) merupakan sejenis protein yang memiliki peran penting bagi banyak aspek kesehatan. Hormon ini akan menunjang pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, serta kekuatan otot.  Beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat puasa secara alami dapat meningkatkan kadar HGH. Selain itu, puasa juga dapat membantu mempertahankan kadar gula darah dan insulin secara stabil, sehingga dapat mengoptimalkan kadar HGH. 

Baca juga: Apa itu Self Healing dan Bagaimana Cara Tepat Melakukannya

Tips Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan

manfaat puasa ramadhan
Sumber: Freepik

Bagaimana sih caranya supaya ibadah puasa membuat kita semakin sehat juga? Ini dia 5 tips sehat untuk menjalankan ibadah puasa yang perlu dipraktikkan, supaya kita bisa merasakan berbagai manfaat puasa Ramadhan seperti yang telah disebutkan di atas. 

1. Makan dengan porsi normal saat berbuka

Siapa yang kalap makan saat berbuka? Ternyata, makan berlebihan setelah puasa seharian justru berdampak buruk untuk tubuh, lho. Menurut dokter Magdi Mohamed dari RS Burjeel Abu Dhabi, makan berlebihan pada saat buka puasa bisa membuat perut kita kram. Bahkan yang lebih parah, kita bisa mengalami diare dan terkena gangguan gastroenteritis. Ini karena perut kita dipaksa untuk langsung bekerja keras setelah beristirahat seharian. Sebaiknya, kita berbuka dengan makanan ringan dan air dulu. Lalu dilanjutkan makan dengan porsi seperti biasa saat kita makan malam alias tidak perlu berlebihan.

2. Perbanyak minum air

Supaya ibadah puasa kita tidak terhalang sakit karena dehidrasi, ada rumus yang bisa kita gunakan untuk mengatur frekuensi dan jumlah air yang kita minum. Pada saat puasa, kita bisa menggunakan aturan 2-2-4 untuk minum, yaitu 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas air di malam hari. Selama puasa, hindari juga konsumsi minuman manis atau mengandung kafein, ya! Sebab, minuman yang mengandung kafein bisa membuat tubuh kita merasa haus seharian.

3. Perbanyak makan buah dan sayur

Pada umumnya, buah dan sayur mengandung serat yang tinggi dan bisa membuat kita merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga daya tahan tubuh, serta mencegah penyakit. Dengan begitu, kita bisa lebih sehat selama bulan puasa. Kita bisa memilih buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, apel, pir, dan anggur. Untuk sayur, sebaiknya kita mengonsumsi sayuran organik saat berbuka, terutama jika diolah menjadi jus atau salad supaya nutrisinya tidak hilang.

4. Batasi makanan dan minuman manis

Pada saat puasa, kita sebaiknya membatasi konsumsi makanan dan minuman manis favorit kita. Kenapa? karena ketika puasa, tidak jarang gula darah kita naik menjadi lebih tinggi dari biasanya. Ketika kita makan makanan manis terlalu banyak saat puasa, maka gula darah kita bisa naik menjadi terlalu tinggi dan malah berdampak buruk pada kesehatan kita. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis saat puasa juga bisa membuat tubuh kita lemas di siang hari. Sebab, gula hanya memberikan kita energi yang banyak dalam waktu sedikit saja dan setelah itu, kita akan merasa lemas, pusing, dan mengantuk. 

Baca juga: Yuk, Ketahui Manfaat dan Cara Melakukan Self Care yang Tepat

5. Olahraga kecil, jangan lupa! 

Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak olahraga sama sekali. Supaya kita bisa mendapatkan manfaat puasa Ramadhan, kita tidak boleh melewatkan olahraga. Ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa membuat badan kita tetap sehat tanpa menghabiskan tenaga terlalu banyak yang membuat kita lapar, kok

Supaya olahraga saat puasa tidak membuat kita kelaparan atau lemas, sebaiknya pilih waktu olahraga yang tepat. Misalnya, kita bisa berolahraga sekitar 30-90 menit sebelum berbuka puasa, sehingga setelah berolahraga kita bisa langsung mengisi perut dengan makanan dan minuman. Selain itu, jenis olahraga juga perlu kita perhatikan. Pastikan kita memilih olahraga yang intensitasnya ringan atau sedang saja seperti jalan kaki atau jogging, yoga, pilates, renang, atau bersepeda.

Dapatkan segala macam perlengkapan olahraga dari Eiger Adventure. Cek selengkapnya di website Eiger Adventure Official sekarang juga, dan temukan produk terbaik yang paling sesuai dengan selera!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru