HomeTips & TrickLifestyleMenerapkan Gaya Hidup Sehat itu Tidak Susah, Coba Dulu!

Menerapkan Gaya Hidup Sehat itu Tidak Susah, Coba Dulu!

Gaya hidup seseorang pada umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan dan aktivitas sehari-hari. Rutinitas yang padat bisa saja berpengaruh terhadap pola makan, waktu tidur, bahkan bisa menyebabkan stres. Seiring waktu, kebiasaan ini akan berdampak terhadap daya tahan tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Menerapkan gaya hidup sehat memang bisa menjadi hal yang susah-susah gampang. Apalagi, kalau sebelumnya pola hidup yang dijalani tergolong tidak teratur. Namun, gaya hidup sehat merupakan suatu hal yang penting diterapkan untuk membantu menjaga kebugaran tubuh, serta menurunkan risiko terserang penyakit parah, seperti jantung koroner, hingga kanker. Lantas, kapan gaya hidup sehat ini perlu diterapkan? Jawabannya adalah sekarang juga, secepat mungkin. Tidak perlu terlalu ekstrem, Eigerian bisa memulainya dengan perubahan pada kehidupan sehari-hari terlebih dahulu.

Nah, berikut ini adalah beberapa perubahan kehidupan sehari-hari yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat:

1. Menjaga Asupan Makanan dan Berat Badan 

Gaya hidup sehat bisa ditunjukkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang sehat. Nyatanya, menjaga pola makan memang bisa membantu menurunkan risiko penyakit, seperti diabetes. Selain itu, kebiasaan baik ini juga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. Konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang bisa membantu menurunkan atau bahkan menaikkan berat badan agar lebih ideal dan sehat. 

2. Catat Makanan yang Dikonsumsi

Jika memiliki masalah berat badan atau kebiasaan pola makan yang tidak sehat, Eigerian bisa mencatat makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Catatan ini akan sangat bermanfaat untuk mengontrol asupan makanan dan sebagai pengingat. Dengan begitu, Eigerian bisa mengurangi konsumsi makanan tersebut untuk menjaga tubuh lebih sehat. Sangat disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran, setidaknya 4 porsi buah-buahan dan 5 porsi sayuran dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat.

3. Aktif Bergerak dan Berolahraga 

gaya hidup sehat

Kalau Eigerian punya kebiasaan duduk diam atau tidak melakukan aktivitas fisik yang berarti dalam satu hari, maka sekarang saatnya berubah. Aktif bergerak dan rutin berolahraga merupakan gaya hidup sehat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu saja, aktivitas fisik juga bisa membantu menjaga tubuh tetap bugar dan tidak mudah sakit.

Olahraga secara teratur juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, memperkuat daya tahan tubuh, hingga menjaga kesehatan organ jantung. Tidak perlu terlalu memaksakan diri atau pergi ke pusat kebugaran, Eigerian bisa memulainya dengan lebih banyak melakukan aktivitas fisik dan berolahraga ringan, seperti berjalan kaki atau jogging

4. Memperbaiki Pola Tidur 

Tidur merupakan kebutuhan mendasar tubuh, tetapi tidak banyak orang yang sadar akan pentingnya pola tidur yang baik. Memperbaiki pola tidur adalah penerapan pola hidup sehat yang bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis, termasuk hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur setidaknya selama 7-9 jam setiap malam. Namun kebutuhan tidur ini bisa berbeda-beda, tergantung pada kondisi tubuh dan padatnya aktivitas harian. 

5. Menghentikan Kebiasaan Buruk

Gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok atau minum minuman beralkohol, bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Ada berbagai macam penyakit yang dapat muncul akibat kebiasaan buruk ini, seperti penyakit jantung dan paru-paru, PPOK, diabetes, hepatitis, hingga kanker.

6. Memperhatikan Kehidupan Sosial

gaya hidup sehat

Perhatikan kembali hubungan kamu dengan pasangan, keluarga, rekan kerja, ataupun atasan. Secara tidak langsung, interaksi dengan orang-orang sekitar bisa berdampak terhadap kesehatan mental dan tentu saja bagi tubuh. Lingkungan sosial bisa menjadi tempat untuk bertukar pikiran, berkeluh kesah, menemukan solusi, hingga menyampaikan opini. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk sekadar bercengkrama dengan orang-orang terdekat.

7. Mengelola Stres

Stres bisa saja terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Tapi, jangan sampai menyerah pada kondisi ini. Mengelola stres dengan baik merupakan bagian dari penerapan gaya hidup sehat. Pasalnya, stres yang tidak dikontrol dengan baik akan mengancam kesehatan mental, membuang energi, hingga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Disiplin dan Komitmen adalah Kunci! 

Menerapkan gaya hidup sehat nyatanya tidak hanya bisa mencegah penyakit fisik saja. Tetapi juga bisa membantu memelihara kesehatan mental. Memiliki pola hidup sehat akan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Hal ini juga akan membantu meningkatkan harapan seseorang untuk hidup lebih lama.

Menjalani gaya hidup sehat tidak akan sulit, asalkan punya niat yang kuat. Tanpa niat, keinginan untuk memulai pola hidup sehat bisa saja menurun. Jadi, diperlukan disiplin dan komitmen yang kuat untuk menjalaninya. Dukungan orang-orang terdekat juga bisa membantu Eigerian untuk terus menjalani pola hidup sehat ini.

Nah, untuk mendukung niat menjalani gaya hidup sehat, Eiger menyediakan berbagai perlengkapan olahraga terbaik yang bisa Eigerian dapatkan secara online. Kalau butuh sepatu olahraga misalnya, Eiger punya Eiger Florence Low Cut Shoes yang merupakan sepatu low cut bergaya sporty menarik namun simpel yang sangat cocok digunakan untuk pemakaian harian, termasuk olahraga dan traveling.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru