HomeTips & TrickRidingPentingnya Memilih Sepatu Sepeda yang Tepat

Pentingnya Memilih Sepatu Sepeda yang Tepat

Bagi Eigerian yang hobi bersepeda atau mau mulai bersepeda, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan. Selain memilih jenis sepeda yang cocok, memilih sepatu juga sangat penting, biar gowes-mu semakin nyaman dan aman. Nah, supaya Eigerian tidak bingung milih sepatu yang seperti apa, langsung simak saja penjelasan di bawah ini. 

Cycling shoes adalah sepatu yang didesain secara khusus untuk bersepeda. Sepatu jenis ini memiliki karakteristik yang unik dan berbeda daripada sepatu biasanya, yaitu menyatu dengan bagian pedal atau biasa disebut clipless pedal. Sepatu sepeda terdiri dari sepatu dan cleat yang merupakan material tambahan pada sol sepatu, agar tidak mudah lepas atau terpeleset. Cleat inilah yang nantinya akan dikaitkan pada clipless pedal yang ada di sepeda milikmu. 

Tujuan dari konsep sepatu sepeda yang menyatukan pedal dan kaki adalah untuk memudahkan pesepeda saat bersepeda jarak jauh. Selain itu, sepatu ini juga akan memungkinkan pesepeda untuk melaju dengan kecepatan tinggi pada turnamen balap sepeda.

Memilih Sepatu Sepeda

Mengenal Jenis-jenis Cycling Shoes

sepatu sepeda

Memilih sepatu sepeda sebenarnya, ada banyak tipe cleat dan jenis sepatu sepeda, karena setiap produsen sepatu dapat membuat jenis yang berbeda-beda, dan sesuai desain masing-masing produsen. Namun, ini dia tipe cleat dan jenis sepatu yang bisa dikategorikan secara umum:

1. SPD dan SPD-SL

Pada umumnya, terdapat dua jenis sepatu sepeda, yaitu jenis SPD dan juga SPD-SL. Sepatu jenis SPD ini sebenarnya biasa digunakan untuk sepeda gunung atau mountain bike. Sedangkan jenis SPD-SL didesain khusus untuk para atlet balap sepeda. Sepatu jenis SPD-SL memiliki kelebihan dibanding jenis SPD, yaitu bobotnya yang jauh lebih ringan dan ikatannya yang lebih kuat. Maka dari itu, jenis SPD-SL ini juga dapat digunakan untuk bersepeda road bike.

2. Sepatu Sepeda Gunung

Sepatu jenis ini memiliki karakter sol yang kuat, bergerigi atau memiliki grip, dan berbahan karet yang menjadikan tidak mudah tergelincir saat berjalan di tanah ataupun memanjat lereng. Tentu saja akan sangat nyaman ketika dipakai berjalan di gunung sehabis kamu bersepeda. Pedal yang digunakan untuk jenis sepatu ini adalah jenis 2 hole system. Di beberapa jenis, ada pula yang memiliki feature anti air, pengikat yang lebih kencang, serta memiliki pelindung mata kaki.

3. Sepatu Sepeda Balap

Jenis yang satu ini biasanya memiliki karakter yang ringan dengan banyak ventilasi, serta sol yang rata dan keras. Bahan yang digunakan untuk jenis ini biasanya menggunakan serat karbon, sehingga bobot sepatunya bisa menjadi lebih ringan. Sepatu ini dirancang untuk memberikan tekanan yang kuat dan efektif pada pedal sepeda. Pedal yang biasa dipakai untuk jenis sepatu ini adalah jenis 3 hole system, namun ada juga yang menggunakan 2 hole system.

4. Sepatu Sepeda Urban

Sepatu Sepeda Urban atau Hybrid merupakan perpaduan antara sepatu sepeda gunung dan sepatu sepeda balap. Jenis ini memiliki sedikit karakter sepeda balap, namun masih nyaman untuk dipakai berjalan. 

Tips Memilih Sepatu yang Tepat

sepatu sepeda

Tips pertama yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu adalah pilih yang ukurannya sesuai dengan dengan ukuran kaki kamu. Jangan terlalu sempit atau terlalu longgar. Tips lainnya langsung saja cek di bawah ini:

  • Pilihlah bahan dan sol sepatu yang terbuat dari serat karbon.
  • Sepatu harus dapat melindungi kaki dan grip. Sehingga dapat membantu mencengkram pedal dengan lebih baik dan membantu kaki agar bisa menjadi tumpuan yang baik saat mengayuh sepeda.
  • Sesuaikan sepatu dengan medan yang akan kamu hadapi. Kamu bisa memilih 2 jenis sepatu, yaitu sepatu offroad dan sepatu onroad. Sepatu offroad memiliki permukaan sol dengan banyak gigi atau grip, atau menyerupai sepatu sepak bola. Sepatu jenis ini sangat cocok digunakan di medan yang terjal. Sedangkan sepatu on-road memiliki permukaan sol yang rata dan grip-nya sedikit.
  • Pilihlah sepatu dengan daya tahan yang baik, terutama jika kamu sering mengarungi medan yang cukup terjal dan ekstrem.
  • Perhatikan juga sistem ventilasi pada sepatu yang akan kamu beli. Adanya ventilasi pada sepatu sangat penting agar kaki tetap nyaman dan kering dari keringat di kaki, karena saat bersepeda tentunya kaki akan sangat aktif bergerak.
  • Pilihlah sistem pengencang sepatu yang sesuai selera dan kebutuhan. Ada beberapa model sistem pengencang sepatu yang bisa dipilih, yaitu model tali, model perekat, atau model putaran.
  • Perhatikan pula kenyamanan dengan mempertimbangkan bobot sepatu. Semakin ringan sepatunya, maka akan semakin nyaman, dan juga berpengaruh terhadap daya kayuh. 

Sepatu Tepat, Gowes Mantap! 

Memilih sepatu sepeda meskipun sebenarnya tidak ada kewajiban menggunakan sepatu khusus saat bersepeda, namun tidak ada salahnya jika Eigerian memakai sepatu sepeda yang tepat. Sebab, dengan memakai sepatu yang tepat, kayuhanmu akan semakin efisien dan lebih nyaman juga. Yuk, intip koleksi sepatu Eiger Adventure. Ada banyak pilihan model dan warna yang bisa Eigerian sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Soal kualitas, tidak perlu diragukan lagi. Merek lokal yang satu ini bisa diadu dengan merek luar negeri!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments