HomeTips & TrickTraveling7 Opsi Oleh-Oleh Khas Jogja, Unik dan Otentik!

7 Opsi Oleh-Oleh Khas Jogja, Unik dan Otentik!

Jogja memang selalu jadi jadi kota yang istimewa. Kenangan yang ada di setiap sudutnya memiliki makna tersendiri bagi setiap orang, baik pelancong atau orang yang pernah tinggal di sana. Tentu saja, saat berkunjung ke sini, kamu tak boleh lupa membawa pulang oleh-oleh khas Jogja ini.

Mungkin hal paling berkesan dari Jogja yang paling sering muncul dalam ingatan adalah gudeg, kopi jos, atau batik. Padahal, Kota Pelajar ini memiliki banyak sekali oleh-oleh yang bisa dibawa. Lebih variatif dari ketiga hal tersebut, meski memang tak dapat dipungkiri makanan, minuman, dan kain tersebut tak mungkin lepas dari daftar wajib kamu.

Nah, untuk melihat beberapa oleh-oleh khas Jogja yang lain, kamu bisa simak di artikel singkat berikut ini.

Baca Juga : Mencicipi Kuliner Bandung, Khas dan Otentik!

1. Pertama, Ada Bakpia

Yang dimaksud di sini adalah bakpia klasik dan bukan bakpia kukus. Bakpia pathok atau bakpia patuk, sama-sama jadi oleh-oleh khas yang bisa kamu bawa pulang setelah berkunjung ke Jogja. Tentu saja, opsi rasanya semakin beragam, sehingga bisa mengakomodir selera banyak lidah!

Bakpia juga kini sudah menjadi salah satu produk andalan yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki masa kadaluarsa yang panjang. Jadi, kamu tak perlu khawatir bakpia sudah tak bisa dimakan saat kamu sampai di rumah. Cermati arahan penjual atau sales di counter toko terkait penyimpanan, dan kamu akan memiliki bakpia yang tahan lama.

2. Cokelat Khas Jogja dengan Rasa Unik

oleh-oleh khas jogja
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Mungkin cokelat ini juga sering kamu dengar atau baca di artikel terkait Jogja. Cokelat ini memiliki merk dagang Monggo, yang dalam bahasa Jawa berarti ‘silahkan’. dengan rasa yang unik, dijamin siapapun yang kamu berikan oleh-oleh ini akan merasa senang dan tertarik mencoba rasa lainnya.

Beberapa rasa yang paling sering diburu adalah rasa durian, mangga, jeruk, dan tentu saja cokelat rasa cabai. Unik bukan rasa yang ditawarkan? Salah satu nilai jual utamanya adalah bahwa produk cokelat ini tak dijual di luar area Jogja. Jadi, kamu wajib datang ke Jogja untuk mendapatkan cokelat ini.

3. Wedang Uwuh Kering

Mungkin tak banyak yang sadar bahwa wedang uwuh sebenarnya berarti minuman sampah secara harfiah. Eits, tapi jangan buru-buru merasa risih, sebab sambah yang dimaksud adalah daun-daunan serta rempah yang diseduh dengan air panas sehingga dapat menghangatkan tubuh.

Wedang uwuh sendiri tak hanya bisa dinikmati di kedai yang ada di Jogja saja, tapi juga bisa jadi oleh-oleh khas Jogja yang menarik. Sekarang kamu bisa mendapatkan wedang uwuh dalam kemasan plastik, yang siap diseduh dengan menggunakan air panas.

Jadi dimanapun kamu tinggal, kamu bisa merasakan kehangatan Jogja dengan menikmati minuman ini.

4. Gudeg Kalengan, Inovasi Agar Bisa Bertahan Lama

oleh-oleh khas jogja
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Yap, inovasi terbaru yang belakangan jadi terobosan adalah gudeg kalengan. Jadi ini sebenarnya adalah gudeg biasa yang bisa kamu temukan di Jogja, namun dikemas dalam kaleng sehingga memiliki daya tahan lebih lama.

Kamu bisa mendapatkan produk seperti ini hampir di setiap pusat oleh-oleh yang ada di Jogja. Sederhana saja, tujuannya agar gudeg bisa dinikmati tanpa harus buru-buru berkejaran dengan waktu kadaluarsanya.

5. Jadah Tempe, Endemik Di Kaliurang

Salah satu daerah di Jogja bernama Kaliurang memiliki makanan khas yang disebut dengan jadah tempe. Jadah sendiri merupakan olahan ketan putih, dan tempe yang digunakan adalah tempe dengan bumbu bacem. Keduanya dimakan bersama dengan cabai utuh.

Rasanya tentu sangat nikmati, gurih, manis, pedas, dan tekstur yang sangat bersahabat di mulut. Meski demikian, jadah tempe tidak bisa bertahan terlalu lama jika dibawah bepergian. Jadi jika ingin menjadikannya oleh-oleh, pastikan perjalananmu tidak terlalu lama ya!

6. Gerabah Kasongan

oleh-oleh khas jogja
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, seperti misalnya mobil, kamu bisa menjadikan gerabah kasongan sebagai opsi oleh-oleh khas Jogja selanjutnya. Kerajinan gerabah dari Kasongan ini memiliki ciri khas yang tak dimiliki gerabah produksi daerah lainnya.

Mulai dari warna, corak dan aksen, hingga ke bentuk gerabah, semua memiliki karakternya masing-masing. Maka kamu juga bisa menjadikan gerabah ini salah satu opsi oleh-oleh untuk diberikan pada orang terdekat atau dijadikan hiasan di rumah.

7. Surjan, Pakaian Lurik Oleh-Oleh Khas Jogja

Beralih ke bentuk barang, kamu bisa membawa pulang surjan sebagai oleh-oleh untuk orang terdekat. Surjan sendiri adalah pakaian pria khas Jogja yang banyak digunakan masyarakat atau penghuni keraton. Motifnya lurik atau garis-garis, yang terlihat sangat merakyat.

Kamu bisa menemukan pakaian ini sebagai oleh-oleh hampir di setiap pusat perbelanjaan atau pusat oleh-oleh. Harganya tidak terlalu mahal, dan bisa jadi pakaian menarik yang dipadukan dengan banyak pakaian lain saat kamu mendatangi acara santai.

Baca Juga : Berkunjung ke Museum Indonesia: Tak Hanya Bikin Pintar, Tapi Juga Menyenangkan

Itu tadi sederet oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu jadikan opsi. Tentu, jika ditelusuri lebih jauh, akan banyak sekali oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan, dan tidak termasuk dalam artikel ini.

Untuk berwisata dan mendapatkan oleh-oleh khas Jogja, tentunya kamu juga memerlukan peralatan berkualitas, seperti tas, jaket, sepatu, dan lain sebagainya, guna mendukung aktivitas traveling. Eiger Adventure, selalu memberikan opsi terbaik untuk kamu, dengan produk berkualitas dan handal. Lihat ke laman produknya sekarang, dan dapatkan produk serta penawaran terbaik dari Eiger Adventure!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments