HomeTips & TrickGreen & Healthy9 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Tubuh, Jangan Sampai Terlewat!

9 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Tubuh, Jangan Sampai Terlewat!

Manfaat sarapan pagi bagi tubuh memberikan tambahan energi untuk beraktivitas seharian. Simak penjelasan lengkapnya, ya!

Sebelum memulai aktivitas, sangat dianjurkan untuk sarapan pagi. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan sarapan. Sebagian orang juga ada yang tidak terbiasa sarapan pagi.

Padahal, sarapan pagi ibarat bahan bakar yang memberikan energi untuk kita beraktivitas seharian. Setidaknya, sarapan pagi memberikan energi yang cukup hingga waktu makan siang.

Akan tetapi, padatnya rutinitas dan kesibukan seringkali membuat kita abai untuk sarapan. Bagi Eigerian yang akan memulai hari dengan kegiatan yang berat, seperti sekolah, bekerja, atau traveling, sarapan pagi merupakan hal yang wajib.

Bahkan, agenda sarapan selalu masuk dalam itinerary wisata mana pun. Agar kita lebih aware akan pentingnya sarapan bagi tubuh, simak berbagai manfaat sarapan pagi berikut ini, yuk!

Baca Juga: Ayo, Terapkan Prinsip Go Green Pakai 7 Tips Ini!

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Tubuh

manfaat sarapan pagi
(Foto kegiatan pagi hari. Sumber: EIGER Adventure)

Layaknya mobil, tubuh kita juga butuh “bahan bakar”, yaitu makanan. Sarapan merupakan bagian penting dari pola makan harian yang tak boleh dilewatkan.

Dirangkum dari Medicine Net, berikut berbagai manfaat sarapan bagi tubuh, simak, ya!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang tidak terbiasa sarapan pagi memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung.

Sebab, orang-orang yang melewatkan sarapan pagi lebih berisiko mengalami kenaikan berat badan, diabetes, kolesterol tinggi, dan meningkatkan tekanan darah. Kondisi tersebut meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sarapan pagi dianggap sebagai upaya yang tepat bagi Eigerian yang ingin diet. Sebab, ketika perut kita sudah kenyang di pagi hari, keinginan untuk mengonsumsi aneka camilan berlemak dan kolesterol akan berkurang.

2. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe II

Sarapan pagi dapat membantu menghindari fluktuasi glukosa dalam darah yang berkontribusi terhadap diabetes tipe II.

Studi menunjukkan bahwa orang yang berusia di bawah 65 tahun dan sering melewatkan sarapan pagi memiliki risiko terkena diabetes 28% lebih tinggi dibandingkan mereka yang terbiasa sarapan teratur.

3. Sumber Energi

sarapan di kantor
(Foto sarapan di kantor. Sumber: Freepik.com)

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, orang yang terbiasa sarapan pagi cenderung lebih aktif dan enerjik dibandingkan mereka yang tidak sarapan.

Sebab, sarapan pagi menjadi sumber energi untuk memulai hari. Orang yang sarapan pagi akan mendapatkan asupan kalori untuk memulai hari dengan penuh semangat dan tidak menambah berat badan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghemat Air untuk Kehidupan Sehari-hari

4. Meningkatkan Daya Ingat

Rupanya, manfaat sarapan pagi juga bisa meningkatkan daya ingat, lho. Ketika memulai aktivitas dengan perut terisi, kita bisa lebih berkonsentrasi dalam belajar dan bekerja, serta mempercepat penyerapan informasi.

Penelitian yang dilakukan di Milan University menunjukkan bahwa kadar glukosa yang stabil pasca sarapan mungkin menjadi penyebab mengapa sarapan pagi bisa meningkatkan daya ingat.

5. Menjaga Berat Badan

Hasil penelitian yang dimuat dalam Obesity Journal, orang dewasa yangs edang diet dan rutin sarapan pagi daripada makan malam mampu menurunkan berat badan dengan lebih baik.

Artinya, sarapan memiliki manfaat penting bagi kita yang sedang diet secara sehat. Selain itu, sarapan pagi juga mengurangi keinginan kita untuk mengonsumsi camilan yang bisa menambah berat badan.

6. Mencegah Kerontokan Rambut

rambut sehat
(Foto rambut sehat. Sumber: Freepik.com)

Tahukah Eigerian? Sarapan pagi dapat memberikan mikronutrien yang berfungsi mengurangi stres pada tubuh. Melewatkan sarapan dapat meningkatkan kemungkinan rambut rontok.

Selain itu, sarapan pagi juga bisa memberikan protein yang baik bagi perkembangan rambut yang sehat setelah berpuasa semalaman.

Baca Juga: 7 Cara Cepat Tidur yang Bisa Kamu Coba 

7. Mencegah Sakit Kepala dan Migrain

Pernahkah Eigerian merasa sakit kepala ketika perut keroncongan? Yup, hal tersebut rupanya bisa disebabkan karena rendahnya kadar gula darah.

Sarapan pagi dapat menstablikan kadar gula darah yang penting untuk mencegah sakit kepala. Itulah mengapa kita juga kerap kali merasa migrain jika tidak sahur saat berpuasa.

8. Sumber Serat

Menurut para ahli, sarapan bisa menjadi sumber serat yang ideal bagi tubuh. Sarapan juga merupakan waktu yang tepat untuk menyerap serat yang penting bagi tubuh.

Manfaat serat bagi tubuh yakni mencegah konstipasi, menjaga daya tahan tubuh, menjaga berat badan ideal, menjaga kadar gula darah, memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan, dan masih banyak lagi.

9. Memperbaiki Suasana Hati

sarapan bersama keluarga
(Foto sarapan bersama keluarga. Sumber: Freepik.com)

Menurut penelitian, sarapan pagi yang sehat bisa meningkatkan suasana hati. Sebab, setelah tidur malam, makan di pagi hari dapat meningkatkan kadar glukosa dalam otak.

Ketika aktivitas pagi hari tidak terganggu oleh rasa lapar, kebanyakan orang tentu akan merasa lebih bahagia dan bersemangat. Biasanya, orang yang sedang lapar cenderung lebih mudah marah.

Baca Juga: Apa itu Self Healing dan Bagaimana Cara Tepat Melakukannya

Menu Sarapan Sehat

manfaat sarapan pagi
(Foto menu sarapan sehat. Sumber: Freepik.com)

Menu sarapan perlu diatur sebaik mungkin agar berbagai manfaat kesehatan sebelumnya dapat dirasakan oleh tubuh.

Bagi Eigerian yang sedang diet, berikut poin penting mengatur menu sarapan sehat yang tepat:

  • Makan lebih banyak protein saat sarapan dapat meningkatkan upaya penurunan berat badan jika Eigerian sedang diet.
  • Konsumsi 30 gram protein dalam makanan pagi terbukti membuat perut kita merasa kenyang lebih lama.
  • Makanan tinggi protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna ketimbang karbohidrat. Dengan begitu, keinginan mengonsumsi camilan akan berkurang.

Ada beberapa bahan makanan kaya protein yang bisa kita santap, seperti telur, yoghurt, susu, keju, ikan, dan ayam.

Contoh menu sarapan sehat yang bisa kita buat secara teratur yakni roti isi telur, nasi goreng telur, bubur ayam, lontong sayur, nasi uduk, pisang, serta lengkapi juga dengan sayuran dan susu.

Selain membiasakan sarapan pagi sebelum beraktivitas, bagi Eigerian yang hendak memulai traveling atau aktivitas harian lain, Eigerian juga bisa menggunakan perlengkapan outdoor, riding, dan traveling dari EIGER.

Kita bisa menggunakan aneka produk fashion, tas, jam tangan, botol minum, sepatu, sarung tangan motor, dan aksesoris lainnya dengan berbelanja melalui website EIGER Adventure Official.

Proses belanja online di situs web EIGER sangatlah mudah dan nyaman. Didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti paylater, bank transfer, hingga COD. Dapatkan juga harga terbaik dan promo menarik untuk berbagai barang pilihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments