HomeTips & TrickLifestyle4 Manfaat Olahraga Dayung untuk Fisik dan Mental, Cermati Juga Persiapannya!

4 Manfaat Olahraga Dayung untuk Fisik dan Mental, Cermati Juga Persiapannya!

Mulai digemari beberapa waktu belakangan ini, olahraga dayung ternyata memiliki sangat banyak manfaat untuk tubuh dan bahkan mental. Mengandalkan ketahanan dan kekuatan tubuh bagian atas, jika kamu mulai berminat mencoba olahraga tersebut maka artikel ini akan jadi titik awal yang tepat.

Meski terlihat sederhana, nyatanya olahraga dayung memberikan benefit untuk tubuh dan pikiran. Ketika dilakukan secara rutin, tingkat kesehatan badan dan mental menjadi semakin baik, yang tentu saja jadi dambaan setiap orang.

Sebelum melihat tips untuk memulai olahraga ini, mari terlebih dahulu cermati manfaat olahraga ini untuk fisik dan mental kamu.

Baca Juga: Tips Agar Nafas Kuat Saat Naik Gunung: Tingkatkan Stamina!

Manfaat Olahraga Dayung untuk Kesehatan Fisik

olahraga dayung
Sumber: freepik via freepik.com

Dilihat dari segi fisik, setidaknya terdapat empat manfaat berbeda yang bisa dirasakan ketika kamu melakukan olahraga ini secara rutin. Keempatnya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kekuatan dan Daya Tahan Otot

Gerakan repetitif yang dilakukan akan secara langsung melatih beberapa otot tubuh bagian atas. Meski demikian, ada sebagian otot kaki yang juga terlatih dari gerakan ini.

Beberapa bagian otot yang dilatih secara intens adalah otot lengan, otot bahu, otot punggung, otot bagian tengah atau core muscle, dan sebagian kecil otot bagian kaki. Otot bagian kaki akan terlatih untuk menahan beban besar yang digerakkan oleh tubuh bagian atas, sehingga sifatnya menjadi jangkar.

Gerakannya berulang, memiliki beban yang cukup berat, dan membuat otot berkontraksi secara intens. Praktis, latihan olahraga dayung akan membuat otot tubuh menjadi lebih kuat dan tahan lama.

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Jangan salah sangka, selain melatih otot yang disebutkan di atas kamu juga akan melatih kesehatan kardiovaskular. Gerakan yang intens meningkatkan detak jantung dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga melatih otot jantung menjadi lebih kuat. Sirkulasi darah, di waktu bersamaan, juga menjadi lebih lancar.

Ketika otot-otot bagian jantung terlatih dengan baik dan aliran darah menjadi semakin lancar, maka muncul manfaat berupa mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, hingga diabetes.

3. Membakar Kalori dan Menurunkan Berat Badan

Beban yang ditanggung tubuh akan cenderung cukup besar, sehingga membakar kalori yang jumlahnya juga tidak sedikit. Dalam situs Ascend Cardio Equipment, dinyatakan mendayung dengan intensitas sedang membantu membakar sekitar 500 kalori per jam. Bisa dibayangkan betapa besar beban otot yang ditanggung dan kalori yang terbakar jika dilakukan secara rutin bukan?

Dengan demikian, olahraga ini juga cocok untuk membantu program penurunan berat badan yang Anda lakukan. Melihat poin pertama, berat badan yang turun akan diimbangi dengan peningkatan massa otot, tentu jika kamu juga mengkonsumsi makanan bernutrisi dan tinggi protein.

4. Meningkatkan Fleksibilitas dan Keseimbangan

Tidak hanya melatih kekuatan otot dan jantung saja, tapi kamu juga akan banyak melatih fleksibilitas dan keseimbangan. Gerakan penuh atau full range of motion akan dilakukan di banyak persendian, sehingga menjadi latihan yang efektif.

Ketika kamu mendayung secara tidak sadar kamu juga akan melatih keseimbangan badanmu untuk dapat memaksimalkan gaya dorong ke depan dari gerakan mendayung yang dilakukan. Latihan yang jarang disadari ini bermanfaat besar, sehingga kamu secara tanpa sengaja akan turut melatih keseimbanganmu dan mendukung mobilitas yang lebih baik.

Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

olahraga dayung
Sumber: freepik via freepik.com

Tidak hanya terasa pada sisi fisik yang menjadi lebih bugar saja, olahraga ini juga dapat membantu memberikan manfaat untuk kesehatan mental. Untuk penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Manfaat pertama adalah mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Manfaat ini umum dirasakan ketika kamu melakukan olahraga atau latihan fisik hingga badan berkeringat, sehingga hormon di dalam tubuh akan menjadi seimbang.

Dayung juga menjadi aktivitas yang menenangkan dan mediatif untuk beberapa orang. Ketenangan yang dirasakan akan berasal dari pelepasan endorfin, yang dikenal juga sebagai hormon yang meningkatkan suasana hati seseorang.

Dengan manfaat ini, kamu bisa mengurangi stres berlebih, kecemasan yang melanda, dan gejala depresi.

2. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Meski gerakannya terlihat sederhana, tapi yang tidak terlalu disadari adalah bahwa gerakan tersebut memerlukan fokus dan konsentrasi tinggi. Koordinasi setiap bagian tubuh dalam menghasilkan daya dorong ke depan menjadi kunci agar gerakan yang dilakukan efektif.

Pada saat melakukan olahraga ini, kamu dituntut memiliki fokus dan konsentrasi tinggi. Kamu tidak mungkin akan mudah teralih karena setiap anggota tubuh memiliki peran dan fungsi masing-masing untuk menghasilkan gerakan yang efektif tadi.

Manfaat secara nyata bisa kamu rasakan ketika kamu beraktivitas setiap hari. Fokus akan meningkat, dan konsentrasi akan semakin tinggi. Kamu lebih mudah menyelesaikan pekerjaan tanpa mudah terkena distraksi dari hal lain.

Baca Juga: Panduan Traveling ke Luar Negeri: Persiapan, Tips, dan Trik Hemat

3. Meningkatkan Percaya Diri dan Harga Diri

Untuk setiap sesi yang diselesaikan, kamu akan dapat memperoleh kepercayaan diri lebih besar. Hal ini berasal dari penyelesaian setiap personal record yang dimiliki, sehingga kamu akan mencapai tujuan baru di setiap sesinya.

Selain itu kamu juga akan memiliki kemampuan baru dalam olahraga dayung ini. Bersamaan dengan manfaat ini, rasa percaya diri dan harga diri akan semakin meningkat secara keseluruhan. Bukan hal yang bisa dicapai dalam waktu singkat, tapi efeknya akan bertahan dalam jangka waktu lama asal kamu rutin berolahraga ini.

4. Meningkatkan Koneksi Sosial

Ketika kamu mencoba olahraga yang satu ini, kamu bisa dengan mudah bertemu dengan banyak orang lain dengan minat yang sama. Hal ini memungkinkan kamu terhindar dari rasa kesepian, dan bahkan bisa membangun koneksi sosial yang lebih baik.

Aktivitas bersama orang-orang dengan minat serupa membantu pengembangan kemampuan sosial lebih baik dari waktu ke waktu. Hubungan sosial yang terbangun ini memperkuat kondisi mental, sehingga kamu bisa berbagi dengan orang lain yang juga kamu temui di sana.

Terakhir, 4 Tips Memulai Olahraga Dayung untuk Pemula

olahraga dayung
Sumber: lsantilli via freepik.com

Untuk memulai olahraga ini, ada empat tips sederhana yang bisa kamu gunakan.

  • Pertama, temukan klub atau instruktur dayung yang ada di areamu. Bimbingan profesional diperlukan karena pada dasarnya olahraga dayung merupakan olahraga yang memiliki risiko besar. Pelajari teknik yang benar, dan selalu cermati apa yang disampaikan oleh instruktur
  • Kedua, pilih peralatan yang tepat. Dukungan peralatan yang tepat, seperti perahu, helm, pengaman lutut dan siku, sarung tangan,serta dayung yang berkualitas akan membantu kelancaran aktivitas dan menjaga keamananmu
  • Ketiga, mulai dengan latihan ringan. Jangan langsung mencoba latihan yang terlalu berat. Coba dari latihan ringan, dan tingkatkan secara perlahan seiring berjalannya waktu dan meningkatnya kemampuanmu
  • Keempat, selalu jaga keamanan. Selalu gunakan perlengkapan keselamatan yang berfungsi dengan baik. Mulai dari jaket pelampung, helm, pelindung siku dan lutut, hingga sarung tangan. Perhatikan kondisi cuaca, dan pastikan kamu tahu benar apa yang harus dilakukan dalam kondisi darurat

Baca Juga: Cara Melakukan Kayaking untuk Pemula, Perhatikan Tipsnya! 

Mempersiapkan diri dengan baik untuk olahraga dayung menjadi hal penting, agar kamu bisa menikmati olahraga ini, mendapatkan benefitnya, dan terhindar dari risiko cedera dan keselamatan yang ada. Ini kenapa, memperhatikan apa yang disampaikan instruktur adalah poin utama dari memulai kegiatan seru ini.

Itu tadi sekilas penjelasan tentang olahraga dayung yang bisa disampaikan dalam artikel singkat ini. Semoga kamu bisa mendapatkan poin penting yang ada di sini, dan dukung kegiatan barumu ini dengan perlengkapan berkualita solid dari EIGER Adventure. Kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru