HomeTips & TrickLifestyleMengetahui Pengertian dan Dampak Melakukan Binge Watching

Mengetahui Pengertian dan Dampak Melakukan Binge Watching

Gemar nonton serial sampai lupa waktu? Hati-hati kena dampak binge watching, lho! Saat ini, kita memang telah memasuki era streaming, di mana menonton tayangan favorit menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Penyedia layanan streaming biasanya akan merilis semua episode yang ada dalam satu musim sekaligus.

Inilah yang kemudian melahirkan sebuah fenomena baru yang dikenal dengan istilah binge watching. Binge watching adalah sebuah perilaku menonton atau streaming banyak episode tayangan sekaligus dalam satu waktu, atau menonton film maupun drama secara maraton. 

Untuk tahu lebih banyak soal perilaku ini, apa saja dampaknya bagi kesehatan, hingga cara mengatasi kebiasaan tersebut, yuk simak ulasan di bawah ini sampai akhir! 

Apa itu Binge Watching?

binge watching
Sumber: Freepik

Binge watching adalah sebutan untuk aktivitas menonton video secara langsung, misalnya 7 episode drama hanya dalam waktu satu malam saja. Seiring dengan semakin bertambahnya layanan VoD (Video on Demand), binge watching memang telah menjadi fenomena yang tidak asing lagi di seluruh dunia.

Sebagai contoh, sebuah riset di Amerika Serikat membuktikan bahwa sebanyak 60% dari total pengguna VoD berusia dewasa menonton lebih dari 2 episode dalam satu waktu. Kemudian di kalangan muda dewasa pada usia 18 sampai 29 tahun, sebanyak 73% dari total pengguna VoD melakukan perilaku ini setidaknya sekali dalam seminggu.

Riset lain yang dipublikasikan oleh BMC Public Health pada Agustus 2020 lalu, dengan mengambil sebanyak 926 orang dewasa di Amerika Serikat yang memiliki televisi dan gadget yang mereka gunakan untuk menonton seri drama, hasilnya menunjukkan bahwa waktu terbanyak yang dihabiskan responden untuk binge watching rata-rata adalah 15,7 jam sehari dengan semua perangkat.

Mereka yang memiliki waktu menonton terbanyak juga terbukti memiliki kondisi kesehatan serta pola makan yang lebih buruk, daripada dengan responden yang waktu menontonnya lebih sedikit. 

Bagaimana Dampak Melakukan Binge Watching?

binge watching

Kalau kita melakukan binge watching secara terus menerus, maka kebiasaan ini bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Untuk itu, mari kenali bahaya binge watching untuk kesehatan berikut ini:

1. Kurangnya aktivitas fisik

Menurut National Institutes of Health, gaya hidup bermalas-malasan seperti binge watching sering dikaitkan dengan beberapa konsekuensi kesehatan fisik seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, osteoporosis, stroke, hingga gangguan suasana hati seperti kecemasan dan depresi.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Environmental Research pada bulan April 2020 menunjukkan perbandingan antara aktivitas duduk yang aktif (seperti bekerja dengan komputer) dan duduk yang tidak aktif (seperti binge watching), dan hasilnya adalah aktivitas duduk tidak aktif akab menyebabkan naiknya indeks massa tubuh dan lemak tubuh hingga 25% pada golongan dewasa muda.

2. Pola makan yang tidak sehat

Binge watching juga dapat memicu pola makan yang tidak sehat. Menurut peneliti dari University of Michigan, Amerika Serikat, binge watching akan mendorong seseorang untuk melewatkan waktu tidur, cenderung konsumsi makanan tidak sehat, makan makanan yang tidak sehat di malam hari, makan sambil berbaring, dan perilaku malas bangkit dari tempat tidur ataupun sofa.

Sementara itu, penelitian lain dari American Journal of Clinical Nutrition edisi Maret 2020 membuat seseorang tidak fokus saat makan. Hal tersebut ternyata memicu makan berlebihan dan penambahan berat badan. Pola makan yang demikian juga dapat menjadi penyebab obesitas dan penyakit yang berkaitan dengan obesitas seperti diabetes, hingga tekanan darah tinggi.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

3. Gangguan tidur dan kelelahan

Pada bulan Agustus 2017, sebuah laporan yang dimuat dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa binge watching juga sangat erat kaitannya dengan kualitas tidur yang buruk, rasa lelah berlebihan, dan juga gejala insomnia. Binge watching tidak mengizinkan otak untuk  berhenti dan istirahat, padahal tubuh sudah lelah butuh tidur untuk mengisi energi kembali.

4. Penggumpalan darah

Duduk terlalu lama tanpa banyak bergerak juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, seperti penggumpalan darah. Seseorang yang menghabiskan banyak waktu untuk melakukan binge watching terbukti memiliki risiko untuk mengalami penggumpalan darah 70% lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

5. Gangguan kesehatan jantung

Dampak buruk lain yang ditimbulkan akibat terlalu lama duduk saat melakukan binge watching adalah gangguan kesehatan jantung. Duduk untuk menonton televisi selama lebih dari 4 jam dalam sehari secara terus menerus dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

6. Isolasi sosial

Seseorang yang memiliki kebiasaan menonton tanpa kenal waktu cenderung mengasingkan diri dari pergaulan. Hal ini juga akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan mental, lho

7. Perilaku kecanduan

Binge watching juga dianggap sebagai salah satu bentuk perilaku kecanduan. Kegiatan tersebut memberikan satu bentuk kepuasan yang membuat seseorang bahkan rela untuk mengorbankan aktivitas penting lainnya. Mereka yang tidak dapat mengontrol kebiasaan buruk ini akan cenderung sering bermasalah dengan kehidupan sosialnya.

8. Penurunan fungsi kognitif otak

Menghabiskan waktu selama berjam-jam hanya untuk maraton film juga akan berdampak sangat buruk bagi otak. Penelitian yang dilakukan pada 2019 lalu, seperti yang dimuat di Scientific Report menunjukkan bahwa binge watching dapat memicu penurunan fungsi kognitif otak. Kondisi ini akhirnya dapat menyebabkan penurunan performa di tempat kerja maupun di sekolah.

Baca juga: Kenapa Bisa Terjadi Burnout, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara Menghentikan Kebiasaan Binge Watching

Bagi mereka yang sudah terbiasa, tentu tidak mudah untuk menghentikan kebiasaan ini. Tapi mengingat dampak buruknya untuk kesehatan fisik dan mental, binge watching sebaiknya tidak jangan sampai jadi sebuah kebiasaan. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikannya:

  • Hilangkan kebiasaan suka tidur dan bermalas-malasan di atas sofa atau tempat tidur (couch potato syndrome), lalu mulailah untuk lebih bergerak aktif.
  • Coba regangkan otot melalui gerakan sederhana, atau berlari di atas treadmill sambil menonton tayangan favorit.
  • Jika ingin ngemil sambil menonton, pilihlah makanan yang lebih sehat seperti buah berry, anggur, dan camilan sehat lainnya. Hindari konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan alkohol atau gula yang tinggi. Dan jangan ngemil di malam hari, mulai jam 7 hingga jam 10 malam di saat mendekati waktu tidur.
  • Cobalah untuk membagi waktu menonton selama beberapa hari, bukan menonton banyak episode sekaligus dalam satu hari. Hal ini akan memperpanjang rasa bahagia saat menonton tayangan favorit, serta akan membuat tubuh lebih bergerak aktif.

Kita bisa mempraktikkan satu per satu tips di atas. Mulailah dari tips yang paling mudah dilakukan untuk dilakukan terlebih dahulu, ya! Untuk menunjang gerak aktif sehari-hari, perlengkapan olahraga dari Eiger dapat dipilih. Segala macam produk mulai dari aksesoris kepala hingga kaki, bisa didapatkan di Eiger Adventure Official Website maupun di store terdekat. Cek koleksi terbarunya, dan pilih produk mana yang paling menarik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru