HomeTips & TrickLifestyleAsal-Usul Ngabuburit Ramadhan, dan 5 Ide Kegiatannya

Asal-Usul Ngabuburit Ramadhan, dan 5 Ide Kegiatannya

Menyambut bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan datang, bahasan seputar bulan penuh berkah ini rasanya tak akan habis. Kali ini, mari bahas mengenai kegiatan populer yang dilakukan banyak orang, yakni ngabuburit Ramadhan.

Tentu kamu yang menjalankan ibadah puasa familiar dengan istilah ini bukan?

Secara umum ngabuburit diartikan sebagai kegiatan untuk menunggu waktu berbuka puasa, yang dilakukan oleh masyarakat yang menjalankan ibadah puasa. Kegiatannya bisa sangat beragam, dan tergantung dengan kesukaan masing-masing orang.

Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya asal usul ngabuburit Ramadhan ini? Bagaimana awalnya istilah ini muncul, dan dari mana kata tersebut kemudian populer dan digunakan masyarakat Indonesia secara luas?

Asal-Usul Ngabuburit Ramadhan

ngabuburit ramadhan
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Jika melihat dari berbagai sumber (dalam salah satu artikel di kumpara.com), istilah ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda. Dalam Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda, ngabuburit merupakan penggabungan beberapa kata berbeda.

Frasa asli yang menjadi dasar dari ngabuburit adalah ngalantung ngadagoan burit, yang diartikan secara harfiah sebagai kegiatan bersantai sambil menunggu waktu sore. Ketika diaplikasikan pada bulan Ramadhan, kemudian diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka.

Jika menilik arti kata ngabuburit pada KBBI, maka kata ini berasal dari kata burit yang berarti ‘sore hari’. Jadi ngabuburit sendiri juga akan berarti menunggu waktu sore. Tak jauh berbeda dengan asal kata dari bahasa Sunda ya?

Istilah ini kemudian populer dan menyebar ke daerah lain di Indonesia sebelum era ‘90-an. Kini, banyak sekali masyarakat Indonesia yang menggunakan istilah ini sebagai kata yang dipakai saat melakukan kegiatan menanti berbuka puasa.

Baca Juga : Memilih Waktu Olahraga yang Baik, Baca Dulu Artikel Ini!

Opsi Kegiatan Ngabuburit Di Ramadhan 2022 Ini

ngabuburit ramadhan
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Ramadhan 2022 ini akan segera tiba dalam beberapa waktu. Jika melihat perkembangan situasi, kemungkinan kamu sudah bisa melaksanakan ngabuburit sambil berkegiatan di luar. Namun demikian, kamu juga masih bisa lho beraktivitas di rumah untuk mengisi waktu.

Beberapa opsi kegiatan ngabuburit Ramadhan di rumah bisa kamu lihat dalam poin singkat di bawah ini.

1. Membersihkan dan Merapikan Rumah

Kebersihan adalah sebagian dari iman, maka tak ada salahnya mengisi waktu dan ngabuburit dengan membersihkan dan merapikan rumah atau kamar. Selain produktif, kegiatan ini juga bisa membantu kamu mempersiapkan diri menyambut hari raya, dengan kondisi tempat tinggal yang bersih dan rapi.

Mulai dari menyapu, mengepel, menata ulang dan melakukan dekorasi pada ruangan yang ada, kegiatan ini akan terasa sangat seru untuk mengisi waktu. Nuansa rumah juga akan terasa makin nyaman, sehingga kamu betah di rumah.

2. Mabar Game Online

Kegiatan kedua yang bisa jadi pengisi waktu adalah mabar berbagai game online yang bisa dimainkan. Untuk kamu yang hobi bermain game, mungkin kegiatan ini sudah jadi agenda harian. Untuk kamu yang belum pernah mencobanya, coba sesekali melakukan kegiatan ini, dan rasakan keseruannya!

Meski seru dan menyenangkan, namun mabar yang dilakukan harus ditujukan untuk bersenang-senang atau mengisi waktu. Jangan sampai kamu terlalu terbawa dengan permainan, dan justru menjadi emosi saat harus menghadapi kekalahan.

Ingat, game idealnya bisa membawa kesenangan, dan bukan kemurungan.

3. Berburu Promo Lebaran

Bulan Ramadhan identik dengan bulan penuh berkah dan ibadah. Namun satu hal yang tak mungkin dilewatkan, adalah berbagai promo dari banyak produk dan brand yang bisa kamu maksimalkan. Siapa tahu kamu bisa mempersiapkan momen perayaan hari raya dengan menggunakan promo ini bukan?

Mulai dari pakaian, makanan, serta keperluan dan perlengkapan lain, hampir semua produk memberikan promo lebaran dengan potongan harga atau benefit yang besar.

4. Berkebun

Salah satu kegiatan ngabuburit Ramadhan yang bisa dilakukan di rumah adalah berkebun atau mengurus taman. Selain akan membantu melewatkan siang atau sore hari,  berkebun juga bisa membantu kamu merasa tenang, nyaman, dan juga meningkatkan kesehatan.

Interaksi langsung dengan elemen alam terbukti dapat membawa dampak baik pada kesehatan fisik dan mental.

5. Podcast atau Bacaan Menarik

Kegiatan produktif yang bisa dilakukan tanpa harus bepergian adalah mendengarkan podcast dan membaca buku atau artikel. Dua hal ini sekarang jadi salah satu kanal penyebaran informasi dan ilmu populer yang diakses banyak orang, karena bisa memberikan banyak pengetahuan dan perspektif baru.

Tentu podcast dan bacaan yang dimaksud yang memiliki value tertentu untuk meningkatkan kualitas diri, dan bukan sekedar hiburan atau rekreasional saja.

Baca Juga : Inspirasi 5 Outfit Jalan Jalan Anti Ribet Tapi Tetap Stylish 

Kegiatan ngabuburit Ramadhan memang rasanya tak akan pernah lepas dari nuansa bulan puasa di Indonesia. Dengan berbagai kegiatan menarik dan produktif yang bisa dilakukan, menunggu waktu berbuka juga bisa membawa manfaat yang besar untuk diri sendiri dan lingkungan.

Setelah memahami asal-usul dan beberapa kegiatan ngabuburit Ramadhan di atas, semoga sekarang kamu lebih bersemangat menantikan hadirnya bulan penuh berkah tersebut. Jangan lupa, cek selengkapnya di website Eiger Adventure Official, untuk berbagai produk yang dimilikinya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru