HomeTips & TrickGreen & HealthyOlahraga saat Puasa dan 13 Manfaatnya

Olahraga saat Puasa dan 13 Manfaatnya

Mendekati bulan Ramadan yang sebentar lagi akan datang, berbagai persiapan tentu sudah dilakukan. Salah satu yang banyak dicari, adalah opsi olahraga saat puasa tiba. Memang, secara signifikan aktivitas fisik akan menurun, tapi ini tak berarti kamu sama sekali tak berolahraga bukan?

Olahraga di saat bulan Ramadan sendiri sebenarnya sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjaga tubuh tetap bertenaga. Selain itu, olahraga secara langsung juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki mood, sehingga ibadah puasa bisa dijalankan lebih maksimal.

Nah, untuk mengetahui serba-serbi jenis olahraga saat puasa, manfaat, serta tips dalam berolahraga, mari simak poin-poin di bawah ini.

5 Opsi Olahraga yang Bisa Dipilih

olahraga saat puasa
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Secara umum olahraga yang dilakukan saat puasa sebenarnya tak jauh berbeda dengan hari biasa. Namun secara intensitas, pada saat puasa tentu olahraga dilakukan dengan skala yang lebih santai. Dari intensitas ringan hingga sedang, karena mempertimbangkan kondisi tubuh yang sedang berpuasa.

1. Jalan Cepat

Olahraga mudah yang satu ini bisa dilakukan sambil kamu mencari takjil untuk berbuka. Cocok saat menjelang buka puasa, jalan cepat setidaknya 20 sampai 30 menit akan membantu kamu meningkatkan tenaga sebelum berbuka.

2. Jogging

Kedua adalah jogging. Olahraga yang dikenal murah dan mudah ini juga bisa jadi opsi menarik olahraga saat puasa, karena tidak memakan terlalu banyak tenaga. Ingat, lakukan jogging sesuai kapasitas kekuatan saja, dan jangan paksakan tubuh menempuh jarak terlalu jauh.

Gunakan kecepatan rendah hingga sedang, dan ambil jarak seperlunya. Lakukan di sore hari sambil menantikan waktu berbuka.

3. Yoga

Selain fisik, pikiran juga perlu dijaga agar tetap stabil sehingga ibadah puasa yang dilakukan bisa optimal. Yoga, dalam hal ini, bisa membantu kamu menyeimbangkan pikiran sehingga meras lebih nyaman dan tenang. Termasuk olahraga ringan yang resikonya sangat kecil, kamu bisa melakukan yoga setelah sahur atau sebelum berbuka puasa.

Baca Juga : Mengenal Konsep Mindfulness Di Era Kekinian

4. Bersepeda

Untuk memberikan tambahan tenaga dan semangat di pagi hari, kamu bisa bersepeda kurang lebih 30 menit. Dengan tempo santai dan tidak terlalu cepat, bersepeda bisa membantu menyegarkan pikiran, menambah tenaga dan semangat, serta meningkatkan suasana hati.

5. Zumba

Menyenangkan, seru, dan dijamin berkeringat, zumba adalah salah satu opsi olahraga saat puasa yang banyak dipilih masyarakat. Selain membantu menjaga agar tetap bersemangat, keringat yang dikeluarkan akan membantu tubuh tetap sehat dan bugar.

Sebenarnya opsi olahraga saat puasa bisa lebih luas lagi. Selama kamu bisa melakukannya dengan tidak berlebihan, maka olahraga tersebut sah saja dijalankan. Selalu pertimbangkan kondisi tubuh kamu ya, agar tidak membuatnya terlalu lelah dan mengganggu ibadah puasa yang dijalankan.

Apa Manfaat Olahraga Saat Puasa?

olahraga saat puasa
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Secara langsung, olahraga dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selama dilakukan dalam porsi yang tidak berlebihan, maka manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan cukup mudah.

Untuk lebih detailnya mengenai manfaat olahraga saat puasa, kamu bisa cermati dalam daftar singkat ini.

  • Menjaga kebugaran tubuh
  • Mempertahankan massa otot
  • Memicu produksi hormon endorfin
  • Membakar kalori berlebih pada tubuh
  • Menjaga berat badan ideal
  • Membantu menurunkan berat badan dengan cara yang benar
  • Meningkatkan kinerja hormon insulin yang bertugas mengubah glukosa jadi energi
  • Meningkatkan kepadatan tulang
  • Detoksifikasi pada organ tubuh
  • Memperlancar sirkulasi darah
  • Melancarkan metabolisme tubuh
  • Memaksimalkan fungsi kognitif
  • Memperbaiki suasana hati

Tentu saja, manfaat-manfaat ini bisa didapatkan dengan catatan olahraga yang kamu pilih dijalankan dengan serius dan terukur. Jika tidak pada porsi yang tepat, justru kamu bisa merasa kelelahan dan beresiko mengganggu ibadah puasa.

Jaga agar tetap dalam intensitas ringan hingga sedang, sekedar untuk mendapatkan manfaat di atas saja.

Agar Lebih Lancar, Ini Tips Olahraga saat Puasa untuk Kamu

olahraga saat puasa
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)
  • Pertama, cermati waktu olahraga yang dilakukan. Olahraga saat puasa paling ideal dilakukan saat setelah berbuka, sebelum berbuka, atau di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari.
  • Kedua, jaga intensitas olahraga tetap dalam taraf ringan hingga sedang, dan jangan memaksakan diri. Ingat, olahraga saat berpuasa ini sifatnya hanya sebagai rutinitas sehat saja, dan bukan berfokus pada sarana latihan meningkatkan kapasitas fisik.
  • Ketiga, cermati asupan nutrisi dari makanan dan minuman saat sahur dan berbuka. Hal ini penting karena nutrisi ini yang akan jadi ‘bahan bakar’ tubuh beraktivitas dan berolahraga. Tanpa asupan yang baik, tubuh akan terasa lemas dan justru tidak mendapat manfaat maksimal dari olahraga.
  • Keempat, jaga asupan cairan tubuh pada angka ideal, 1,5 liter sampai 2 liter setiap hari. Minum air saat sahur dan berbuka, serta setelah berbuka puasa dalam porsi yang tepat bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.
  • Kelima, waktu istirahat yang berkualitas. Memang setiap orang akan membutuhkan jumlah jam tidur yang berbeda, namun pastikan waktu istirahat di malam hari benar-benar berkualitas sehingga bisa mengistirahatkan tubuh dan mengisi kembali tenaga untuk aktivitas dan puasa di hari selanjutnya.

Baca Juga : Mengulik Apa Itu HIIT Cardio, Manfaat, dan Tips Suksesnya

Tentu, dalam melakukan olahraga saat puasa ini kamu bisa mengandalkan geari dari Eiger Adventure Official. Berkualitas dan memiliki banyak opsi, dijamin kamu bisa mendapatkan produk yang kamu perlukan. Simak juga berbagai artikel menarik lain di blog Eiger Adventure setiap waktu!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments