HomeTips & TrickGreen & HealthyMengenal Konsep Mindfulness Di Era Kekinian

Mengenal Konsep Mindfulness Di Era Kekinian

Konsep mindfulness dalam kehidupan kekinian agaknya semakin relevan. Cara ini dapat memberikan banyak manfaat dan dorongan positif untuk orang-orang dengan tingkat stres tinggi, sehingga mampu mengelola stres yang dimilikinya dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Memang sebenarnya mindfulness sudah ada sejak lama dalam berbagai bentuk. Namun belakangan, meditasi dan menikmati waktu berkualitas bersama diri sendiri jadi alternatif yang lebih digemari. Dengan menerapkan metode ini, kamu bisa merasa lebih nyaman dengan diri sendiri, percaya diri, serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara umum.

Mari kenali lebih jauh mengenai konsep ini.

Baca Juga : 5 Manfaat Self Improvement dan Cara Melakukannya

Memahami Apa Itu Mindfulness

mindfulness
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Mindfulness bisa didefinisikan sebagai satu cara melatih diri agar dapat memusatkan perhatian dan pikiran pada apa yang terjadi saat ini. Cara ini melibatkan kesadaran serta ketidakberpihakan, dengan tujuan agar pikiran menjadi lebih tenang.

Dengan pikiran yang tenang dan tidak menghakimi apa yang terjadi, maka seseorang bisa berada pada titik terbaik kesadarannya. Secara langsung, hal ini juga dapat meningkatkan kesehatan fisik, ketika dilakukan secara rutin dan konsisten.

Baca Juga : 5 Cara Memulai Pola Makan Sehat, Simak Detailnya!

Cara Menerapkannya adalah Sebagai Berikut

mindfulness
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Mungkin meditasi menjadi salah satu cara yang dianjurkan banyak orang dalam menerapkan konsep mindfulness ini. Namun sebenarnya, hal ini bisa diterapkan dan dilatih di mana saja. Karena berangkat dari pikiran, maka hampir semua kegiatan bisa jadi alat latihan yang baik.

Memulai Hari dengan Tujuan

Fokus pada satu tujuan yang jelas setiap kamu memulai hari bisa jadi langkah pertama dalam mindfulness ini. Ketika satu tujuan diulang-ulang di dalam pikiran, maka secara otomatis tubuh dan otak akan menyelaraskan diri dengan tujuan tersebut.

Kamu akan memiliki kesadaran dimana setiap apa yang dilakukan harus melangkah maju menuju tujuan ini. Kekuatan pikiran begitu hebat, hingga bisa secara langsung berpengaruh pada tindakan yang dilakukan.

Melakukan Latihan Fisik

Mindfulness tidak sekedar melatih pikiran saja, namun juga soal melatih fisik. Melakukan latihan fisik yang membutuhkan koordinasi gerak yang baik dapat membantu setiap proses mindfulness yang dijalankan setiap hari.

Misalnya saja, dengan bersepeda, berenang, atau jogging. Aktivitas ini dapat membantu otak melatih koordinasi yang dimiliki, sehingga menjadi semakin segar dan meningkatkan kesadaran terhadap tubuh yang kamu miliki.

Jangan Terlalu Dipaksakan

Kamu akan tahu bahwa upaya menerapkan konsep ini terlalu dipaksakan saat kamu merasa lelah sepanjang hari karena berusaha keras. Maka dari itu, berikan otak waktu beristirahat yang layak dalam usaha yang kamu lakukan.

Sederhana saja, melakukan hal yang kamu sukai, menyegarkan motivasi, makan makanan yang kamu inginkan, dan pergi ke tempat yang bisa membuat pikiran merasa lebih tenang. Setelah waktu istirahat yang cukup, otak akan kembali siap dilatih dan memberikan hasil jauh lebih optimal.

Baca Juga : Rekomendasi Buku Self Improvement

Latihan dengan Makan

Fokus dengan apa yang terjadi, yang dilakukan saat ini, adalah kunci dari mindfulness. Latihannya bisa dilakukan sesederhana saat kamu sedang makan. Hilangkan kebiasaan makan sambil melihat gadget atau distraksi lain, dan fokus pada makanan yang ada dihadapan.

Rasakan teksturnya, cita rasa yang diberikan, warnanya, rasa setiap bahan yang menyusun makanan tersebut, nikmati secara maksimal setiap gigitan dari makanan tersebut.

Ketenangan dalam Menyetir

Pernah merasakan rasa frustasi saat menghadapi macet di dalam mobil? Nah, ini justru jadi kesempatan untuk melatih dan menerapkan prinsip mindfulness yang sudah kamu baca sejauh ini. Melatih agar pikiran dan emosi tetap terkontrol dalam kondisi macet bisa jadi memberikan efek yang benar-benar efisien.

Kondisi ini mengharuskan kamu untuk menunggu hingga kendaraan bisa berjalan, tanpa melakukan apapun selain berada di dalam mobil, dalam waktu yang tidak menentu. Alih-alih emosi meningkat atau stres makin menjadi, ada baiknya kamu menenangkan diri dan terus fokus pada apa yang kamu hadapi saat ini.

Manfaat Penerapan Mindfulness untuk Kesehatan Mental

mindfulness
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Mindfulness, ketika diterapkan dengan konsisten dan disiplin, secara langsung dapat melatih mental menjadi lebih kuat. Kekuatan pikiran yang kamu miliki akan terus meningkat, dalam menghadapi berbagai situasi yang di luar kontrol.

Ketika seorang memahami benar konsep ini dan mempraktekkannya secara konsisten maka orang tersebut akan memiliki ketenangan, pikiran yang dingin, serta emosi yang terkontrol. Seperti kita pahami bersama bahwa emosi yang tidak terkontrol dan stres dapat menjadi akar banyak masalah kesehatan bukan?

Secara langsung beberapa manfaatnya adalah :

1. Mengurangi efek buruk perasaan kesepian

2. Meningkatkan kreativitas secara umum

3. Meminimalisir resiko gangguan kognitif

4. Mengontrol suasana hati

5. Meredakan rasa sakit, baik fisik maupun mental

6. Menghilangkan stres berlebih

Baca Juga : Yuk Simak Tips Thrifting dan Lokasi yang Recommended Di Sini 

Konsep mindfulness memang bukan konsep baru yang muncul belakangan ini. Namun, relevansinya kian meningkat seiring tekanan kehidupan yang semakin besar dirasakan oleh masyarakat luas. Maka tak heran konsep ini jadi populer belakangan, karena bisa membantu banyak orang meringankan masalahnya.

Kamu bisa mendapatkan lebih banyak artikel menarik seperti tentang mindfulness ini di laman blog milik Eiger Adventure. Semoga kamu bisa menemukan artikel yang paling tepat untuk membantu dengan berbagai tips yang ada di dalamnya.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru