HomeTips & TrickGreen & HealthyMengulik Apa Itu HIIT Cardio, Manfaat, dan Tips Suksesnya

Mengulik Apa Itu HIIT Cardio, Manfaat, dan Tips Suksesnya

Menjaga pola hidup sehat bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan berolahraga secara rutin. Masalahnya, tak semua orang memiliki waktu yang banyak untuk hal ini. Maka kemudian HIIT Cardio jadi salah satu alternatif yang menarik untuk masyarakat dengan waktu yang terbatas.

Pada artikel singkat kali ini kamu bisa menemukan beberapa penjelasan menarik, terkait pengertiannya secara umum, manfaat, serta tips melakukan olahraga HIIT Cardio ini. Dengan demikian, kamu juga bisa mencobanya secara langsung dan mendapatkan hasil maksimal dari olahraga ini.

Apa yang Dimaksud HIIT Cardio Itu?

hiit cardio
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

HIIT Cardio sendiri merupakan singkatan dari high intensity-interval training cardio. Artinya, metode latihan efektif dan efisien dalam menggabungkan gerakan kardio intensitas tinggi dan sedang pada interval tertentu untuk membantu tubuh membakar lemak.

Mungkin yang paling sederhana dan mudah ditemukan adalah seven minute workout yang banyak beredar di media sosial. Namun tak hanya itu saja, sebab HIIT Cardio yang baik bisa diformulasikan sesuai dengan kebutuhan tubuh, sehingga memberikan manfaat optimal untuk tubuh kamu.

Baca Juga : Ini Lho 7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kamu

Manfaat Langsung yang Dirasakan Tubuh

hiit cardio
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dengan melakukan HIIT Cardio sendiri idealnya tubuh bisa membakar lemak dengan lebih baik, waktu yang singkat, dan efisien. Namun tak hanya itu saja, ada beberapa manfaat lain yang juga bisa didapatkan tubuh sehingga olahraga ini populer di kalangan masyarakat.

Bayangkan saja, dengan waktu yang cenderung singkat, kamu bisa mendapatkan manfaat yang sangat banyak. Jadi kamu tak lagi perlu meluangkan waktu terlalu banyak untuk tetap bergerak aktif dan mendapatkan tubuh yang ideal.

Berikut beberapa manfaat latihan HIIT yang bisa kamu dapatkan secara langsung.

1. Mengurangi enzim lemak. Ketika sudah dilakukan secara rutin dalam kurun waktu yang cukup lama, tubuh yang terbiasa melaksanakan latihan in bisa membantu menurunkan enzim yang memproduksi lemak.

2. Membakar kalori dengan efektif. Selain lemak, tubuh kamu juga akan membakar kalori dalam jumlah yang besar. Kalori yang digunakan bisa sampai 10%, serta membantu mengurangi kapasitas penyimpanan lemak yang dimiliki tubuh.

3. Jelas, pembakaran lemak optimal. Dalam waktu 20 menit sesi HIIT Cardio, kamu bisa membakar lemak dengan efisien bahkan hingga beberapa jam selanjutnya. Tubuh yang sudah ‘panas’ karena latihan ini akan melakukan pembakaran pada lemak, sehingga lemak dalam tubuh bisa lekas berkurang.

Tentu manfaat-manfaat ini akan didapatkan ketika HIIT Cardio jadi latihan rutin yang dilakukan secara disiplin, konsisten, dan terarah. Maka ada beberapa tips yang bisa digunakan dalam rangka menjaga agar tubuh bisa mendapatkan manfaat tersebut, seperti yang disampaikan di bagian selanjutnya.

Tips Melakukan HIIT Cardio Agar Mendapat Manfaat Optimal

personal trainer
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dalam melakukan HIIT Cardio, memang bisa dengan bermodalkan disiplin dan konsistensi saja. Namun ada baiknya jika kamu juga membaca beberapa tips di bawah ini, agar hasil latihan yang diinginkan bisa lekas didapatkan dengan maksimal.

Apa saja tipsnya? Simak di poin singkat berikut ini.

Batasi Setiap Sesi Latihan

Idealnya setiap sesi latihan HIIT hanya dilakukan antara 10 sampai 12 menit saja. Berikan waktu istirahat sejenak, lalu kembali lakukan untuk set kedua. Bukan pada durasi setiap sesi, namun penekanannya lebih kepada pengulangan yang konsisten.

Personal Trainer

Meski bisa dilakukan secara mandiri, namun keberadaan personal trainer akan sangat membantu. Pertama, PT bisa membantu identifikasi kebutuhan tubuh, dan membuat formula latihan terbaik untuk hasil yang diinginkan. PT bukan jadi hal wajib, namun akan jadi tambahan yang sangat baik untuk mencapai target yang kamu miliki.

Pemanasan sebelum Mulai Latihan

Well, tubuh kamu akan melakukan kontraksi yang cukup intens dalam waktu singkat dan terus menerus. Maka jangan lupa untuk melakukan pemanasan yang baik sebelum memulai sesi latihan HIIT Cardio. Pemanasan bisa membantu menghangatkan tubuh dan otot, serta mengurangi resiko cedera.

Diskusikan Tahapan Latihan

Ketika akan dilakukan secara rutin, tentu ada tahapan yang harus dibuat. Artinya, dari tahap latihan pertama yang ringan menuju tahap yang lebih berat, semua wajib didiskusikan dengan PT yang kamu miliki. Jadi tubuh bisa berproses sesuai dengan kondisi alami, dan tidak ada yang terlalu dipaksakan dan justru meningkatkan resiko cedera.

Konsistensi Jadi Kunci Utama

Kembali lagi diingatkan, bukan menyoal waktu yang dihabiskan dalam setiap sesi, namun konsistensi dan disiplin dalam berlatihlah yang akan memberikan hasil optimal untuk tubuh kamu. Jaga kedua hal ini dengan progres yang terus meningkat, dan lihat apa yang dihasilkan dari latihan tersebut.

Baca Juga : Sudah Tahu Pedoman Gizi Seimbang yang Berlaku di Indonesia? 

HIIT Cardio sendiri bisa dikatakan adalah salah satu alternatif cara berolahraga yang bisa diambil untuk kamu yang tak memiliki banyak waktu berolahraga. Singkat, intensif, dan optimal, HIIT bisa memberikan bentuk tubuh ideal serta kesehatan, dan mood yang jauh lebih baik.

Itu tadi sedikit informasi mengenai HIIT Cardio untuk kamu yang ingin mulai menerapkan gaya hidup sehat. Kamu juga bisa mendukung kegiatan workout ini dengan perlengkapan dari Eiger Adventure. Semoga bermanfaat, dan mari mulai gaya hidup sehat sekarang juga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments