HomeTips & TrickNikmati Permainan Outbound di 5 Tempat Menarik Ini!

Nikmati Permainan Outbound di 5 Tempat Menarik Ini!

Permainan outbound merupakan sebuah pembelajaran yang dikemas dengan suasana bermain di outdoor. Tujuannya adalah memberikan pembelajaran pada peserta melalui sebuah permainan, di mana setiap permainan memiliki makna yang harus ditangkap oleh setiap peserta. Secara teoritis, dapat dikatakan bahwa permainan outbound adalah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik, serta mental. Ingin tahu lebih banyak seputar permainan outbound? Simak artikel ini sampai habis! 

Mengenal Jenis Permainan Outbound 

permainan outbond

Permainan outbound dibedakan dalam beberapa jenis, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Permainan kekompakan. Dalam permainan outbound jenis ini, biasanya akan dibuat beberapa kelompok. Lalu dirumuskan satu permainan atau tantangan yang bisa diselesaikan dengan kerja sama tim.
  • Permainan konsentrasi. Permainan jenis ini sebetulnya tidak harus dilakukan di ruangan terbuka, dan tidak perlu ruangan yang luas. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menyegarkan otak para peserta.
  • Permainan ketangkasan. Untuk jenis ini, biasanya akan lebih menyenangkan untuk dilakukan di luar ruangan dan di tempat yang cukup luas. Misalnya, permainan yang melatih kecepatan peserta dalam melakukan sesuatu, kekuatan, atau ketangkasan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh permainan outbound yang menarik untuk dicoba. 

1. Wajan berair atau putri salju

Permainan ini dilakukan secara berkelompok. Saat bermain, setiap kelompok akan diminta untuk membuat satu banjar dengan jumlah anggota masing-masing kelompoknya sama. Setiap orang akan diberikan alat yang sama, bisa wajan atau piring, bisa juga wadah-wadah lainnya, seperti baskom, gelas, atau lainnya. Kemudian, akan disiapkan barang yang akan dibawa. Sebetulnya, prinsip dari permainan ini adalah untuk menguji ketangkasan dan menguji ketenangan para peserta. Mereka akan diminta untuk mengoper barang yang telah ditentukan dari paling depan sampai ke belakang.

Misalnya tepung, maka orang yang ada di paling depan barisan akan diberikan tepung untuk selanjutnya diberikan secara berantai ke teman belakangnya. Sedangkan air, caranya juga sama, hanya saja nanti efeknya akan berbeda. Ketika tidak tenang dan hati-hati selama bermain, makan peserta akan banyak yang basah atau berlumur tepung. Itulah kenapa permainan ini dinamai putri salju.

2. Blind walk

Permainan outbound ini juga dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok akan diuji kekompakannya, di mana mereka akan berbaris atau membuat banjar, dengan ketua kelompok di paling belakang. Atau biasanya ada juga yang meletakkan ketua kelompoknya di garis finish. Kemudian, nantinya akan ada aba-aba dari ketua yang mengarahkan peserta lainnya. Bisa dengan menggunakan kata-kata yang umum, seperti arah kanan dan kiri. Atau bisa juga dengan istilah lain dengan arti tertentu. 

3. Pipa bocor

Setiap kelompok peserta akan diberikan pipa yang telah dilubangi, atau dengan kata lain diberikan pipa bocor yang di dalamnya disediakan bola plastik. Tantangannya adalah, membuat bola plastik itu bisa keluar dengan dorongan air. Untuk itu, setiap kelompok harus mengisi pipa dengan air hingga penuh, sehingga bisa membuat bola keluar. Setiap peserta dituntut untuk cekatan, cepat mengambil keputusan dan mengatur strategi, serta kompak untuk dapat menutup lubang-lubang yang ada. Dengan begitu, mereka bisa mengisi air hingga bolanya tampak di permukaan pipa.

4. Kerjasama membawa bola

Satu permainan yang bisa diaplikasikan untuk mengasah kerja sama, kekompakan, dan konsentrasi adalah permainan bola, yang merupakan satu dari sekian permainan outbound. Setiap peserta akan dibagi menjadi kelompok, kemudian mereka akan diberikan seutas tali yang akan dipegang satu orang di setiap sisinya. Para peserta akan diminta untuk membuat lingkaran dan menumpuk tali mereka. Sementara itu, di bagian tengah tumpukan tali, akan diletakkan bola plastik, lalu mereka harus berusaha untuk membawanya sampai garis finish yang telah ditentukan. Jika ada salah seorang yang tidak menarik talinya, maka sangat mungkin bola tersebut akan jatuh.

5. Oper karet

Bentuk permainan outbound lainnya yang bisa dicoba adalah oper karet. Karet di sini, maksudnya adalah karet gelang yang dioper menggunakan alat, yaitu sedotan yang digigit oleh peserta. Setiap kelompok akan membuat banjar dan mereka akan mengoper satu persatu karet. Kelompok yang berhasil mengoper karet paling banyak, maka kelompok itulah pemenangnya.

Baca juga: Ringkas, Begini Cara Packing Baju Agar Praktis Saat Traveling

Rekomendasi Tempat Permainan Outbound Terbaik di Bandung

permainan outbond

Bandung dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan cukup banyak tempat wisata, termasuk yang menyediakan permainan outbound. Outbound memang menjadi salah satu hal seru yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Bandung. Ada banyak tempat outbound di Bandung yang menawarkan suasana seru dan menarik untuk didatangi. Berikut ini daftarnya:

1. Orchid Forest Lembang

Orchid Forest Lembang menjadi salah satu tempat wisata yang populer dan sudah tidak asing lagi di kalangan wisatawan. Tempat yang satu ini juga menjadi pilihan tempat outbound di Bandung yang tepat. Orchid Forest Lembang beralamat di daerah Genteng, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Fasilitas outbound yang ditawarkan di antaranya adalah melewati jembatan tali, flying fox, high rope, dan masih banyak lagi.

2.  Zone 235

Zone 235 juga menjadi salah satu tujuan tepat bagi Eigerian yang ingin mencari tempat outbound di Bandung. Tempat yang satu ini masih menawarkan konsep outbound di tengah hutan. Terdapat berbagai permainan seru yang bisa dilakukan seperti menuruni tebing, paintball, flying fox, dan masih banyak lagi. Tidak hanya seru, kita juga akan dimanjakan dengan suasana alami di tengah hutan. Kita juga akan dimanjakan dengan indahnya air terjun, sungai, hingga goa Jepang. Kita dapat mendatangi Zone 235 di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

3. Treetop Adventure Park

Tempat wisata yang satu ini dapat ditemukan di Jalan Tangkuban Perahu KM 28, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Selain menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan, kita juga dapat mencoba berbagai permainan seru. Treetop Adventure Park ini memiliki 350 cabang yang tersebar di berbagai negara di dunia. Jadi tidak perlu diragukan lagi tentang serunya permainan outbound yang ditawarkan.

4. Manglayang Jungle Place

Manglayang Jungle Place terletak di Jalan Cilengkrang 1, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Kita akan dimanjakan dengan suasana khas pegunungan yang sangat sejuk saat berkunjung ke sana. Tidak hanya itu, ada berbagai permainan seru yang ditawarkan seperti flying fox, panahan, ATV, dan masih banyak lagi. Fasilitas camping ground juga bisa dimanfaatkan jika Eigerian ingin berkemah di kawasan ini.

5. Lembang Jungle Discovery

Salah satu tempat permainan outbound di Bandung yang cukup populer adalah Lembang Jungle Discovery. Lembang Jungle Discovery berlokasi di Jalan Maribaya Desa nomor 219, Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kita akan disuguhkan dengan berbagai permainan outbound yang seru dan menyenangkan. Selain itu, kita juga dapat mencoba aktivitas semi militer di tempat yang satu ini. Menariknya lagi, Lembang Jungle Discovery juga menyediakan cottage untuk menginap. Suasana hutan yang masih sangat alami akan membuat kita merasa nyaman saat berada di Lembang Jungle Discovery.

Baca juga: 8 Spot Arung Jeram yang Bisa Kamu Kunjungi, dari Barat ke Timur!

Permainan outbound dapat menjadi sarana membangun kebersamaan dan lebih mengenal satu sama lain. Eigerian bisa memilih salah satu tempat permainan outbound di Bandung seperti yang telah disebutkan di atas. Jika perlu perlengkapan pendukung permainan outbound, langsung saja cek di Eiger Adventure Website. Ada banyak pilihan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments