HomeTips & TrickLifestyleFleksibel untuk Berbagai Agenda, Outfit Batik Pria Jadi Opsi Utama

Fleksibel untuk Berbagai Agenda, Outfit Batik Pria Jadi Opsi Utama

Hasil dari budaya Indonesia memang tak akan habis untuk dibahas. Batik, menjadi salah satu hasil kebudayaan yang banyak digunakan dahulu, dan beberapa tahun belakangan mulai populer diadaptasi ke dunia fashion modern. Kamu bisa menemukan sederet informasi menarik di artikel ini terkait batik di dunia fashion modern, dan outfit batik pria keren yang bisa digunakan.

Kemunculan batik ke dalam dunia fashion modern tentu tidak lepas dari peran banyak pegiat fashion yang mengangkat hasil budaya ini. Dengan semua kreativitas yang dimiliki, batik perlahan bisa meninggalkan stigma kuno, dan justru kini marak digunakan untuk berbagai acara untuk tampil berwibawa, keren, dan segar.

Baca Juga : Inilah 5 Jenis Topi Pria yang Paling Hits Saat Ini

Sejarah Penggunaan Batik

outfit batik pria
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Sebenarnya jika melihat sejarah umum penggunaan batik di berbagai daerah di nusantara sendiri, masyarakat menjadikan batik sebagai pakaian sehari-hari. Beberapa motif batik memiliki makna tertentu, sehingga penggunaannya bersifat khusus dan spesifik.

Batik erat dengan kesan wibawa, keberanian, kemegahan, atau makna lain yang besar dan tampak nyata. Batik juga bisa menjadi sebuah statement jelas mengenai seorang yang mengenakannya, sehingga kesan kuno melekat ketika penggunaan batik dilakukan dengan mempertimbangkan semua faktor historis tersebut.

Namun ternyata keindahan batik sendiri kini diminati masyarakat luas, dan kemudian diadaptasi dalam berbagai bentuk produk fashion. Jelas, ini menjadi satu hal yang baik, sebab kemunculan batik sebagai akses industri fashion memperkuat identitas dan keunikan masyarakat Indonesia, di dalam dan luar negeri.

Adaptasi Batik ke Dunia Fashion Modern

outfit batik pria
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dahulu batik dikenal sebagai salah satu bagian dari pakaian setiap hari, atau digunakan pada acara-acara tertentu. Penggunaannya juga terbatas, mulai dari kain yang dijadikan penutup bagian bawah, atau kemeja untuk digunakan di acara formal.

Namun berkat kreativitas yang dimiliki dan terus dikembangkan kini batik menjadi salah satu fashion item yang digemari dan luas aplikasinya. Setiap fashion item bisa dengan mudah dikombinasikan dengan kain atau motif batik, sehingga memberikan aksen unik yang terlihat segar tapi otentik.

Kemeja dan Jas

Kombinasi batik, salah satu yang paling sering terlihat, adalah pada kemeja dan jas. Banyak desainer yang berlomba membuat desain terbaiknya menggunakan berbagai motif batik, untuk dikombinasikan dengan bahan lain dan menjadikannya kemeja atau jas.

Hasilnya? Karya-karya berkualitas dan bernilai tinggi, baik dari segi estetika atau dari segi ekonomis. Penambahan batik dinilai dapat meningkatkan wibawa seseorang, sehingga tampil percaya diri dan memperkuat aura positif yang dimilikinya.

Jaket dan Outer

Kombinasi dan kreasi lain dibuat dalam bentuk jaket dan outer. Hasilnya sungguh impresif, dengan produk jaket dan outer yang memiliki keunikan tersendiri dan membuat banyak orang terpukau. Tak heran jika hingga saat ini jaket atau outer bermotif batik juga laris di pasar.

Variasi batik yang digunakan juga semakin beragam, dengan memasukkan berbagai elemen warna yang cerah. Jadi, kesan yang diberikan pada outfit beraksen batik tidak terbatas pada warna klasiknya saja, hitam, cokelat, atau broken white.

Aksesoris

Batik juga masuk ke bagian aksesoris sebagai tambahan dan pemanis. Beberapa item  seperti topi misalnya, atau selendang, dan beberapa aksesoris lainnya ternyata cukup cocok ketika dikombinasikan dengan motif batik nusantara.

Jelas, penggunaannya juga semakin fleksibel dan tampak pantas dalam berbagai acara. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya motif batik menjadi salah satu motif yang dinamis, dan tidak terbatas pada penggunaan acara formal saja.

Lalu Adakah Rekomendasi Outfit Batik Pria yang Keren?

outfit batik pria

Eiger Adventure, sebagai salah satu produsen apparel di Indonesia, selalu memahami apa yang diinginkan pengguna setianya. Kamu tentu penasaran apakah ada produk EIGER yang mengangkat corak batik sebagai aksen utamanya?

Tentu saja ada!

Dua diantara sekian banyak produk berkualitas dari Eiger adalah X-Honalo Shirt dan X-Tribes SS Shirt. Keduanya menjadi andalan Eiger Adventure untuk outfit batik pria yang bisa digunakan oleh kamu semua.

X-Honalo Shirt sendiri merupakan salah satu pakaian dengan bahan tencel yang bisa kamu jadikan opsi. Dengan harga Rp 339.000, kamu sudah bisa membawa pulang kemeja keren yang satu ini. Nyaman digunakan dan sejuk meski udara sedang terik, kemeja ini hadir dalam dua warna utama yakni navy dan white.

Untuk X-Tribes SS Shirt sendiri hadir dalam dua warna utama, yakni white dan black yang bisa disesuaikan dengan acara yang kamu hadiri. Karena warnanya netral, kombinasinya bisa sangat luas dengan berbagai outfit pria lain yang kamu miliki. Harganya ada di angka Rp 339.000,  dan menggunakan bahan 100% tencel.

Baca Juga : Pahami Panduan Outfit ke Pantai Supaya Tak Salah Kostum 

Jika melihat rekomendasi produk outfit batik pria di atas, sangat menarik bukan dari sisi model dan harganya? Kamu bisa dengan mudah mengunjungi laman produk Eiger Adventure official untuk mendapatkan kedua produk di atas, lengkap dengan berbagai produk outfit batik pria yang lain. Semoga mendapatkan apa yang kamu cari, dan selamat berbelanja!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments